Intel dan Spreadtrum Hadirkan SSC9861G Processor 8 Core x86-64 14nm untuk Smartphone

Spanyol : 16 Maret 2017

Intel berkerjasama dengan perusahaan Processor Spreadtrum asal China diberitakan Hadirkan SSC9861G Processor 8 Core x86-64 14nm untuk Smartphone.

Intel sebagaimana kita ketahui, telah menghentikan secara resmi Processor dengan seri Intel Atom yang digunakan pada Smartphone/Tablet Android. Walau memiliki performa yang cukup lumayan baik ditunjang fabrikasi yang maju namun tidak bisa menjamin Intel menguasai pasar ini (dengan dikuasai 90% Processor berbasis ARM), akhirnya Intel lebih memilih membawa Intel Atom hanya untuk segment embedded dan operasi sistem Windows aja yakni untuk tablet dan laptop (dengan memakai nama Pentium/Celeron J series)

Namun kabar mengejutkan datang dari negeri Tiongkok, dimana Spreadtrum perusahaan yang dikenal sebelumnya memproduksi Processor kelas menengah kebawah berbasis ARM ini secara mengejutkan umumkan kerjasama dengan Intel untuk hadirkan Spreadtrum SSC9861G. Yang membuat mengejutkan adalah Processor ini tidak menggunakan arsitektur ARM64 (ARMv8) yang umum digunakan pada Smartphone/Tablet Android, melainkan memakai arsitektur x86-64 dengan memakai 8 Core “Intel Airmont”.

Intel “Airmont” hadirkan ukuran Core yang lebih kecil dan efisien dibandingkan sebelumnya

Yup, jadi secara jeroan CPU Processor ini 100% memakai rancangan Intel, dimana secara tidak langsung ini adalah Processor “Atom” yang dihidupkan kembali ke ranah Smartphone, masih belum cukup disitu Fabrikasi nya pun memakai 14nm Tri-Gate yang sama digunakan pada Processor Intel lainya, dikarenakan Processor ini di produksi di pabriknya Intel sendiri.

Untuk komponen GPU nya sendiri Intel menyerahkanya kepada pihak ketiga yakni PowerVR dengan IP terbarunya yakni PowerVR GT7200 yang sanggup untuk menjalani berbagai macam game dengan baik. Tidak lupa dukungan terdapat multimedia HEVC dan VP9 disertakan termasuk dukungan intregrasi modem LTE Cat7 yang hadir juga menjadi nilai tambah, mengingat Processor Intel sebelumnya tidak hadir dengan modem terintregrasi. Berdasarkan informasi yang di dapat modem LTE Cat7 yang ada ini merupakan rancangan Spreadtrum jadi pihak Intel tidak sendirian dalam mendesain Processor ini.

Lalu anda pasti berpikir kenapa harus menggunakan “Spreadtrum” ?? Intel sebenarnya sudah merencanakan dari jauh-jauh hari. Dimana untuk pangsa pasar Smartphone dan Tablet khususnya Android, pangsa pasar China lah yang paling meguntungkan dengan berbagai brand yang ada di dalamnya. Untuk itulah Intel menunjuk Rockchip dan Spreadtrum untuk bermitra dalam mengembangkan Processor dengan teknologi Intel di dalamnya. Untuk Rockchip hadirkan Processor berbasis Intel SoFIA yang lebih ke pangsa pasar low-end sebelumnya sedangkan untuk Spreadtrum seperti yang ada bisa lihat hadir untuk pangsa pasar yang lebih tinggi.

Berdasarkan komentar CEO Intel sendiri, kemungkinan kerjasama dengan Spreadtrum bukanlah hanya terbatas ke Processor ini saja :

“Intel and Spreadtrum are bringing together our core technology strengths and assets to deliver competitive mobile SoCs to the marketplace, addressing the demanding requirements of the latest devices. This launch is a significant milestone in our partnership with Spreadtrum. We look forward to working with Spreadtrum on additional mobile platforms,”said Brian Krzanich, CEO of Intel.

Sampai sekarang belum ada info produsen mana yang akan menggunakan Processor ini,

Bagaimana pendapatmu? Ingin merasakan performa Processor Intel kembali di Smartphone?

Tags: Processor 8 Core intel android Processor 8 Core x86-64 14nm

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)