Categories: Other

Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Windows Phone

Apakah anda ingin membeli Windows Phone, namun sedang mencari info. kali ini, Mimin akan memberikan info tentang Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8 yang ada di Smartphone Lumia.

Windows phone adalah salah satu OS yang di gunakan di Smartphone yang ada di pasaran. Windows Phone bisa dibilang OS paling muda. umurnya kurang lebih sekitar 2-3 tahun (Awal komersial di tahun 2012). karena masih muda, Windows Phone masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan OS yang lebih dahulu ada seperti Android dan IOS yang ada di IPhone. Namun, Windows Phone memiliki Microsoft berserta Divisi Mobile dari Nokia yang dibeli oleh Microsoft dibelakangnya yang siap untuk membuat Windows Phone menjadi lebih baik. 

Berikut akan saya berikan sedikit kelebihan dan kekurangan Windows Phone 8 Dibandingkan Android dan IOS IPhone :

 

1. Windows Phone Lebih Ramah akan RAM/Memory

Mungkin anda sering melihat Smartphone Lumia yang memakai Ram hanya 512 MB saja. Pasti anda langung membandingkanya dengan Android dengan Ram yang sama. Well itu tidak bisa dibandingkan karena Windows Phone berbeda. Windows Phone memiliki manajemen Ram yang baik. Walaupun Ram 512 MB, namun Windows Phone bisa multitask dengan lancar.

Berikut video tester dari beberapa Smartphone Lumia 512 MB saat multitask biasa :

 

Walau memakai Ram 512 MB, tapi bisa berjalan dengan lancar untuk multitask. jadi tidak usah cemas akan masalah performa.

Lalu bagaimana dengan game min ??

Dead Target : Zombie salah satu game default untuk Windows Phone 8 

Untuk Game, Windows Phone memakai prinsip yang sama dengan Konsol. Dimana Developer yang menyesuaikan ke hardware pengguna. tidak seperti Android yang sebaliknya. Dimana vendor Smartphone lah yang menyesuaikan kebutuhan Developer. Al hasil banyak game berat yang lancar di Ram 512 MB saja.

Berikut beberapa contoh testnya di youtube yang di test di Lumia dengan 512 MB saat main game Asphalt 8 :

 

Anda bisa lihat, Game tersebut bisa lancar di mainkan. Namun harap di ingat. Game selain ram, bergantung juga kepada processor yang dipakai. Untuk game berat, processor Snapdragon dengan GPU sekencang Adreno 305 wajib minimal ada. Kabar baiknya hampir rata-rata Windows Phone terbaru, memenuhi syarat diatas. Kecuali Lumia 530.

 

2. Dijamin Update Oleh Microsoft

Microsoft memberikan update secara bertahap ke pengguna Windows Phone. Update ini berlaku untuk semua perangkat Windows Phone termasuk non Lumia seperti Samsung Ativ S. Tapi Kabar baiknya, Khusus Nokia (Sekarang Microsoft Mobile) menambahkan beberapa fitur di Nokia Lumia dan memfix beberapa bug yang ada di Nokia Lumia series. Update ini memiliki nama imut yang anda bisa lihat di grafik dibawah ini :

 

Di 1 tahun saja ada 4 update. Menariknya, Microsoft menjanjikan membawa update Windows 10 for Phone untuk perangkat Windows Phone. Termasuk dengan Ram 512 MB. Sedangkan Android, untung-untungan. Walau Google merilis versi terbaru, itu juga tidak menjamin vendor Smartphone anda meluncurkan updatenya. Kadang dapat update firmware saja sudah syukur.

3. Tampilan Anti Mainstream Live Tiles akses Aplikasi Lebih Mudah  

Anda yang bosan akan tampilan Smartphone yang itu-itu saja 

Sekilas, mungkin Live Tiles yang kotak-kotak ini akan terasa aneh saat menggunakanya. Namun perlahan anda akan menyadari Live Tiles ini bermanfaat. Mengapa tidak, notifikasi seperti BBM, Whatsapp, Facebook, SMS, Telpon dsb bisa langsung di hadirkan langsung di layar. Untuk aksesnya tinggal klik langsung di layar.

Menariknya, Live Tiles ini tidak terlalu memakan banyak battery. Salah satu efeknya adalah karena tampilan Modern UI yang simple tidak memakan banyak resource. Modern UI ini bahkan perlahan tapi pasti, ditiru oleh IOS dan Androidnya loh.

4. Lebih Minim Iklan dan Junk Apps

Well di Windows Phone juga ada yang namanya iklan. Di aplikasinya. Namun, banyak Developer tidak memilih metode iklan sebagai fokus utama. Banyak Developer memilih menjadikan aplikasi berbayar. Itulah kenapa di Windows Phone Store lebih banyak aplikasi yang berbayar…

GameHUB store Game khusus Gameloft bawaan Lumia Windows Phone 8.1 diisi dengan berbagai game bahasa indonesia yang menarik

Eittss… tapi tunggu dulu. Tidak wajib memakai kartu kredit/debit loh… Store di Windows Phone support dengan pembelian memakai pulsa. Itu juga rata-rata seharga paling mahal 20 ribuan untuk aplikasi dan 50-100 ribuan untuk Game HD. Saya yakin ini tidak seberapa dibandingkan dipenuhi banyak iklan. Walaupun begitu, yang freeware juga banyak kok. Mau coba sebelum beli ?? beberapa developer juga berikan demo secara gratis.

IOS dan Windows Phone mungkin agak terkesan memaksa kita membeli aplikasi. Namun ini lebih baik. Developer menjadi lebih semangat dan fokus ke develop aplikasi. Anda juga tidak akan menemui notif gak jelas. Anda bisa mematikanya langsung di pengaturan kalau ada notif yang tidak anda inginkan. Di Android agak susah untuk melakukan ini.

5. Banyak Fitur Unggulan

Windows Phone banyak fitur unggulan, yang beberapa tidak ada di platfrom lain. Seandainya ada harus pakai cara khusus.

Berikut fitur-fiturnya :

A. Microsoft Cortana : Cortana adalah fitur Voice Assistant yang bisa memandu anda untuk melakukan kegiatan mobile dengan memerintahkan Smartphone lewat suara anda. anda dapat mencari jalan, mencari info tentang restoran bahkan mengajak ngobrol juga.

B. Storage Sense (Sensor Data) : Fitur ini memungkinkan anda untuk memanage storage yang ada di Smartphone anda. selain itu, dengan fitur ini anda bisa menginstal aplikasi di memory card yang anda gunakan. Anda tidak perlu settingan ini itu, karena saat di setting, aplikasi akan langsung di pindah ke memory card.

Related Post

Jadinya, saat mau main game HD, anda tinggal beli memory card Micro SD Class 10 dengan ukuran besar. di Android, Google menghapus fitur serupa. Membuat pengguna mengoptimalkan memory internal saja. Seandainya ada harus pakai root yang agak ribet. Sedangkan di IPhone tidak ada fitur ini sama sekali.

 

C. Network Sense : fitur ini berguna untuk memanage penggunaan internet anda. anda tidak perlu takut kecolongan pulsa karena kelebihan quota.

Anda bisa mengatur pembatasan quota sesuai dengan yang anda beli. Saat quota anda habis, smartphone tidak bisa mengakses internet lagi. simple, namun dapat mencegah kehilangan pulsa , mengingat beberapa operator langsung menghabiskan pulsa yang ada, saat quota habis.

D. Battery Saver : fitur ini adalah fitur penghemat daya. Salah satu fungsinya adalah saat menjelang battery habis di angka 15% maka layar smartphone akan meredup, aplikasi latar belakang di blok untuk berjalan sehingga lebih menghemat battery.

Di Android, hanya ada beberapa vendor yang pakai fitur ini salah satunya adalah Sony dan Samsung yang membenamkan fitur yang serupa. untuk native tidak membawa fitur seperti ini. 

5. Kualitas Hardware di Perhatikan oleh Microsoft

Untuk Android, karena memiliki terlalu banyak vendor. maka kita akan menemukan beberapa Smartphone low-end yang memiliki kualtas yang agak jauh dengan perangkat atas.

Di Windows Phone, Microsoft mensetarakan kualitas. Sebut saja untuk Processor yang dipakai, Microsoft hanya menggunakan Qualcomm Snapdragon saja Dual/Quad Core dengan GPU min Adreno 302. Untuk semua perangkat baik Lumia atau tidak. Dikarenakan, selain teknologi Snapdragon yang terbaik, ini memudahkan Developer dalam membuat aplikasi karena dibangun berdasarkan satu processor. 

Kekurangan :

Setelah membahas tentang kelebihan, akan lebih baik juga membahas tentang kekuranganya. Berikut kekurangan dari Windows Phone dibandingkan Android dan IOS yang ada di IPhone.

1. Lebih Sedikit Aplikasi dibandingkan IOS dan Android

Karena termasuk OS yang baru, dibandingkan keduanya, Windows Phone ini menjadi urutan terakhir dalam urusan jumlah aplikasi.

Namun, walaupun begitu, Microsoft giat menggaet Developer untuk membujuk membuat aplikasi ke OS ini. Sebut saja aplikasi wajib rakyat indonesia seperti BBM, Whatsapp, Line, Wechat, Path, Skype, dsb sudah hadir di Windows Phone. Untuk Game, Microsoft menggandeng nama besar seperti EA, Gameloft, Zynga, Square Enix dsb untuk membuat game di platfrom ini.

2. Hanya ada satu brand, yaitu Nokia/Microsoft Mobile saja

Memang ini adalah salah satu kekurangan dari Windows Phone. Dahulu ada HTC (dengan HTC 8S), Samsung (dengan ATIV) dan Smartfren (dengan Smartfren Windows) namun. Sekarang Lumia menjadi yang utama, karena ketiga brand tersebut fokus ke Android.

Namun, menurut rumor Windows 10 dirumorkan Sony dan LG akan membuat Smartphone Windows Phone kembali.

3. Tidak bisa ganti ROM/Custom ROM seperti di Android

Ini mungkin kekurangan bagi yang tukang oprek. Dimana Windows Phone tidak bisa ganti ke Custom Rom, seandainya bisa pun akan susah. Untuk anda yang terbiasa oprek untuk ganti ROM, anda tidak bisa melakukanya di Android. Bahkan untuk Jailbreak saja, para Hacker ternama susah melakukanya.

4. File management yang sulit

File management yang dimaksud adalah contoh, saat di Android anda mau taruh file music difolder mana saja, maka akan terdeteksi di player anda. sedangkan Windows phone tidak. Saat anda memasukan memory card kosong, perangkat akan otomatis membuat 5 folder yaitu Music, Videos, Picture, Downloads serta Document. Kalau anda ingin memasukan lagu, maka harus tepat berada di folder Music. Apabila anda memasukan file itu di folder Videos, maka tidak akan terdeteksi aplikasi.

Beruntung, kita bisa membuat Sub folder di folder tersebut. Ditambah, minus File manager, anda harus mendownload File manager di Store sebut saja Files (rancangan Microsoft) dan Aerize Explorer adalah salah satunya.

5. Office yang perfect namun wajib memory internal

Di Windows Phone, sudah di bundling dengan software Microsoft Office untuk membuka dan edit file berbasis Word, Excel maupun Powerpoint. Dari segi fitur, walaupun tidak mirip sekali dengan versi Desktop, kita diharuskan menyimpan dokumen di memory internal.

Sama seperti Memory Card, secara default,  akan dibagi menjadi 5 folder yaitu Music, Videos, Picture, Downloads serta Document. Anda harus menaruh file Office di memory internal di folder Document. Ini agak membuat sedikit kesulitan.

Namun, kabar baik. Microsoft direncanakan akan membawa Office terbaru bertajuk “Office Universal” Office ini merupakan versi port langsung yang ada di Desktop. Fitur seperti Ribbon akan hadir. Insya Allah masalah diatas akan teratasi.

7. Smartphone Windows Phone 7 tidak mendapatkan update ke Windows Phone 8 

Mungkin ini adalah kekurangan yang paling buruk dari Windows Phone. untuk pengguna Windows Phone 7 tidak akan mendapatkan update untuk Windows Phone 8. ada banyak alasan mengapa hal ini terjadi. untuk official yang resmi, Microsoft menyebutkan Processor yang dipakai di Windows Phone 7 (berbasis Snapdragon Scorpion) tidak bisa dipakai untuk OS Windows Phone 8. namun, saya pribadi agak sangsi dengan alasan ini.

Ternyata, setelah saya mencarinya. Alasan sesungguhnya kenapa bisa Windows Phone 7 tidak mendapatkan update ke Windows Phone 8 dikarenakan masalah Kernel. Kernel ini ibarat Roh dari OS yang anda pakai. untuk Windows Phone 7 memakai Kernel Windows CE yang agak lawas. Kernel ini digunakan di Windows khusus untuk perangkat non PC (Embedded). Sedangkan Windows Phone 8 terbaru, memakai Kernel terbaru bernama Windows NT. 

Windows NT tidak seperti Windows CE, Windows NT digunakan juga di WIndows 8 yang ada di PC/Mobile. walaupun Windows Phone 7 harus merasakan pahitnya tidak bisa update, tapi Microsoft menjanjikan update untuk Windows 8 ke Windows 10 sebagai gantinya. dikarenakan WIndows 10 memakai Kernel Windows NT. Karena Windows PC, Mobile dan Smartphone pakai satu kernel, Microsoft berencana mempermudah Developer untuk membawa aplikasi PC ke Smartphone Windows Phone miliknya. 

Sekian dari saya. Tulisan ini tidak bermaksud untuk agungkan Windows Phone. Tulisan ini hanya untuk tujuan edukasi. Semoga bisa menjadi bahan referensi anda untuk memilih OS Windows Phone ini.

This post was last modified on 21/10/2019 16:05

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...