Other

MSI Rilis Power Supply MEG Ai1300P Pertama Mendukung Standarisasi ATX 3.0

MSI Rilis Power Supply MEG Ai1300P Pertama Mendukung Standarisasi ATX 3.0

MSI selain dikenal sebagai produsen motherboard dan kartu grafis gaming miliknya, MSI juga mulai dikenal dengan akan produk power supply yang selain menghadirkan build quality juga menampilkan desain premium yang berkelas. Belum lama ini MSI mengumumkan power supply terbaru miliknya MSI MEG Ai1300P dengan rating 1300W yang siap untuk platform PC next-gen karena menjadi yang pertama mendukung standarisasi ATX 3.0 dan mendukung konektor power terbaru 16 pin PCie (12VHPWR). 

Related Post

ATX 3.0 merupakan standarisasi penerus dari ATX 2.0 yang ada saat ini secara sederhana ATX 3.0 menghadirkan suplai daya ke perangkat yang lebih baik dan efisien, salah satu perbedaan yang menonjol dari ATX 3.0 adalah kehadiran dukungan untuk suplai daya kartu grafis next-gen berbasis PCIe 5.0 mencapai hingga 600W, demi mencapai target suplai daya lebih besar maka standarisasi ATX 3.0 menghadirkan konektor power PCIe terbaru diberi nama 12VHPWR  dengan 12 + 4 pin lebih banyak dibandingkan dengan PSU dengan standarisasi ATX 2.0 yang menghadirkan 6 atau 8 pin, 

PCI-SIG organisasi dibalik standarisasi PCIe menyebutkan kartu grafis kelas high-end akan menjumpai keadaan disebut “power excursions” atau yang lebih popular disebut “power spike” dimana vga card sebagai contoh RTX 3090 Ti atau next-gen keadaan normal konsumsi 500W akan menemui keadaan sedot daya melonjak tiba-tiba hingga 1300W selama beberapa detik, MSI sudah memperkirakan hal ini dan menyebutkan telah lulus pengujian yang dilakukan oleh Intel.. sehingga tidak akan menggangu kinerja sistem. 

Fitur lainnya yang dihadirkan oleh PSU MSI MEG Ai1300P seperti multi single rail switch, intelligent fan mode, sertifikasi 80 Plus platinum dan real-time power status. Sayangnya belum diketahui tentang harga dan kapan rilis ke pasar Indonesia. 

Sumber: Videocardz

Disqus Comments Loading...