Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC Rumahan Kantor dan Gaming

Kali ini, saya akan memberikan sedikit info tentang Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC PC Rumahan Kantor dan Gaming.

DSC_0320

Casing PC merupakan salah satu komponen penting yang ada di komputer PC. Karena memang inilah rangka dari sebuah PC yang anda ketahui. Casing PC ada banyak dan bermacam-macam. Untuk informasi anda biar tidak bingung… berikut info tentang beberapa jenis Casing PC yang ada di pasaran.

Sebelum ke hal itu, anda saya jelaskan sedikit tentang ukuran Motherboard yang ada pada PC. Karena akan berpengaruh kepada jenis casing yang anda pilih berikut ukuran umum yang ada :

Mini ITX 

Asrock Mengumumkan Motherboard Terbaru Support USB 3.1 dan USB 3.1 Type C 4

Asrock Mini-ITX berbasis Socket LGA 2011-3 untuk platfrom Intel Core i Extreme Series

Ukuran Panjang dan Lebar diperuntukan bagi yang menginginkan sebuah PC kecil. Awalnya hanya Processor hemat daya seperti Intel Atom/AMD Brazos saja yang support. Tapi lama-kelamaan berkembang ke Processor diatasnya seperti Intel Core i series dan AMD A series.

Micro ATX

Asus motherboard

 

Asus Socket FM2+ untuk AMD A series

Ukuran Panjang dan Lebar merupakan platfrom Motherboard yang paling banyak dipakai. Motherboard di ukuran ini, cukup lengkap menampung berbagai macam fungsi Motherboard. Sebut saja, 1x Port PCIe + 2x Slot PCI, 2x Slot Ram, 4-6 Port SATA. Dsb hampir support semua Processor yang ada di pasaran.

ATX

gigabyte motherboard FM2+

 

Gigabyte untuk socket FM2+ dilengkapi fitur Audio terbaik

Ukuran Panjang dan Lebar merupakan platfrom yang memiliki banyak fitur yang lebih baik dibandingkan platfrom Micro ATX. Sebut saja dukungan port SATA yang melimpah rata-rata min 6 buah, Slot PCIe x16 2 atau lebih dsb. Untuk itulah ukuranya agak lebih panjang dan besar. cocok bagi anda yang ingin memasang 2 atau lebih Vga Card dalam 1 system yang dijadikan mode SLI/CrossfireX. Support semua Processor.

Gigabyte X99 UD7 haswell E

Salah satu Motherboard Gigabyte  dengan platfrom EATX

Ada banyak lagi platfrom Motherboard lain seperti EATX yang biasa dipakai di Server/Workstation, Baby AT, Pico ITX dsb. Tapi, yang paling sering dipakai yang ketiga diatas ini.  Dalam performa, Motherboard tidak berpengaruh besar terhadap kinerja system PC anda. Motherboard hanya sebagai perantara. Jadi, yang terhubung seperti Processor lah yang mempengaruhi.

Namun, khusus untuk enthusias, yang sangat mengutamakan performa, membeli platfrom ATX. Selain memuat banyak port dan slot. ATX juga support memasang lebih dari 2 Vga Card sekaligus.

Marilah selanjutnya Kita Bahas Info Jenis-Jenis Casingnya

Setelah anda mendapatkan info tentang ukurang Motherboard, berikut ukuran-ukuran jenis casing yang ada di pasaran :

Casing berjenis Midle Tower

 Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC midle tower

Dazumba DE-320 Salah Satu Casing yang laris di Pasaran

Casing ini, bisa memuat 2 buah ukuran Motherboard, yakni Micro ATX dan ATX. Casing ini paling banyak dipakai. Selain harganya murah, Casing ini juga sedang. Tidak terlalu besar dan terlalu kecil untuk seukuran PC. Bisa ditaruh di kolong meja. Ukuran standart berkisar sekitaran Panjang 40an cm, Tinggi 40cm dan lebar sekitaran 15 cm untuk 8cm Fan dan 18cm untuk 12cm Fan

Namun, terdapat kekurangan. Bagi anda yang ingin memasang 2 atau lebih Vga Card dalam 1 system entah memakai system SLI atau CrossfireX, anda disarankan tidak membeli jenis ini. Midle Tower ini lebih diperuntukan untuk pengguna dengan 1 buah Vga Card saja mengingat ukuran yang agak sempit. Kalau dipaksakan memakai 2 buah bisa saja. Akan tetapi, airflow casing/sirkulasi udara yang ada akan sangat terbatas.  

casing eke

Armaggedon Hectotron T3X saat dipakai mimin untuk test Radeon R9 285

Ditambah, harap di ingat tidak semua Midle Tower casing support dengan Vga High-end seperti GTX 970/R9 290x untuk vga high-end anda harus check ke produsenya apakah support atau tidak. Untuk vga kelas low/mid-end dengan dibawah 30cm panjang biasanya sih support ke semua model.

Casing berjenis Full Tower

Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC full tower 2

Casing Cooler Master HAF Stacker 935 andalan CM untuk Full Tower

Casing ini, diperuntukan utama untuk platfrom ATX. Walau bisa dipasang Micro ATX, tapi sangat jarang pengguna yang memasang Micro ATX ke platfrom ini. Casing berjenis Full Tower ini rata-rata untuk jenis Casing ini memuat ukuran Panjang sekitaran 50cm, Tinggi sekitaran 70cm dan Lebar sekitaran 20an cm. Bandingkan sebesar apa Casing ini ??

Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC full tower

 

2x Multi VGA Card bisa dipasang mulus di casing ini

Casing ini diperuntukan untuk anda yang ingin membangun sebuah PC dengan kinerja tinggi untuk gaming yakni memakai Dual atau Quad SLI/CF Vga dalam 1 system atau membangun sebuah Workstation ataupun Server mini untuk perusahaan anda pun bisa. 

cm-haf-stacker1

 

Casing CM ini di tampilkan dalam mode Mod di salah satu stand Cooler Master

Casing ini bisa dibilang serba bisa bagi anda yang memiliki uang lebih anda bisa mengikuti forum modding dan menjadikan PC anda lebih sexy lagi. anda bisa memadukanya dengan LED tambahan, Fan yang lebih oke serta Water Cooler yang menjadi kanya tampak Sexy dan Menarik dilihat. terdapat kepuasan sendiri dalam meraciknya. 

Casing berjenis Mini Tower/Mini ITX Tower

Casing jenis ini diperuntukan untuk Motherboard Mini ITX. diperuntukan bagi yang tidak suka dengan Casing besar. Terdapat 2 jenis yang ada di pasaran.

1. HTTPC Casing

Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC httpc

 

SilverStone Milo Slim HTPC

HTTPC diperuntukan bagi anda yang ingin membuat PC sekecil-kecilnya yang hemat daya, rendah suhu dan juga performa cukup untuk memuat film Full HD atau multimedia lain favorite anda. HTTPC berbentuk kecil sekali tidak memungkinkan penambahan untuk Vga Card. Kadang penambahan Storage seperti Hardisk juga terbatas. Ukuranya sekitaran Panjang 15 cm Tinggi 15 cm dan Lebar 5 cm

2. Mini Tower Casing

Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC mini itx 3

Casing ini bisa dibilang hadir baru-baru ini. sekitaran 2-3 tahun. Casing ini menjawab dengan hadirnya platfrom Core i series dan AMD A series yang meransek ke Motherboard Mini-ITX. Ukuranya sekitaran Panjang 40CM cm Lebar 24 cm dan Tinggi 20 cm

Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC mini itx 2

Cooler Master Elite 130 with Radeon HD 7990 dengan PSU ATX dan 2x Drive SSD

dikarenakan sebelumnya Mini-ITX idientik dengan PC dengan performa standart tidak untuk gaming, dengan casing ini, anda bisa memasang Vga Card sekelas HD 7970/GTX 7770/R9 290x/GTX 970 masuk ke Casing anda. berikut salah satu reviewer yang mentest Casing tersebut : http://www.jagatreview.com/2014/02/hands-on-review-cooler-master-elite-130-casing-mini-itx-yang-mendukung-water-cooling-compact/

 

Thanks semoga membantu anda dalam memilih casing yang terbaik untuk PC anda. Harap bagi Blogger lain yang mau copas, silahkan sertakan backlink ke link artikel ini. terima kasih

 FAQ (Tanya-jawab Umum)

FAQ (Tanya-jawab Umum) Mengenai Casing PC

casing eke

Q: Min, Casing saya kalau dipegang nyetrum nih. Kadang kok suara speaker saya juga ada suara dengungan lebah.

casing grounding

A: Buat grounding seperti contoh yang ada di gambar diatas ini agar listrik yang ada bisa terarah ke tanah dan check juga mungkin ada kabel yang agak terkelupas. Rata-rata dulu karena Motherboard, tapi terbaru produsen Motherboard sudah memasang IC khusus untuk mencegah ini.

Q: Min, management kabel itu apa sih ??

A: Sebutan untuk casing yang mensupport penataan kabel yang lebih rapih. Sebagai contoh anda bisa compare 2 gambar ini :

DSC_0320

Tanpa Management Kabel

casing eke

Dengan Management Kabel

Terlihat yang management kabel lebih rapih. Biasanya untuk casing management kabel, kabel di taruh di bagian luar casing sebelum dimasukan kembali kedalam casing dan dihubungkan dengan komponen lainya. Anda beruntung tinggal di tahun ini. karena banyak Casing murah yang bisa management kabel sekarang.

Q : Lebih baik pakai PSU bawaan casing atau membeli lagi min ??

A : untuk hal ini sebaiknya anda beli Casing yang memakai bawaan PSU saja. Tapi, jadikan PSU itu sebagai PSU cadangan. Untuk PSU utama, gunakan pihak ketiga. PSU bawaan casing di disain hanya untuk nyala saja kadang tidak pure power, maksudnya. Tulisan 400w namun kenyataan hanya 250w saja.

psu hexa+ 500w

Untuk itulah hadir PSU pihak ketiga. Yang menawarkan Pure Power, Kualitas Jeroan lebih baik, aliran lebih halus dan terpenting proteksi dari listrik naik turun, overheat, humidty dsb lebih terjamin. Hampir rata-rata produsen power supply menawarkan garansi 3 tahun vs psu bawaan casing hanya 1 tahun saja. penasaran ?? coba check salah satu review salah satunya disini :

https://www.sutamatamasu.com/informasi-tentang-psu-fsp-hexa-500w-psu-berkualitas-harga-terjangkau/

Q:  Min Lebih baik menggunakan PSU lokasi diatas casing atau dibawah casing sih ??

A : Untuk hal ini, ada plus dan minus. Kalau diatas akan menyedot panas dari Processor, susah untuk management kabel dsb tapi PSU lebih minim debu. Sedangkan kalau dibawah mudah management kabel, mudah masuk debu ke PSU dan tidak menyedot panas dari dalam Casing.

Pilih yang mana itu terserah anda. atas dan bawah sama-sama baik. Biasanya yang atas ada di platfrom midle tower low-end dan yang dibawah ada di casing high-end. Untuk low-end sebaiknya walau management susah anda usahakan membuat serapih-rapihnya. Sedangkan untuk yang bawah, cari casing yang memuat filter udara sehingga bisa menahan debu yang kesedot ke dalam Power supply.

Q : Min, Fan bawaan standart casing itu berapa sih sebenarnya ??

A: Itu tergantung vendor, tapi saya menyarankan min 2 fan harus wajib ada di PC anda. yakni Fan bagian depan (Font Panel) untuk tempat masuk udara dingin dan belakang (Back Panel) untuk membuang panas yang ada pada Casing.

Q : Min saya menemukan ada casing yang HDD raknya bentuknya vertikal, horizontal bahkan ada yang sampai membalikan HDD secara vertikal. Itu apa gak buat kenapa-napa min ??

A : tidak apa-apa kok. Banyak produsen HDD mengkomfirmasi akan hal itu bahwa itu tidak mempengaruhi performa dan umur Hardisk selama Hardisk itu diam. Kecuali kalau sudah terbalik anda goyang-goyangkan itu baru berpengaruh kepada kinerja mekanik yang ada di HDD. Tapi itu tidak mungkin saya rasa.

Q: Min cara masang Motherboard dan komponen lainya ke Casing bagaimana ??

A: Silahkan buka youtube dan cari tutorialnya atau bagi yang tidak ada waktu, bisa sekalian di rakitkan di tokonya.

Tags: casing atx casing micro atx Casing mini itx jenis casing PC komputer PC casing ada apa saja tips cara memilih casing PC komputer

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    hilman maulana2 years agoReply

    Min kalo case yang tanpa psu tuh artinya apa yaa?

    • author

      Sutama Tamasu (Author)2 years agoReply

      Itu standar kok gan, ada yg dibundling ada yg enggak. Saya rekomendasi pilih yg enggak. Soalnya bawaanya rata-rata jelek kualitasnya. Mending beli PSU terpisah pihak ketiga yg lebih oke kaya seasonic, fsp, corsair dll

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.