Categories: Hardware

Info Processor AMD Athlon Mobile APU Bawa Performa “Zen” Di Laptop Murah

Info Processor AMD Athlon Mobile APU Bawa Performa “Zen” Di Laptop Murah

Laptop merupakan salah satu benda yang hadir menemani aktivitas manusia dimana-mana saat ini, hal ini tidak lantas laptop yang memiliki fungsi yang sama dengan komputer pribadi (PC Desktop) dengan portabilitas layaknya perangkat gadget menjadikan nyaman dibawa kemana-mana. AMD sebagai salah satu perusahaan semikonduktor ternama menjawab kebutuhan masyarakat dengan menghadirkan processor APU (Accelerated Processing Unit). Terdapat dua jenis APU untuk laptop yakni AMD Ryzen Mobile APU dan AMD Athlon Mobile APU, setelah sebelumnya membahas tentang AMD Ryzen Mobile APU (Yang anda bisa baca DISINI),  sekarang giliran AMD Athlon Mobile APU yang akan dibahas, processor ini diperuntukan untuk laptop berharga terjangkau (rentang harga di bawah 6 jutaan Rupiah).

AMD Athlon Mobile APU terdiri dari dua komponen inti yakni teknologi CPU berbasis “Zen” yang sama digunakan pada processor andalan AMD yakni Ryzen untuk kebutuhan aplikasi sehari-hari, serta teknologi GPU “Vega” yang handal untuk gaming dan multimedia terkini dipadukan menjadi satu kesatuan berbentuk APU. Pastinya Athlon disini tidak sekencang Ryzen saat tulisan ini ditulis AMD hadirkan kombinasi CPU 2 Core 4 Thread dengan GPU 3 Compute Unit untuk Athlon menjadikannya hanya cukup untuk bermain game HD 720p dan kegiatan multitasking standar dan untuk pekerjaan editing multimedia pun hanya sekedar basic.

Related Post

AMD Athlon™ Gold 3150U

AMD Athlon™ Silver 3050U
Core/Thead 2 Core/4 Thread 2 Core/2 Thread
Base Clock 2.4 Ghz 2.3 GHz
Boost Clock 3.3 Ghz 3.2 Ghz
Graphics Radeon Vega 3 Radeon Vega 3
Compute Unit 3 CU 3 CU
TDP 15W 15W

Terdapat dua versi yakni Athlon Gold yang AMD peruntukan sebagai kompetitor dari Pentium dan Athlon Silver yang diperuntukan sebagai kompetitor Celeron, tidak hanya merilis versi Athlon untuk laptop murah saja AMD juga merilis versi hemat daya yang disesuaikan untuk laptop khusus edukasi yang mengedepankan performa yang handal untuk aplikasi edu, hemat daya dan pastinya bekerjasama dengan vendor untuk hadirkan laptop edukasi yang handal.

AMD Athlon™ Silver 3050e AMD 3020e AMD 3015e
Core/Thead 2/4 2/2 2/4
Base Clock 1.2 1.2
Boost Clock 2.8 Ghz 2.6 Ghz 2.3 Ghz
Graphics Radeon
Vega 3
Radeon
Vega 3
Radeon
Vega 3
Compute Unit 3 CU 3 CU 3 CU
TDP 6W 6W 6W

AMD hadirkan spesifikasi yang tidak jauh berbeda untuk seri khusus laptop edukasi ini, perbedaan hanya pada sisi TDP lebih rendah berdampak kepada clockspeed yang dihasilkan jauh lebih rendah. Walaupun begitu AMD mengklaim performa yang dihadirkan terutama di sektor grafis masih lebih unggul dibandingkan kompetitor di kelasnya (Intel Celeron-red).

Semoga bermanfaat artikel yang saya buat terutama bagi anda yang mencari info tentang processor apa sih AMD Athlon itu, bagi yang ingin mengutip artikel saya harap sertakan sumber.

Terima kasih, Salam.

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...