Memilih HSF Pendingin Processor Berdasarkan TDP (Thermal Design Power)

Memilih HSF Pendingin Processor Berdasarkan TDP (Thermal Design Power)

Processor merupakan komponen terpenting pada sebuah komputer mengingat hadir sebagai “otak inti” untuk proses data pastinya membutuhkan pendingin yang mumpuni umumnya disebut CPU cooler, terbagi menjadi tiga jenis yakni HSF (heatsink fan), liquid cooler dan custom cooler.  Pada kali ini saya akan membahas cara memilih pendingin yang tepat untuk processor berdasarkan TDP, memang produsen processor sudah memberikan  pendingin processor gratis, namun sayangnya tidak semua cocok dengan TDP processor masing-masing. 

TDP Processor bisa di cek pada aplikasi CPU-Z

TDP (Thermal Design Processor) seringkali di salah artikan dengan konsumsi daya processor, namun sebenarnya itu adalah satuan untuk mengukur pendingin berdasarkan panas yang dikeluarkan oleh processor per detik. Walaupun baik AMD maupun Intel agak sedikit berbeda dalam menentukan berapa TDP processor miliknya, namun keduanya sepakat untuk rekomendasikan pengguna agar memilih pendingin processor pihak ketiga berdasarkan TDP yang mereka sudah tentukan. 

Rekomendasi HSF Pendingin Processor Berdasarkan TDP (Thermal Design Power)

1. TDP 5-25W 

Gambar 1

Pertama dimulai dari yang kecil yakni 5-25W biasa hadir pada processor low-power untuk pasar HTTPC (Home Theater PC) seperti Pentium Silver atau Athlon 5350, TDP range seperti ini sangat aman untuk memakai HSF saja seperti gambar 1 diatas tanpa overheating inilah mengapa sering dipakai untuk HTTPC yang sering dipakai untuk ruangan keluarga yang butuh ketenangan. 

2. TDP 35-65W 

Gambar 2: HSF bawaan processor Intel

Gambar 3: Deepcool Gamaxx 200

Processor dengan rating TDP 35-65W umumnya didominasi oleh processor kelas low-end yang umumnya digunakan untuk Office dan E-Sport gaming sebut saja Pentium Gold, Core i3 dan Ryzen 3 APU, pendingin bawaan vendor sejatinya sudah cukup namun apabila anda merasa kurang puas anda bisa membeli HSF dengan ciri-ciri seperti diatas dual heatpipe dengan single fan sudah cukup untuk TDP 65W. 

3. TDP 95W-125w 

Gambar 4: Wraith Max pendingin bawaan AMD Wraith MAX dan Prism versi RGB nya

Pada range TDP ini sebagian besar diisi oleh processor kelas menengah ke atas untuk processor Intel terkini sudah tidak menyertakan HSF bawaan khas miliknya di paket penjualan, namun untuk AMD menyertakan HSF Wraith MAX pada processor AMD Ryzen 7 dan FX 8000 yang sudah setara dengan HSF pihak ketiga dengan TDP 125W jadi tidak diwajibkan untuk membeli HSF pihak ketiga lagi.

Gambar 5

 

Gambar 6: Contoh pendingin liquid cooling

Apabila anda merasa kurang puas terdapat pilihan untuk membeli HSF high-end dengan ciri-ciri dual fan 12 inch dengan heatpipe berjumlah 4-8 unit atau terdapat juga opsi liquid cooling yang bisa anda pilih pendingin jenis bisa hadirkan performa pendingin yang lebih baik, namun pemakaian harus hati-hati karena terdapat resiko bocor disarankan untuk membaca buku manual dengan baik dan benar. 

4. TDP 150-250W 

Gambar 7: Pendingin untuk Watt tinggi Sumber : www.relaxedtech.com/

Processor dengan TDP di atas 125W umumnya di dominasi oleh kelas HEDT (High-end Desktop) PC seperti Intel Core i Extreme Series dan AMD Ryzen Threadripper dengan performa yang kencang serta jumlah Core yang berlimpah tentu dibutuhkan pendingin yang handal, anda bisa memilih HSF kelas atas seperti Noctua NH-D15 atau liquid cooling close loop dual-triple fan. 

Cara Mengetahui Konsumsi Daya PC Desktop Yang Tepat 

wattmeter

Kalau bukan dari TDP lalu gimana caranya ukur konsumsi daya processor yang akurat? 

Satu-satunya cara yang paling akurat adalah menggunakan watt meter. alat ini di colokan di steker PC anda. nanti akan hasilkan berapa watt yang di gunakan oleh PC anda keseluruhan, anda bisa membelinya di toko online terkenal. 

Terima kasih sudah membaca, apabila ingin mengutip harap sertakan sumber.

Tags: cara pilih kipas processor cara pilih pendingin processor HSF kipas processor Liquid cooling

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Sumi6 months agoReply

    Admin terima kasih banyak, saya jadi tahu gegara baca artikel ini. artikelnya sangat informatis sekali🙏

    • author

      Sutama Tamasu (Author)6 months agoReply

      Sama-sama gan, saya juga senang dengernya sudah bisa membantu agan.

      Terima Kasih

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.