Categories: Hardware

List Power Supply Harga Murah 2020 PC Desktop Rakitan

List Power Supply Harga Murah 2020 Komputer PC Desktop

Percikan api yang keluar dari Power Supply abal-abal saat di uji-coba menandakan kualitas kurang baik (Sumber: DocTB)

Power Supply adalah salah satu komponen terpenting PC dimana ibarat tubuh adalah PC maka power supply adalah “jantung” oleh karena itu apabila “jantung” ini rusak maka bagian tubuh lainnya pun akan rusak. Pada artikel ini saya akan berikan beberapa rekomendasi power supply kualitas baik dengan harga murah (di bawah 1 juta Rupiah).

Sebelum kita bahas lebih lanjut berikut ciri-ciri power supply baik untuk PC desktop anda:

  • Sesuai: Pastikan rating power supply sesuai dengan spesifikasi PC anda untuk PC low-end dengan vga onboard atau IGP rata-rata hanya mengkonsumsi daya sekitar 150-200W sedangkan untuk vga card di atas 200-250W, walaupun untuk komponen PC sekarang semakin efisien akan tetapi saya tidak menyarankan untuk menggunakan PSU murah ini untuk PC High-end (misal Ryzen 9 dengan RTX 2070) walaupun secara teori bisa menyala namun beban dihadirkan lebih besar sehingga disarankan menggunakan PSU kelas atas (harga di atas 1 juta) yang memiliki komponen lebih baik.Untuk mengukur berapa rating Watt yang tepat bisa menggunakan PSU Calculator yang disediakan vendor power supply salah satunya: https://www.coolermaster.com/power-supply-calculator/
  • Proteksi: Power supply yang baik pastinya memiliki proteksi yang baik umumnya hadir dalam kombinasi IC controller khusus dengan komponen tertentu untuk hasilkan proteksi yang baik, terdapat banyak standar proteksi seperti OVP, OPP, OCP, SCP, OTP dan BOP , minimal yang disarankan ada adalah OVP/OCP/SCP namun pastinya semakin banyak semakin baik.
  • Efisiensi (Optional): Power supply terdapat standar 80+ yang mendefinisikan efisiensi dari keluaran power supply tersebut dan dibagi menjadi beberapa kategori Bronze, Silver, Gold dsb info lengkapnya bisa anda lihat disini fitur 80+ ini tidak menentukan kualitas melainkan efisiensi jadi tidak harus menjadi rujukan utama dalam mencari power supply mengingat beberapa vendor ada yang tidak mengajukan test untuk sertifikasi 80+ demi memotong biaya produksi walaupun produk miliknya lolos secara teknis 80+ , fitur efisiensi lain adalah 2013 ErP/EuP ini adalah standar yang mewajibkan komponen untuk menggunakan listrik di bawah 1W saat kondisi dimatikan fitur ini adalah optional mengingat anda harus butuh motherboard yang mendukung fitur tersebut pula.
  • After Sales: Pastikan power supply  yang anda beli memiliki after sales yang baik karena power supply sama seperti barang elektronik lainnya terkadang tidak lepas dari masalah dimana pihak distributor dan after sales yang baik akan membantu anda.
  • Testimoni: Walaupun pada artikel ini saya akan berikan beberapa listnya, namun anda bisa mencari review dan testimoni pengguna di berbagai forum/grup sosial media untuk melihat lebih jelas kualitas dari power supply yang anda ingin beli, hal ini karena setiap power supply memiliki daya tahan yang berbeda walaupun vendor sudah bekerja keras menguji dengan simulasi stress test namun tidak mengalahkan kevalidan informasi pengujian pengguna langsung.

List Power Supply 

Related Post

Tampilan atas fan dengan Logo DA

  1. FSP HV Pro *(Harga 600 ribuan (500W) dan 700 ribuan (650W) : Power supply ini ditargetkan oleh FSP untuk menggantikan produk legendaris sebelumnya HV Pro terdapat peningkatan seperti telah tersertifikasi 80+, fitur DC to DC yang bermanfaat di PC terbaru dan standar keamanan tambahan OPP.
  2. Antec VP500P *(Harga 500 ribuan (500W)): Antec merk yang terkenal produk power supply ini hadirkan Antec VP500 Plus harga terjangkau, terdapat garansi 3 tahun memiliki fitur lumayan lengkap seperti sudah sertifikasi 80+ Bronze, pelindung kabel untuk 24 pin, active PFC dan proteksi lumayan lengkap (UVP/OVP/SCP/OPP/NLO).
  3. BeQuiet U9 *(Harga 700 ribuan (400W), 800 ribuan (500W), 900 ribuan (500W)): BeQuiet produsen asal Jerman ini menghadirkan power supply dengan harga terjangkau namun dengan fitur lengkap seperti sertifikasi 80+ Bronze, PFC, DC to DC, pelindung kabel dan  proteksi lumayan lengkap (OCP,OVP,UVP,OTP,OPP).
  4. Seasonic S12III *(Harga 700 ribuan (450W), 800 ribuan (500W), 900 ribuan (650W): Seasonic dikenal sebagai vendor yang memproduksi power supply baik untuk dirinya sendiri maupun vendor lain, Seasonic S12III power supply dengan harga terjangkau fitur yang dihadirkan cukup lengkap seperti sertifikasi 80+, active PFC, smart silent fant (Seasonic S2FC), proteksi lumayan lengkap (OPP, OVP, UVP, SCP)
  5. Corsair CV Series* (Harga 700 ribuan (450W), 800 ribuan (550W), 900 ribuan (650W)): Seri VS Series dari Corsair ini sudah lama ada dan kini hadirkan varian baru dengan warna tema putih yang ditingkatkan kualitas kabel dan fan, fitur yang hadirkan sama lengkapnya seperti Active PFC, pelindung kabel 24 pin dan proteksi lengkap (OCP,OPP,OTP,SCP,NLO,SIP Surge).
  6. 1st Player DK 5.0/DK6.0 *(Harga 500 ribuan (400W), 600 ribuan (500W), 700 ribuan (500W Modular), 900 ribuan (DK 6.0 600W Modular)) : 1st Player tampil dengan agresif untuk lini low-value tidak tanggung-tanggung terdapat banyak seri dengan pilihan modular dan non-modular serta terdapat versi DK6.0 dengan jumlah kabel ekspansi lebih banyak, fitur yang dihadirkan cukup lengkap seperti sertifikat 80+ Bronze aktif PFC, Kapasitor utama Made in Japan, fitur ErP dan perlindungan lengkap (UVP,OPP,OVP,OTP,SCP).
  7. Super Flower Bronze KING *(Harga 700 ribuan (450W), 800 ribuan (500W): Super Flower merupakan salah satu merk lawas salah satu produk power supply Super Flower Bronze King menghadirkan fitur lengkap seperti sertifikasi 80+ Bronze, Active PFC, Kapasitor 105C Made in Japan, silent fan dan proteksi cukup lengkap (OPP,UVP,OVP,SCP,OCP).
  8. Cooler Master MWE V2 (Harga 700 ribuan (450W), 800 ribuan (550W), 900 ribuan (600W), 950 ribuan (650W) : Cooler Master juga ikut hadirkan power supply untuk kelas low value seri MWE V2, pada versi  kedua hadirkan warna putih baru dengan fitur DC to DC terbaru fitur lainnya sama lengkapnya dengan sebelumnya seperti telah tersertifikasi 80+ Bronze, Active PFC,  perlindung kabel dan juga proteksi lumayan lengkap (OVP, OPP, OTP, SCP, UVP).
  9. EVGA BT Series 600 ribuan (450W): EVGA brand yang terkenal dengan vga card K1ngpin series ini juga hadirkan power supply murah, seri BT Series hadirkan fitur lengkap seperti Active PFC, ErP Lot 6 2013, pelindung kabel dan proteksi lumayan lengkap (OVP,UVP,OCP,OPP,SCP).
  10. Digital Alliance DEGEN 350W (Harga 300 ribuan):  Bagi anda yang memiliki PC baik terkini atau jadul dengan spesifikasi rendah misal dengan menggunakan IGP saja dengan budget terbatas (karena kebutuhan untuk sekolah misalnya), PSU ini cocok menjadi pilihan harganya yang murah dan fitur lengkap seperti Active PFC, pelindung kabel dan proteksi OVP/OCP/SCP.Kebetulan admin juga telah reviewnya yang bisa dibaca pada: https://www.sutamatamasu.com/info-unboxing-digital-alliance-gaming-350w-psu-cocok-untuk-icafe-dan-warnet/
  • Hanya untuk referensi saja, harga dapat berubah sewaktu-waktu

Sekian informasi dari saya semoga bermanfaat bagi anda, apabila ada yang ingin copas artikel harap sertakan sumber.

 

 

This post was last modified on 05/08/2020 00:42

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...