Nvidia Merilis Geforce GTX 1080 Ti Vga Gaming Terkencang dan 4K VR Ready Pertama di Dunia

Amerika Serikat : 1 Maret 2017

Nvidia di ajang GDC 2017 Merilis Geforce GTX 1080 Ti Vga Gaming Terkencang dan 4K VR Ready Pertama di Dunia

Nvidia sebagaimana kita ketahui telah hadirkan kartu grafis dengan arsitektur Nvidia Pascal yakni Nvidia Geforce GTX 10 Series, hadir dalam berbagai lini mulai dari seri kartu grafis low-end yakni GTX 1050 dan GTX 1050 Ti (yang mimin mendapatkan kesempatan untuk hadir dalam peluncuran simak info disini  ), kartu grafis kelas menengah GTX 1060 serta kartu grafis kelas High-end GTX 1080 dan GTX Titan X untuk kalangan antusias. Walau bisa dibilang lengkap, namun terdapat gap dari lini yang hadir yakni diantara GTX 1080 dan GTX Titan X.

Untuk itu Nvidia merilis GTX 1080 Ti yang merupakan vga kelas antusias yang hadir untuk kalangan gamer yang menginginkan kinerja tinggi, hadir dengan Chip GPU GP102 dengan 3584 CUDA Core dengan jumlah yang sama ada di kartu grafis Nvidia Titan X hadirkan performa yang cukup untuk menjadikan kartu grafis ini menjadi kartu grafis single GPU terkencang untuk gaming.

Chip GPU GP 102 “The Big” Pascal untuk mainstream

Nvidia walaupun begitu hadirkan sedikit pengurangan dalam jumlah L2 Cache dan juga ROP dan juga Memory Controller yang membuat GTX 1080 Ti ini memiliki Raw Performance sedikit dibawah GTX Titan X Pascal. Dalam hal Raw performance kartu grafis ini memiliki performa 11.3 TFLOPS of FP32 hadirkan kinerja 28% lebih baik dibandingkan GTX 1080 sebelumnya. Tidak hanya itu kartu grafis ini hadirkan kinerja yang lebih baik dibandingkan GTX Titan X Maxwell sebelumnya. Berikut kutipan CEO Nvidia Jen-Hsun Huang

“It’s time for something new, something that’s 35 percent faster than a GTX 1080, something that’s faster than Titan X  Let’s call it the ultimate GeForce,”

 

4k VR Ready GPU Pertama Di Dunia

Nvidia juga menyebutkan selain menjadi kartu grafis terkencang, GTX 1080 Ti juga hadir sebagai kartu grafis pertama yang mendukung VR dengan resolusi 4K. Seperti yang kita ketahui untuk VR yang digunakan umumnya hanya menggunakan resolusi 2K saja, untuk itulah kartu grafis kelas menengah pun bisa menggunakanya seperti GTX 1060 namun demi hadirkan pengalaman yang lebih baik, VR dengan resolusi 4K pun hadir dan dibutuhkan kartu grafis dengan performa tinggi untuk mewujudkan hal itu.

Vga card ini cukup unik karena hadir dengan Memory Bus 352 bit, ditandai dengan pengurangan jumlah Chip disebelah kanan menjadi 3 buah saja.

GTX 1080 Ti hadir sebagai jawabanya dengan hadirkan Chip GPU yang mumpuni serta 11GB VRAM dengan speed 11Gbps GDDR5X membuat kartu grafis ini siap untuk menjalan VR dengan baik, didukung oleh teknologi Nvidia GameWork membuat developer bisa membuat konten VR yang berjalan optimal di kartu grafis GTX 1080 Ti.

Harga hanya $699 Hadirkan versi Founder Edition

Dengan spesifikasi hampir mendekati GTX Titan X namun kartu grafis ini hadirkan harga yang lebih terjangkau yakni $699 (Sekitar Rp 8 Jutaan) Hadir mulai dari 10 Maret 2017 tersedia juga dalam versi partner seperti NVIDIA GeForce partners, including ASUS, Colorful, EVGA, Gainward, Galaxy, Gigabyte, Innovision 3D, MSI, Palit, PNY dan Zotac.

Sumber : Nvidia

Tags: gtx 1080 ti spesifikasi vga gaming terkencang

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)