Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC Rumahan Kantor dan Gaming

Amerika Serikat : 28 Maret 2015

Kali ini, saya akan memberikan sedikit info tentang Jenis Casing PC yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Sebuah PC PC Rumahan Kantor dan Gaming.

DSC_0320

Casing PC merupakan salah satu komponen penting yang ada di komputer PC. Karena memang inilah rangka dari sebuah PC yang anda ketahui. Casing PC ada banyak dan bermacam-macam. Untuk informasi anda biar tidak bingung… berikut info tentang beberapa jenis Casing PC yang ada di pasaran.

Sebelum ke hal itu, anda saya jelaskan sedikit tentang ukuran Motherboard yang ada pada PC. Karena akan berpengaruh kepada jenis casing yang anda pilih berikut ukuran umum yang ada :

Mini ITX 

Asrock Mengumumkan Motherboard Terbaru Support USB 3.1 dan USB 3.1 Type C 4

Asrock Mini-ITX berbasis Socket LGA 2011-3 untuk platfrom Intel Core i Extreme Series

Ukuran Panjang dan Lebar diperuntukan bagi yang menginginkan sebuah PC kecil. Awalnya hanya Processor hemat daya seperti Intel Atom/AMD Brazos saja yang support. Tapi lama-kelamaan berkembang ke Processor diatasnya seperti Intel Core i series dan AMD A series.

Micro ATX

Asus motherboard

 

Asus Socket FM2+ untuk AMD A series

Ukuran Panjang dan Lebar merupakan platfrom Motherboard yang paling banyak dipakai. Motherboard di ukuran ini, cukup lengkap menampung berbagai macam fungsi Motherboard. Sebut saja, 1x Port PCIe + 2x Slot PCI, 2x Slot Ram, 4-6 Port SATA. Dsb hampir support semua Processor yang ada di pasaran.

ATX

gigabyte motherboard FM2+

 

Gigabyte untuk socket FM2+ dilengkapi fitur Audio terbaik

Ukuran Panjang dan Lebar merupakan platfrom yang memiliki banyak fitur yang lebih baik dibandingkan platfrom Micro ATX. Sebut saja dukungan port SATA yang melimpah rata-rata min 6 buah, Slot PCIe x16 2 atau lebih dsb. Untuk itulah ukuranya agak lebih panjang dan besar. cocok bagi anda yang ingin memasang 2 atau lebih Vga Card dalam 1 system yang dijadikan mode SLI/CrossfireX. Support semua Processor.

Gigabyte X99 UD7 haswell E

Salah satu Motherboard Gigabyte  dengan platfrom EATX

Ada banyak lagi platfrom Motherboard lain seperti EATX yang biasa dipakai di Server/Workstation, Baby AT, Pico ITX dsb. Tapi, yang paling sering dipakai yang ketiga diatas ini.  Dalam performa, Motherboard tidak berpengaruh besar terhadap kinerja system PC anda. Motherboard hanya sebagai perantara. Jadi, yang terhubung seperti Processor lah yang mempengaruhi.

Namun, khusus untuk enthusias, yang sangat mengutamakan performa, membeli platfrom ATX. Selain memuat banyak port dan slot. ATX juga support memasang lebih dari 2 Vga Card sekaligus.

Klik Page selanjutnya untuk info jenis-jenis Casingnya

Tags: casing atx casing micro atx Casing mini itx jenis casing PC komputer PC casing ada apa saja tips cara memilih casing PC komputer

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)