List Aplikasi Video Conferencing Gratis Untuk Rapat dan Kerja Kantoran di Rumah

List Aplikasi Video Conferencing Gratis Untuk Rapat dan Kerja Kantoran di Rumah

Pada saat ini sedang mewabah virus COVID-19 yang mengharuskan berbagai kalangan masyarakat sehingga membuat para pekerja terutama dari perkantoran untuk bekerja di rumah, pada kali ini admin akan memberikan list aplikasi video conferencing terbaik yang bisa anda gunakan bersama rekan kerja anda di rumah kabar baiknya sebagian besar menyediakan opsi gratis.

Berikut List Aplikasi Video Conferencing Gratis Untuk Kerja Kantoran di Rumah

1. Cisco Webex 

Website : https://www.webex.com/ 
Harga : Gratis (terbatas, tersedia versi berbayar)
Penyedia : Cisco
Platform : Android ,iOS, Mac, Web Browser, Windows Desktop

Cisco Webex merupakan layanan video conferencing dari Cisco yang menghadirkan HD video conferencing dengan kualitas video dan jaringan yang baik khas layanan Cisco, terdapat opsi akun gratis dimana anda akan mendapatkan layanan HD video conferencing dengan 3  partisipan dengan 40 maksimal waktu penggunaan, screen sharing di aplikasi desktop dan mobile dan layanan rekam desktop terbatas.

Tersedia juga opsi berbayar dengan beragam harga dengan penambahan berbagai fitur serta peningkatan partisipan hingga 50 pengguna dengan 40 menit waktu penggunaan. Cisco juga merespon akan wabah COVID-19, Cisco menyediakan opsi khusus dengan menyediakan paket HD video conferencing hingga 100 partisipan dengan opsi penggunaan tidak terbatas pengguna hanya butuh akun berbayar dan menghubungi pihak sales untuk merubah ke paket khusus ini (info selengkapnya silahkan lihat di: https://help.webex.com/en-us/n80v1rcb/Cisco-Webex-Available-Free-in-These-Countries-COVID-19-Response)

2. Microsoft Team 

Website : https://teams.microsoft.com/downloads
Harga : Gratis (terbatas, tersedia versi berbayar)
Penyedia : Microsoft
Platform : Android ,iOS, Mac, Linux (Deb)/RPM), Windows Desktop

Microsoft Team merupakan aplikasi layanan video conferencing terkenal dari Microsoft, sama halnya dengan penyedia jasa layanan serupa Microsoft juga merespon akan efek Work From Home akhir-akhir ini dengan menghilangkan berbagai limitasi yang ada pada versi gratisnya per tanggal 1 Maret 2020. Sehingga pengguna kini akan mendapatkan akses hingga 300 partisipan, dukungan fitur guest serta akses penuh fitur unggulan seperti panggilan grup video dan audio, document sharing dan editing via Office online, shared file 10GB per team dengan 2GB maksimum file upload dsb.

Tidak hanya itu bagi lembaga non-profit seperti rumah sakit, edukasi atau LSM yang membutuhkan layanan meeting yang lebih handal per bulan Maret 2020 ini Microsoft juga menyediakan akses gratis 6 bulan Office 365 E1 Trial yang berisikan Microsoft Team juga di dalamnya dengan tambahan berbagai fitur yang bermanfaat untuk kegiatan full meeting seperti email bisnis, penyimpanan dan berbagi file, rapat, dan pesan instan yang lebih baik. Anda hanya cukup menghubungi perwakilan Microsoft terkait untuk mendapatkan layanan gratis tersebut info selengkapnya tentang penawaran Office bisa dilihat pada : https://docs.microsoft.com/en-us/microsoftteams/e1-trial-license 

3. Zoom 

Website : https://zoom.us/
Harga : Gratis (terbatas, tersedia versi berbayar)
Penyedia :  Zoom Video Communications, Inc.
Platform : Android ,iOS, Mac, Web, Windows Desktop

Walaupun kurang terkenal di dalam negeri namun Zoom sudah terkenal di luar negeri dan sama dengan yang lain merespon tentang wabah COVID-19 ini dengan menghadirkan layanan video conference tanpa batas untuk Tiongkok, walaupun daerah di luar Tiongkok tak mendapatkan ha; serupa namun untuk akun gratis dari Zoom sendiri sudah menawarkan banyak keunggulan diantaranya HD video conference hingga 100 partisipan dengan limit 40 menit per sesi tanpa batasan sesi per hari, group chatting, screen sharing dan keamanan via AES 256 bit.

4. Slack 

Website : https://slack.com/intl/en-id/
Harga : Gratis (terbatas, tersedia versi berbayar)
Penyedia :  Slack Technologies, Inc
Platform : Android ,iOS, Mac, Web, Windows Desktop

Slack tidak memberikan promo atau insentif khusus saat ini namun Slack telah menyediakan layanan video conference gratis dengan beberapa fitur unggulan seperti pembuatan channel private & public tanpa batas,. kapasitas pesan chat hingga 10.000,  1:1 HD voice and video antar anggota tim dan akses cepat hingga ke 10 aplikasi pihak ketiga yang sudah bekerjasama seperti GMail, Office365, Google drive dll dalam satu aplikasi.

5. Zoho Meeting

Website : https://www.zoho.com/meeting/
Harga : Gratis (terbatas, tersedia versi berbayar)
Penyedia : Zoho Corporation Pvt. Ltd
Platform : Android ,iOS, Mac, Web, Windows Desktop

Zoho sama seperti Slack tidak memberikan promo atau insentif khusus saat ini namun Zoho juga menyediakan versi gratis dengan terdiri dari fitur seperti HD Video conference dengan  dukungan hingga 3 partisipan per meeting dan Webinar hingga 10 partisipan per sesi, unlimited chatting antar partisipan, screen sharing, polling antar partisipan dan gratis form webinar yang bisa di kustomisasi.

Terima kasih info tentang List Aplikasi Video Conferencing Gratis Untuk Rapat dan Kerja Kantoran di Rumah semoga bermanfaat! Harap sertakan sumber apabila anda ingin copas isi artikel.

Tags: rapat dan kerja kantoran di rumah video conferencing Work From Home

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.