Mediatek Umumkan 2 Varian Processor 10 Core Up to 3Ghz Core Clock dengan Fabrikasi 10nm TSMC

Taiwan : 22 September 2016

Mediatek sebagai perusahaan fabless terkemuka. diberitakan Umumkan 2 Varian Processor 10 Core dengan Fabrikasi 10nm TSMC untuk Tahun 2016.

mediatek-helio-logo

Mediatek sebagaimana kita ketahui adalah perusahaan yang terkenal akan Processor untuk Smartphone miliknya. awalnya, Mediatek hanya menyasar kelas menengah kebawah. namun semenjak dirilisnya seri Helio series. Mediatek mulai menunjukan eksistensi di ranah pangsa processor kelas menengah keatas. strategi Mediatek agak berbeda dengan produsen lain seperti Qualcomm dan Samsung yang mulai develop custom ARM Core sendiri. Mediatek tetap menggunakan IP ARM Cortex. namun, dengan hadirkan dengan banyak Core.

mediatek-umumkan-2-varian-processor-10-core-up-to-3ghz-core-clock-dengan-fabrikasi-10nm-tsmc-2

Konsep 10 Core “Tri Cluster” ini di klaim Mediatek hadirkan penggunaan daya lebih rendah

Tentu, Mediatek menggunakan prinsip yang sama seperti big.LITTLE yakni ada Cluster (aka gabungan) Core yang kencang sendiri untuk high load apps dan Cluster Core yang hemat daya untuk task yang makan rendah resource seperti browsing. untuk mengatur agar suhu tidak berlebih plus mengatur penggunaan masing-masing Core. Mediatek hadirkan Core Pilot sebuah comunication module yang ada di Processor.

Nah, kabarnya Mediatek di tahun 2016 ini akan kembali mengebrak pasar dengan Processor “many-core” miliknya. Mediatek dikabarkan akan hadirkan 2 buah Processor untuk Smartphone/Tablet berbasis SoC dengan fabrikasi 10nm FinFET !!! Processor tersebut adalah Mediatek Helio X30 untuk pangsa pasar smartphone high-end 2016 serta Mediatek HelioX35 untuk pangsa pasar smartphone untuk akhir 2016/2017.

mediatek-umumkan-2-varian-processor-10-core-up-to-3ghz-core-clock-dengan-fabrikasi-10nm-tsmc-3

Pertama kita bahas untuk HelioX30 hadir dengan spesifikasi “10 Core” dengan memakai kombinasi 4 buah Core ARM Cortex A73 yang digunakan untuk High Performance Core seperti bermain game atau edit multimedia. serta 4 buah ARM Cortex A53 yang digunakan untuk High Performance Core juga, namun lebih diperuntukan untuk multitask. serta 2 buah ARM Cortex A53 yang digunakan untuk penggunaan aplikasi latar belakang seperti sinkron pesan, email dsb. untuk menjamin efisiensi. Mediatek hadirkan CorePilot sebuah module tambahan yang sudah built in pengganti AMBA dari ARM untuk mengatur penggunaan dari masing-masing Core. serta dengan memakai fabrikasi 10nm FinFET. membuat Processor ini lebih efisien dibandingkan sebelumnya.

mediatek-umumkan-2-varian-processor-10-core-up-to-3ghz-core-clock-dengan-fabrikasi-10nm-tsmc-4

Sedangkan untuk Helio X35 hadir dengan fabrikasi 10nm FinFET serta memiliki Deca Core juga. namun, sepertinya Mediatek bisa hadirkan optimalisasi yang bisa hadirkan Processor ini bisa berjalan up to 3 Ghz untuk 4 buah High Performance ARM Cortex A73. untuk Core yang lain, belum diketahui berapa Clock Speed nya. namun, kemungkinan akan naik juga.

Selain dari komponen Core yang diatas. keduanya kurang lebih memakai komponen yang sama. seperti

  • PowerVR 7XT quad-core GPU (Sama yang digunakan pada IPad Pro/IPhone 6)
  • Support 8 GB LPDDR4 Ram Memory
  • Modem Cat. 12 LTE support, 3CA support
  • Support UFS 2.1 High Speed Memory Card
  • Dual ISP Up to 26MP

Seperti yang saya sebutkan diatas, Mediatek akan hadirkan Processor ini ditahun 2016 dan 2017 nanti. dari sini saja, kita bisa melihat bagaimana ganas nya Processor saat ini.

Sumber : Digitimes, GSMArena, UnboxPH

 

Tags: processor mediatek terbaru processor smartphone 10nm

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.