News

NVIDIA Akhiri Dukungan Driver GeForce GTX 600 & 700 Series (Kepler GPU) Mulai Versi R470

NVIDIA Akhiri Dukungan Driver GeForce GTX 600/700 Series (Kepler GPU) Mulai Versi R470

NVIDIA produsen GPU untuk vga card ternama GeForce mengumumkan berencana akan mengakhiri dukungan driver GeForce GTX 600& 700 series (Kepler GPU) mulai versi R470.

 

Gambar 1: GeForce GTX 680 vga card kelas high-end dari GTX 600 series berbasis GPU Kepler

Related Post

Sedikit flashback tahun 2012 NVIDIA merilis GPU berbasis arsitektur Kepler yang merupakan perombakan besar-besaran dibandingkan arsitektur sebelumnya yakni Fermi yang ada pada GeForce GTX 400/500, berbeda dengan Fermi yang dikritik baik media dan fans akan TDP yang tinggi, NVIDIA mengedepankan efisiensi untuk Kepler menghasilkan vga card yang tetap kencang untuk gaming dengan TDP dan konsumsi daya rendah. Tidak hanya fokus ke efisiensi saja, NVIDIA juga merilis beberapa fitur penting seperti GPU Boost dan ShadowPlay yang kelak menjadi satu dengan game suite Geforce Experience..

Gambar 2: Tabel dukungan driver NVIDIA GeForce Untuk PC Desktop. (Klik Untuk Perbesar

Sayangnya walaupun memegang sejarah penting, NVIDIA memutuskan untuk menghentikan dukungan dari GeForce GTX 600 & 700 Series berbasis Kepler mulai dari versi driver selanjutnya yakni R470. Berakhirnya dukungan driver baru bukan berarti pengguna vga card GeForce GTX 600 & 700 sudah tidak bisa lagi menggunakan vga card miliknya, pengguna tetap bisa menggunakan vga card untuk aktivitas gaming dan harian lainnya namun sudah tidak mendapatkan dukungan optimalisasi untuk game-game terbaru sehingga performa untuk game baru tersebut tidak semaksimal dibandingkan saat masih didukung.

Harap diingat untuk penghentian dukungan driver ini tidak berlaku untuk kartu grafis GeForce GTX 750 & 750 Ti dikarenakan keduanya menggunakan GPU berbasis Maxwell yang bisa anda lihat di gambar 2 masih didukung drivernya sampai sekarang. Kartu grafis laptop GTX 600/700 berbasis Kepler sudah tidak didukung lagi sejak 2019 dimana versi R425 adalah yang terakhir didukung.

Disqus Comments Loading...
Published by