Intel Produksi Processor ARM 14nm Perusahaan China Spreadtrum untuk Smartphone Samsung

China : 6 Oktober 2016

Intel sebagai perusahaan semiconductor terkemuka diberitakan membuka jasa Produksi Processor ARM 14nm Perusahaan China Spreadtrum untuk Smartphone Samsung.

spreadtrum_logo_2

Spreadtrum. Mungkin anda jarang mengenal perusahaan ini. ya, memang perusahaan ini tidak seterkenal perusahaan asal Taiwan/US. seperti Qualcomm, Mediatek, Marvell dsb. Namun, perusahaan ini berhasil menggaet brand besar seperti Samsung untuk hadir di smartphone mereka. Ya walau hanya hadir di Smartphone kelas low-end sebut saja Galaxy Chat dan Galaxy ACE adalah salah satunya. Processor yang digunakan pun memiliki komposisi sederhana, umumnya terdiri dari Dual Core ARM Cortex A5/A9/A7. Dengan GPU ARM Mali 400. Cukup untuk hadirkan pengalaman browsing dan chatting.

Berikut Info Processor Intel Core I Generasi Ketujuh “Kaby Lake” Improve Multimedia dan 14nm Plus 3

Bentuk “Wafer” dari 14nm++ untuk Intel Core i “Kaby Lake”

Namun, kabar mengejutkan terjadi. Kabarnya seperti yang diberitakan oleh media asal Taiwan Digitimes. Spreadtrum, diberitakan akan melakukan order untuk pembuatan Processor Next-gen miliknya kepada Intel dengan memakai fabrikasi 14nm Tri-Gate (sebutan FinFET nya Intel). Menariknya, Processor yang dipakai digunakan untuk Smartphone Samsung.

galaxy ace 4 spek

galaxy ace 4 spek dengan Spreadtrum Dual Core SC7715

Lah bagaimana bisa. Ini bisa saja terjadi, karena Spreadtrum sendiri adalah perusahaan jenis Fabless Semiconductor. Alias tanpa pabrik. Mereka menyerahkan kepada perusahaan foundry yang memiliki pabrik salah satunya adalah Intel. Harap di ingat, Processor yang di order bukan berbasis x86 yang sama digunakan di Processor Intel Atom (Yang kini sudah tidak hadir lagi di ranah smartphone). Melainkan berbasis ARM Cortex seperti yang kita pakai sehari-hari. entah memakai IP ARM Cortex versi berapa. Walaupun begitu, Intel sendiri masih memiliki Foundry (pabrik) dengan 2000an pegawai yang siap untuk produksi jasa ke pembuatan processor ke pihak ketiga. Selain Spreadtrum ada lagi LG Electronic juga akan hadirkan order ke Intel

Spreadtrum sendiri juga hadirkan order ke perusahaan Taiwan TSMC untuk fabrikasi 16nm FinFET. Processor yang di order, menariknya menurut rumor akan digunakan kelak di Processor kelas menengah Samsung. Kalau memang seperti ini. berarti Processor next-gen ini bakal pengganti dari Exynoss 3xxx yang ada di Smartphone kelas menengah. Samsung memang walau memiliki Processor sendiri (Exynoss) dan pabrik sendiri (Samsung Semi). Samsung tetap order ke perusahaan ketiga.

Kabarnya Processor Next-gen ini akan hadir di Smartphone 2017. Mari kita tunggu

Sumber : Digitimes

Tags: Processor Intel untuk smartphone processor spreadtrum

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.