JapanDisplay Umumkan Kembangkan Teknologi Layar LTPS dengan Support Kerapatan 800 PPI

Jepang : 12 April 2016

JapanDisplay perusahaan joint venture Sony, Toshiba dan Hitachi diberitakan JapanDisplay Umumkan Kembangkan Teknologi Layar LTPS dengan Support Kerapatan 800 PPI.

japan display

Japan Display mungkin sebagian dari anda agak asing dengan perusahaan panel ini. tidak se terkenal Samsung Display, LG Display, AUO dll. namun, faktanya perusahaan ini merupakan hasil joint venture dari perusahaan terkenal jepang yakni Sony, Toshiba dan Hitachi yang terkenal lama di bidang elektronik.

apple iphone 6 4

Japan Display diberitakan sebelumnya. telah mendapatkan porsi besar untuk layar IPhone di tahun 2014-2015. IPhone sendiri, seperti yang kita ketahui memakai layar yang terbaik yang ada saat peluncuran. jadi, mereka tidak sembarangan memilih produsen panel display. nah, demi mengembangkan prodaknya. diberitakan produsen Japan Display diberitakan mengembangkan panel TFT LCD terbaru dengan memakai Back Panel berbasis teknologi LTPS terbaru. memungkinkan support kerapatan hingga 800 PPI.

iphone-6-displaysearch-2014-small_1

Sebelumnya kita bahas dulu, LTPS (low-temperature poly-Si) adalah teknologi back panel yang terpasang pada panel display entah itu berbasis TFT- LCD (IPS misalnya). dengan menggunakan LTPS, memungkinkan tampilan gambar menjadi lebih baik serta efisien ( lebih rendah suhu dan daya) dan lebih tipis. ini cocok sekali untuk pengguna mobile seperti smartphone. beberapa smartphone sudah memakai teknologi ini sebelumnya seperti HTC One X, Huawei Ascend Mate 2 IPhone 4/5, Meizu Note 3 dsb.

Nah,  JDI mengumumkan kepada media akan mengembangkan teknologi LTPS yang memungkinkan panel TFT LCD bisa mencapai kerapatan hingga 800 PPI !!! hal ini diumumkan oleh CTO Hiroyuki Ohshima dalam jumpa press seperti yang saya kutip dari digitimes.

“As human eye recognition can reach 800ppi (pixel per inch) based on an average viewing distance of 22cm, it is easy for LTPS-based panels to exceed 800ppi, Ohshima said. In addition, LTPS technology makes it relatively easy to produce panels with curved surface or non-rectangle shapes, with such panels particularly suitable for use in automotive displays, ”

Jadi, menurut beliau mata manusia bisa melihat kepadatan up to 800 PPI dengan jarak pandang 22cm. sebagai informasi, layar IPhone sekarang baru mencapai 401 PPI !!! mungkin anda ada yang bingung buat apa sih ???

JapanDisplay Umumkan Kembangkan Teknologi Layar LTPS dengan Support Kerapatan 800 PPI 2

Pixels per inch (PPI) adalah nama dari ukuran pixel per inch dari panel layar yang anda pakai sehari-hari. entah televisi, smartphone hingga monitor PC. semakin besar, memungkinkan tampilan object menjadi lebih jelas dan tajam. jauh dari kesan blur atau pecah. Apple adalah salah satu perusahaan yang pelopori High Density alias layar PPI besar dengan Retina Display yang ada di perangkat miliknya.

JapanDisplay Umumkan Kembangkan Teknologi Layar LTPS dengan Support Kerapatan 800 PPI 3

JDI merencanakan akan meluncurkanya ke publik insya allah di 2018. JDI sekarang sudah tahap pengembangan prototype yang ditunjukan. berhasil mendapatkan display dengan PPI sebesar 651 PPI.

Sumber : JDI,Digitimesi imagesfromgoogle 

Tags: apple retina japan display panel iphone

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)