Categories: Hardware

Info Perbedaan Motherboard AMD Chipset X570, B550 dan B520

Ingin Merakit PC dengan Processor AMD Ryzen? Info Perbedaan Motherboard AMD Chipset X570, B550 dan B520

Motherboard merupakan salah satu komponen penting dari komputer PC karena disanalah tempat bernaungnya processor sebagai otak komputer dan penghubung processor dan komponen lain seperti storage dan vga card., nah ada salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika membeli motherboard nih yakni bagian komponen chipset, karena pada bagian inilah vendor motherboard membedakan kelas motherboardnya menyesuaikan kebutuhan dan budget dari calon pembeli

Terlihat kotak berwarna oranye adalah tampilan fisik chipset AMD B520 saat heatsink dibuka.

Chipset merupakan chip berukuran besar yang biasanya letaknya ada di bagian pojok kanan bawah dan umumnya tertutup oleh heatsink, chipset ini disediakan oleh vendor processor (dalam hal ini AMD) dan berperan menghadirkan controller tambahan yang tidak disediakan oleh processor seperti untuk kebutuhan port SATA, USB, Audio dan opsi jalur PCIe tambahan yang bisa digunakan untuk slot SSD M.2  atau dual gigabit Ethernet.

Perbedaan Chipset Motherboard AMD Chipset X570, B550 dan B520

AMD berbarengan dengan perilisan processor AMD Ryzen 3000 series juga menghadirkan jajaran chipset berbasis AMD 500 series yakni seri X570 untuk pasar high-end dan antusias, B550 untuk pasar menengah dan B520 untuk pasar low-end.  AMD menghadirkan beberapa fitur terbaru yakni kehadiran dukungan jalur PCIe 4.0 yang telah didukung vga card Radeon RX 5000 series (yang dirilis berbarengan) dan Wi-FI 6 serta penambahan jumlah konektivitas port SATA dan USB dibandingkan seri sebelumnya sedangkan dari pihak vendor terdapat peningkatan sisi VRM untuk memastikan supply daya siap untuk processor AMD Ryzen 3000 mengingat AMD menghadirkan penambahan Core pada masing-masing seri (misal Ryzen 3 3xxx sekarang sudah 4 Core 8 Thread).

*VRM =

Related Post


Berikut perbedaan serta penjelasan masing-masing chipset:

A. AMD X570 (High-end dan Antusias): AMD memperkenalkan processor 16 Core 32 Thread pertama yakni AMD Ryzen 9 untuk PC Desktop mainstream hadirkan jumlah Core/Thread lebih banyak dibandingkan sebelumnya, motherboard berbasis X570 didesain untuk bisa menggunakan Ryzen 9 dengan baik hal ini bisa dilihat dari kesiapan VRM yang ada pada masing-masing motherboard yang lebih baik dibandingkan seri X470 sebelumnya, dukungan PCIe 4.0 juga dihadirkan untuk SSD M.2 NVMe serta mendukung Dual Graphics (CrossfireX dan NVLink), penggunaan USB 3.1 Gen 2 juga turut disertakan hadirkan kecepatan hingga 10 Gbps meningkat dari sebelumnya 5Gbps.

B. AMD B550 (Midend): Pada seri sebelumnya yakni chipset AMD B450 masih terdapat ketimpangan kualitas komponen karena vendor motherboard menyesuaikan dengan harga sehingga rata-rata pengguna hanya memilih menggunakan Ryzen 3 dan Ryzen 5 baik Ryzen CPU maupun APU, namun pada B550 terdapat peningkatan kualitas motherboard terutama dibagian VRM yang membuatnya naik kelas hingga siap dipasangkan Ryzen 7 3000 series tidak hanya itu fitur pada X570 seperti konektivitas PCIe 4.0 (vga card dan SSD), USB 3.1 Gen 2 dan dukungan multi-GPU juga turut disertakan.

C. AMD A520 (Low-end): Pada chipset B520 tidak luput dari kenaikan kelas, sama seri lain hal ini akibat kenaikan jumlah Core/Thread dari processor AMD Ryzen 3 ke 4 Core 8 Thread dan AMD Athlon ke 4 Core 4 Thread jadi jika pada chipset sebelumnya A320 vendor hanya menggunakan VRM seadanya, namun untuk B520 menggunakan VRM lebih baik (setara dengan B450). Mengingat target pasar untuk motherboard murah maka fitur seperti Multi-GPU dan PCIe 4.0 ditiadakan sehingga hanya menggunakan PCIe 3.0 baik untuk vga card maupun SSD NVMe namun tetap mendapat dukungan USB 3.1 Gen 2.

Kesimpulanya sama seperti sebelumnya masing-masing chipset dihadirkan untuk mengisi segmen motherboard dan pada artikel ini selain menjelaskan fungsi dan perbedaanya saya juga menjelaskan tentang processor apa yang cocok untuk masing-masing chipset.

Oke, Selesai sudah pembahasan kita kali ini semoga bermanfaat. Apabila ada yang ingin copas artikel harap sertakan sumber, terima kasih.

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...