Microsoft Ubah Kebijakan Hadirkan Feature Update Windows 10 Satu Tahun Sekali

Microsoft Ubah Kebijakan Hadirkan Feature Update Windows 10 Satu Tahun Sekali

Bersamaan dengan perilisan Windows 11 sebagaimana yang kita ketahui banyak pengguna PC desktop dan laptop yang tidak bisa untuk upgrade ke Windows 11, terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah beberapa komponen hardware yang digunakan tidak mendukung, seperti absennya fitur TPM 2.0 yang menjadi syarat untuk upgrade Windows 11. Walaupun tidak mendapatkan upgrade namun pengguna bisa bernapas lega karena Windows 10 akan tetap mendapatkan dukungan update hingga Oktober 2025. 

Belum lama ini ada kabar terbaru lagi yang datang dari Microsoft yang dimana masih berhubungan dengan update Windows 10, selain mengumumkan feature update terbaru yang dinamakan Windows 10 21H2 (Aka November 2021 update), Microsoft juga mengumumkan untuk kedepannya Windows 10 hanya akan mendapatkan update besar (yang dinamai feature update) setahun sekali saja, hal ini lebih sedikit dibandingkan sekarang dimana setahun mendapatkan dua kali update (update spring dan update fall), jadi update besar selanjutnya akan hadir pada bulan November 2022. 

Untuk feature update Windows 10 21H2 sendiri Microsoft tidak menghadirkan perubahan besar mengingat penambahan fitur sudah ada di Windows 11, Microsoft memfokuskan update kepada stabilitas dan keamanan diantaranya: 

  • Dukungan Hash-to-Element protocol untuk protokol keamanan wi-fi WPA3 yang umumnya ada pada wi-fi 6E generasi terbaru, kehadiran fitur tersebut membantu dalam mengamankan dari serangan Dragonblood yang rentan menyerang perangkat wi-fi generasii terbaru. 
  • Fitur Windows Subsystem for Linux dan Azure IoT Edge mendapatkan fitur akselerasi GPU menghadirkan performa yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. 
  • Fitur keamanan Windows Hello for Business mendukung passwordless deployment models untuk memudahkan manajemen IT dalam mengelola keamanan perangkat perusahaan. 

Perubahan update besar (feature update) menjadi satu tahun sekali ini membantu sekali bagi perusahaan atau individu yang sibuk tidak menginginkan gangguan atas update setiap saat, selain pengumuman update di atas pada kesempatan yang sama juga Microsoft mengumumkan mengakhiri dukungan dari Windows 10, version 2004 bagi anda yang masih mempertahankan update Windows 10 version 2004 disarankan untuk segera update. 

Sumber: Microsoft

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
No related post!

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.