Categories: Hardware

Info Processor Laptop AMD Ryzen APU Gaming dan Desain Tahun 2020

Info Processor Laptop AMD Ryzen APU Gaming dan Desain Tahun 2020

Processor merupakan “otak” utama dari perangkat komputer jenis personal computer (PC) termasuk juga laptop yang menangani berbagai macam pekerjaan yang dilakukan oleh pengguna, saat ini produsen processor yang masih aktif memproduksi rutin ada dua yakni AMD dan Intel.

Masyarakat awam pada umumnya sudah tidak asing dengan processor Intel dibandingkan AMD agar masyarakat lebih mengenal masing-masing lini processor, admin telah membuat dua artikel yang membahas rinci processor Intel dan processor AMD yang anda baca saat ini. Fokus yang admin bahas adalah lini processor laptop tahun 2020 mengingat peminat laptop terbaru selalu tinggi apalagi seperti kita ketahui saat ini penggunaan laptop untuk sektor pendidikan juga wajib adanya.

Processor AMD Ryzen APU = Gabungkan Processor Multi-Core dan Grafis Handal Dalam Satu Paket Processor. 

AMD menghadirkan processor AMD Ryzen Mobile untuk segmentasi laptop, agak sedikit berbeda dengan processor AMD Ryzen versi dekstop yang mengutamakan performa antar Core sekencang-kencangnya untuk laptop AMD menghadirkan pendekatan dengan APU (Accelerated Processing Unit) yang mencoba menyeimbangkan performa multi-core yang tangguh untuk aktivitas sehari-hari, teknologi grafis yang tetap handal untuk gaming popular dan menghadirkan konsumsi daya rendah untuk daya tahan baterai lebih lama dalam satu paket processor AMD Ryzen Mobile.

Terdapat tiga komponen inti dalam satu paket processor:

  1. CPU Multi-Core arsitektur “Zen”: Diperkenalkan tahun 2017  lalu arsitektur CPU “Zen” dari AMD hadirkan performa/watt antar Core yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya, tersedia dalam konfigurasi hingga 8 Core untuk Ryzen Mobile.
  2. Radeon Graphics Accelerator Unit (GPU): Grafis yang dihadirkan Ryzen Mobile saat ini menggunakan grafis yang sama dengan desktop yakni Radeon Vega, walaupun performa yang dihadirkan tak sekencang versi laptop karena untuk menjaga daya tahan baterai tetap baik, namun AMD janjikan tetap bisa memainkan game online populer.
  3. Radeon Multimedia Accelerator: Setiap processor AMD Ryzen Mobile terdapat komponen integrasi yang digunakan untuk memperlancar sekaligus hadirkan daya tahan baterai lama untuk kegiatan multimedia seperti video playback, streaming video, game streaming dsb.

Setelah admin jelaskan sedikit tentang processor AMD Ryzen Mobile, kita lanjutkan ke penjelasan selanjutnya tentang lini processor AMD.

Lini Processor AMD Ryzen Mobile dan Perbandingan dengan Kompetitor

Klik untuk perbesar

Umumnya masyarakat mengenal processor Intel saja sebut  saja Intel Core i7 dah pasti paling bagus tapi bingung dengan AMD, berbeda dengan APU generasi sebelumnya yang pakai seri membingungkan (AMD A8, AMD A9, AMD A10 dst), Processor AMD Ryzen APU mendapatkan nama yang nyaris mirip misal untuk processor Core i3 adalah kompetitor dari processor AMD Ryzen R3 dan hanya membedakan seri low-end yang menggunakan nama Athlon namun dengan menggunakan desain yang sama (CPU berbasis “Zen” dan Grafis Radeon terkini).

Setelah menjelaskan lini processor AMD Ryzen Mobile APU sekarang kita beralih ke penjelasan tentang generasi dan seri-seri processor AMD terbaru untuk laptop.

1. Processor AMD Ryzen Mobile 3rd Gen 4000 Series, Performa Meningkat Drastis, Daya Tahan Baterai Lebih Awet.

Pada awal tahun 2020 AMD secara resmi meluncurkan AMD Ryzen Mobile APU generasi ketiga seri 4000 yang menghadirkan sensasi yang fresh dibandingkan sebelumnya, hal ini berkat upgrade yang signifikan diantaranya:

  • Processor 8 Core pertama untuk laptop kelas mainstream.
  • CPU “Zen 2” menghadirkan performa instruksi per core hingga 15% dibandingkan generasi sebelumnya.
  • Grafis Radeon Vega yang telah ditingkatkan performa hingga 59% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.
  • Daya tahan baterai lebih lama berkat power-saving pintar didukung fabrikasi 7nm pertama yang digunakan untuk processor laptop.

 

Klik untuk perbesar

AMD Ryzen Mobile APU 3rd Gen 4000 series dibagi menjadi dua lini yakni H-Series yang menyasar pangsa laptop gaming kelas menengah ke atas (biasa hadir dengan harga 12 jutaan Rupiah ke atas) biasa dipasangkan dengan vga card diskrit serta U- Series yang merupakan versi hemat daya yang menyasar pasar laptop mainstream (biasa hadir di rentang harga 6-12 jutaan Rupiah), terdapat pula seri AMD Athlon Gold dan Silver yang menyasar pasar laptop low-end dengan harga 5 jutaan Rupiah ke bawah,

Sayangnya AMD Athlon yang dihadirkan merupakan rebranding Athlon lawas inilah kenapa menggunakan seri 3000 tapi walaupun begitu AMD upgrade dengan dukungan Wi-Fi 6 terkini.

2. (Generasi Sebelumnya) AMD Ryzen 2nd Gen 3000 series, Langkah Awal AMD untuk Pasar Laptop. 

Klik untuk perbesar

Walaupun AMD sudah merilis processor AMD Ryzen Mobile APU 3rd Gen 4000 Series akan tetapi seri sebelumnya masih banyak beredar di pasaran, apakah laptop generasi sebelumnya worth untuk diambil?  Saya tidak bisa bilang worth atau tidak namun dengan perubahan besar dalam sisi jumlah Core yang bisa anda lihat sendiri pada tabel di atas, daya  tahan baterai lebih awet dan grafis yang lebih baik maka pilihan laptop yang menggunakan Ryzen APU terbaru terbaik akan tetapi apabila anda menemukan laptop generasi lawas yang sedang turun harga tidak akan ada salahnya anda bisa ambil untuk kebutuhan keluarga misalnya? 

Hal ini dikarenakan dukungan driver AMD terkenal panjang terutama untuk driver grafis anda masih bisa mendapatkan dukungan hingga paling tidak 3 tahun ke depan. 

Semoga membantu anda mencari info tentang processor laptop AMD. 

 

 

This post was last modified on 28/06/2020 00:33

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...