Memory VRAM GDDR6 Telah di Produksi Masal oleh Samsung dan SK Hynix

Memory VRAM GDDR6 Telah di Produksi Masal oleh Samsung dan SK Hynix Untuk kartu grafis Nvidia Geforce dan AMD Radeon Next-Gen

VRAM adalah salah satu komponen yang terpenting dari sebuah kartu grafis, VRAM dari sebuah kartu grafis berperan sebagai “Frame Buffer” yang menjadi tempat sementara data yang di olah dari chip grafis utama (GPU). VRAM memiliki perbedaan dibandingkan dengan Memory Ram yang ada pada PC yang digunakan. salah satunya adalah pada kecepatan dan karakteristiknya. VRAM yang digunakan vga card berbasis GDDR yang menggunakan Memory Bus tinggi hingga 512 bit lebih tinggi dibandingkan PC yang standart maximal 256 bit (Quad Channel) DDR Memory. untuk perbedaan lengkap bisa lihat di (https://www.sutamatamasu.com/penjelasan-vram-vga-card-serta-perbedaan-ddr3-dan-gddr5-pada-vga-card-radeon-dan-geforce/)

VRAM GDDR6 Diumumkan Siap Di Produksi

VRAM berbasis GDDR sendiri telah memasuki generasi ke enam dengan debut bernama GDDR6, terdapat perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya diantaranya :

  • Up to 16 Gbps tersedia juga versi 14 Gbps dan 12 Gbps. hadirkan 2x transfer speed dibandingkan GDDR5 generasi sebelumnya. sebagai perbandingan vga single GPU terkencang untuk segment consumer yakni GTX 1080 Ti hanya menggunakan GDDR5X dengan 11 Gbps saja. 
  • Lebih rendah suhu dengan 1.35v dibandingkan dengan 1.55 v sebelumnya.
  • Dibangun berdasarkan fabrikasi terbaru 10nm (Samsung) dan 1x nm (SK Hynix belum diketahui).
  • Up to 768 Gbps Bandwith 

Di tahun 2018 ini, terdapat pengumuman dari 2 vendor terkenal yakni Samsung mengumumkan produksi masal 2 VRAM GDDR6 yakni 16 Gbps dan 12 GBps .  

Sedangkan untuk Hynix menyiapkan GDDR6 SDRAM dengan kecepatan 14 Gbps dan 12 Gbps kedua varian ini telah dalam masa produksi. disebutkan juga dalam katalog Ram ini hadir dengan kapasitas 8GB kemungkinan besar akan digunakan pada kartu grafis kelas menengah. 

Sumber : SKHynix, Arstechnica

Tags: GDDR5 VRAM VRAM GDDR6 VRAM GDDR6 Rilis

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)