Ingin Beli TWS Dengan Audio Oke? Kenali Dulu Jenis Codec Bluetooth Di Berikut

Ingin Beli TWS Dengan Audio Oke? Kenali Dulu Jenis Codec Bluetooth Di Berikut

Kehadiran perangkat smartphone yang mendukung Bluetooth 4.2 LE mengubah fungsi dari fitur ini yang awalnya hanya diperuntukan untuk transfer file antar perangkat menjadi koneksi nirkabel untuk perangkat aksesoris tambahan salah satunya adalah yang lagi hot akhir ini adalah dari sisi audio yakni TWS dan headphone Bluetooth, pada saat anda ingin membeli di toko pastinya akan menemukan tulisan tentang jenis audio codec di spesifikasi perangkat, pastinya akan buat penasaran apa fungsinya bukan? yuk, mari kita bahas.   

Teknologi ini memiliki peran penting dalam pengolahan audio karena dengan teknologi inilah file audio yang kita mainkan diolah menjadi data yang nantinya dikirimkan dan diubah menjadi suara oleh TWS melalui Bluetooth, terdapat tiga parameter yang pengaruhi kualitas audio decoding yakni bit depth (bits), bitrate (Kbps), dan sampling rate (kHz) semakin tinggi yang didukung semakin baik. Karena teknologi ini berbentuk firmware maka TWS, software music player (Joox, Spotify) dan smartphone harus sama-sama mendukung audio codec yang digunakan.

Berikut akan saya bahas beberapa audio decoding (codec) Bluetooth yang umumnya dipakai oleh TWS termasuk berikan info tentang kelebihan dan kekurangan:

  • SBC (Subband Codec)
    Bit depth:16-bit
    Sampling Rate: Up to 48kHz
    Bitrate: 328Kbps

SBC merupakan Bluetooth codec yang dirancang oleh desainer Bluetooth (SIG) umumnya didukung oleh TWS murah , apabila dilihat secara spesifikasi di atas kertas SBC terlihat menjanjikan namun banyak pengguna yang mengeluhkan delay yang lumayan parah dibandingkan codec lain ini tidak lain karena codec ini memiliki latency paling tinggi, al hasil mayoritas TWS yang mendukung SBC hanya cocok untuk digunakan memutar music standar dan panggilan suara saja.

  • AAC (Advanced Audio Codec)
    Bit depth: Up to 24-bit
    Sampling Rate: 44.1kHz
    Bitrate: Up to 320Kbps

Codec AAC hadir sebagai penerus spiritual dari SBC mengingat sudah mulai menjamurnya beberapa brand TWS terkenal seperti Lenovo, Nokia dan beberapa brand aksesoris seperti Beaseus mulai menghadirkan TWS murah yang mendukung AAC. Walaupun secara diatas kertas AAC menghadirkan performa yang  lebih baik dibandingkan SBC namun untuk soal algoritma kompresi audio AAC lebih baik hal inilah yang membuat kualitas audio lebih baik dibandingkan SBC, Apple secara default menggunakan AAC sebagai codec terendah untuk Airpod jadi saat anda membeli TWS mendukung AAC sudah pasti dapat jaminan bekerja dengan baik di perangkat Apple.

  • AptX (Qualcomm AptX)
CodecData AudioBit Rate
AptX48kHz/16-bit352 – 358kbps
AptX HD48kHz/24-bit576kbps
AptX LL44,1kHz/16-bit384kbps
AptX Adaptive 48kHz/24-bit279 – 470kbps

AptX merupakan codec rancangan dari Qualcomm yang memiliki beberapa varian mulai dari yang basic, AptX versi HD dengan kualitas maksimal, versi low latency untuk gaming serta adaptive yang secara pintar menyesuaikan dengan kondisi pengguna. Secara kualitas codec baik di atas kertas maupun pengujian dari Qualcomm ini menghadirkan performa terbaik sejauh ini, walaupun tentu hanya maksimal di perangkat smartphone dengan SoC Snapdragon serta TWS yang mendukung pastinya.

  • LDAC
    Bit depth: Up to 24-bit
    Sampling Rate: Up to 96kHz
    Bitrate: Up to 990Kbps 

Codec rancangan Sony ini menghadirkan spesifikasi di atas kertas terutama dari sisi bitrate sangat tinggi, LDAC menjadi andalan TWS premium tidak hanya dari Sony saja namun juga dari brand lainnya seperti Oppo Enco X2 misalnya, hal ini mengingat codec ini terbuka untuk digunakan siapa saja dan merupakan bagian dari proyek Android AOSP. Sayangnya hanya platform Android saja yang didukung jadi apabila perangkat TWS atau Headphone LDAC dihubungkan ke iPhone akan menggunakan AAC. 

  • LHDC
    Bit-depth: Up to 24-bit
    Sampling Rate: Up to 96kHz
    Bitrate: Up to 900Kbps

LHDC merupakan codec pendatang baru kerjasama Savitech dengan Huawei, codec ini memiliki tujuan yang sama dengan LDAC menghadirkan kualitas sudio sebaik-baiknya untuk perangkat TWS dan headphone premium, sama seperti LDAC untuk LHDC merupakan bagian dari Android AOSP jadi siapapun bisa menggunakan codec ini, sayangnya lagi terdapat kesamaan lain hanya platform Android saja yang didukung saat ini. 

  • Samsung Scalable Codec
    Bit-depth: Up to 24-bit
    Sampling Rate: Up to 96kHz??
    Bitrate: Up to 512Kbps

Selanjutnya adalah Samsung Scalable Codec merupakan codec proprietary dari Samsung, menandakan bahwa codec ini hanya mendukung di perangkat Samsung saja,sayangnya tidak banyak yang diketahui dari codec ini selain Samsung menjanjikan pengalaman bebas “audio chopping” saat melakukan streaming audio.

Sekian informasi dari Blog Komputer dan Teknologi, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mencari TWS atau headphone Bluetooth yang terbaik. 

Sumber: PCMag, Samsung

Tags: AAC tws APTX TWS beda AAC dengan SBC bluetooth Headphone

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.