Info & Unboxing Digital Alliance Gaming 350W PSU Cocok Untuk iCafe dan Warnet

Info & Unboxing Digital Alliance Gaming 350W PSU Cocok untuk iCafe dan Warnet

Jakarta : 31 Maret 2018 

Digital Alliance, salah satu brand lokal yang tengah giat-giatnya promosikan brand DA Gaming miliknya, kini juga hadirkan lini PSU baru bernama DA DENGEN (aatau disebut juga dengan DA Gaming), tersedia dalam beberapa seri, namun yang datang ke meja kami adalah versi 350W. 

Sesuai dugaan anda, PSU ini tentulah bukan diperuntukan untuk PC Kelas High-End yang menggunakan GTX 1080/RX Vega atau bahkan sekelas RX 580/GTX 1060 pun tidak disarankan, melainkan lebih diperuntukan untuk kebutuhan PC gaming yang biasa digunakan di sektor iCafe, umumnya menggunakan kartu grafis yang hemat daya (TDP <150W) atau hanya menggunakan iGP saja. banyak iCafe dan Warnetyang menggunakan PSU bawaan casing, yang kadang tidak jelas kualitasnya. menggunakan PSU pihak ketiga sangat disarankan, agar hadirkan daya tahan komponen yang lebih terjaga.  Tanpa banyak basa basi kita lanjutkan kepada pembahasan langsung. 

Unboxing

Spesifikasi dan Fitur

DA menyebutkan dalam keterangan di stiker PSU ini mampu hadirkan kombinasi 12V sebesar 342W yang cukup untuk menghidupi PC yang umumnya dipakai oleh iCafe yang memakai spesifikasi dengan iGP saja atau memakai kartu grafis hemat daya (TDP <150W). DA juga hadirkan beberapa fitur tambahan seperti : 

  • Low- Noise Fan 
  • ON-Off Switch 
  • Quad Core CPU Support 
  • Active PFC Support 
  • Meet 80% Plus (80+ Bronze) 
  • Sleeved Cable (24 Pin only)

Beberapa fitur unggulan

PSU DA DENGEN 350W ini hadirkan beberapa fitur wajib yang ada di pihak ketiga, seperti kehadiran efisiensi 80+ Bronze, dukungan Active PFC (Yang membantu meminimalisir ripple yang bisa berdampak buruk ke komponen) dan juga dukungan pelindung kabel yang walau hanya hadir untuk konektor 24 pin, namun cukup bermanfaat untuk keamanan dan estetika dalam menajemen kabel. 

Hadir dengan pelindung kabel untuk konektor 24 Pin ATX

Sedangkan untuk dukungan konektor sendiri, DA DENGEN 350W ini hadir dengan beberapa dukungan konektor seperti : 

  • Main : 24 Pin ATX 2.0 Standar
  • CPU : 2x 4 Pin 
  • Vga : 1x 6+2 Pin
  • Storage : 2x SATA 
  • Multi-Purpose : 2x Molex 4 Pin.  

Untuk konektor, tidak sebanyak versi lainya dengan watt yang besar. namun cukup untuk kebutuhan PC yang umumnya ada pada iCafe. 

Tes Singkat Power Supply 

Sesuai dengan judul artikel, admin tidak menyebut kata “Review” karena, Power Supply butuh alat khusus untuk tes yang mahal bisa sampai puluhan juta. admin hanya tes PSU sesuai dengan kapasitas untuk digunakan iCafe dengan spesifikasi tesbed : 

  • Processor : AMD A10 5800K 
  • Ram 2x4GB 
  • HDD + SSD 
  • Sapphire Radeon RX 560 (Tanpa konektor daya tambahan). 

Admin mencoba hadirkan test sederhana, menggunakan perangkat lunak Furmark sebesar 30 menit dan game 2 jam. hasil yang didapat tidak ada masalah. 

Intip Jeroan (Closer Look)

Sayangnya, Admin tidak di ijinkan untuk membongkar PSU ini.…. jadi tidak bisa membahas “Jeroan” yang bisa menentukan kualitas PSU itu sendiri atau tidak. tapi admin berhasil mengintip sedikit melalui sela-sela. admin bagi menjadi bagian : 

  1. Fan
  2. Kapasitor 
  3. Transient Filtering 
  4. Active PFC.

Tampilan atas fan dengan Logo DA Gaming

 

Tampilan bawah dengan logo SilentumPC

1. Fan: Fan menggunakan OEM dari SilentumPC (https://www.silentiumpc.com/en/) cukup hening baik saat pemakaian full load dan cukup untuk mendinginkan seluruh PCB. 

2. Kapasitor:

ChengX mendominasi bagian utama

Pada bagian Primary mayoritas admin menemukan menggunakan kapasitor asal Taiwan,  ChengX (http://www.chengtung.com.tw)  kapasitor dengan rating 85c ditemukan rata pada bagian ini,  merk ini umumnya digunakan oleh PSU low end, walau begitu bukan termasuk badcaps apalagi mengingat kapasitas yang hanya 350W.

Bagian secondary campuran ChengX 85c dan 105c dengan AsiaX 85c

Sedangkan untuk bagian Secondary admin menemukan menggunakan kapasitor campuran ChengX dan juga AsiaX. untuk AsiaX merupakan bagian dari Fuhryuu perusahaan pembuat kapasitor asal Taiwan terkenal.  kualitasnya dibawah dari ChengX, namun kabar baiknya tidak banyak ditemukan AsiaX dibagian ini, bahkan admin juga menmukan ChengX dengan rating 105c untuk komponen secondary yg penting.

3. Transient Filtering :    bagian ini berfungsi sesuai namanya, untuk memfilter “noise” yang berasal dari listrik yang ada berasal dari steker (PLN), dengan gabungan komponen ini dan juga Active PFC membuat PSU anda memiliki stabilizer bawaan, beberapa PSU bawaan casing biasa mencut komponen ini untuk potong harga. kabar baiknya tidak untuk PSU DA Gaming ini tidaklah demikian. 

Pada bagian First Stage yang dekat dengan konektor admin bisa mengintip bagian  Capasitor X disitu dan komponen coil yg lengkap. 

Sedangkan untuk bagian Secondary Stage bagian filtering cukup lengkap, terdapat bagian komponen kapasitor X dan Y lengkap. 

Sehingga hadirkan kesimpulan komponen Transient Filtering ada dan berkerja sebagaimana mestinya.

4. Active PFC :  Bagian kardus dari PSU ini menyebutkan fitur “Active PFC”. fitur ini sesuai yang saya sebutkan sebelumnya, mampu “meminimalisir” ripple yang berpotensi merusak komponen lain yang ada di PC. admin mencheck untuk memastikan hal ini. 

 

Admin bisa “mengintip” bagian Active PFC, terlihat jelas ciri khas utama, yakni kapasitor besar untuk PFC yang satu buah, menandakan jenisnya active bukan passive (Passive menggunakan 2),  serta bagian mosfet nya admin juga “mengintip” ada 4, walau belum jelas dari produsen mana, namun untuk standar active PFC yang jelas terlihat disini. 

Kesimpulan

PSU DA Gaming 350W ini memang bukan untuk kebutuhan PC dengan spek tinggi, namun bagi warnet atau iCafe yang masih menggunakan PSU bawaan casing atau yang tidak berkualitas, bisa menggunakan PSU ini sebagai penggantinya. sesuai pembahasan mimin diatas, proteksi dan fitur yang ada dihadirkan lengkap. berguna bagi warnet yang menyala 12 Jam sehari.

Admin sangat mengkritisi logo “Bitcoin” yang ada di kardus PSU ini dan berharap DA segera mengganti atau menutup dengan stiker, mengingat dari segi kualitas komponen dan juga kapasitas daya PSU ini tidak cocok untuk “penambang digital”. 

Pro : Hadirkan fitur lengkap 
– Tampilan menarik
– Hadirkan pelindung kabel. 

Cons : Kesalahan penempatan logo pada box
– Minus keterangan proteksi (walau secara hardware ada) di stiker atau website !!!. 

Harga : Rp. 395.000 (MSRP)

Distributor : PT Megacom Alfa Pratama 

Garansi : 2 Tahun Terbatas

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...
Share
Published by
Sutama Tamasu

Recent Posts

Review Casing Hardisk Enclosure Orico 2.5 Inch USB 3.1 Type C, Tinggal Pasang Nikmat

Review Casing Hardisk Enclosure Orico 2.5 Inch USB 3.1 Type C, Tinggal Pasang Nikmat Pada akhir ini beredar salah satu…

04/12/2018 00:43

4 Informasi Yang Perlu Anda Ketahui Tentang AI di Perangkat Smartphone

5 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang AI di Perangkat Smartphone Pasti apabila anda melihat di berbagai media review perangkat…

26/11/2018 16:43

Tips Memilih Smartphone Yang Cocok Buat Pengemudi Ojek dan Taksi Online

Bagi anda yang sedang ingin memulai usaha ojek online pastinya menjadikan perangkat smartphone anda menjadi andalan mengingat berbagai kegiatan dilakukan…

24/11/2018 17:08

(PR) AMD mengumumkan prosesor desktop Athlon™ baru berbasis “Zen”dan Ryzen™ PRO 2nd Gen

AMD Memperbaharui Standar Komputasi Sehari-Hari dengan Prosesor Desktop "Zen" Terbaru Berbasis Athon™, Memperluas Portofolio Klien Komersial dengan Prosesor Desktop Ryzen™…

08/09/2018 22:09

(PR) Kingston Berbagi Keceriaan di Mangga Dua Mall

• Kenali Produk Asli Kingston dan Menangkan Hadiah Eksklusif Jakarta, Indonesia – 6 September 2018 – Kingston, pemimpin dunia yang…

08/09/2018 21:51

(PR) Colorful Menambahkan NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti & RTX 2080 dalam Seri AD

Colorful Menambahkan NVIDIA GeForce RTX 2080 Ti & RTX 2080 dalam Seri AD 21 Agustus 2018, Jakarta, Indonesia – Colorful…

21/08/2018 14:19