(Part 1) Penjelasan Singkat Tentang Beberapa Settingan Game di Driver AMD Radeon Setting

Penjelasan Singkat Tentang Beberapa Settingan Game di Driver AMD Radeon Setting

Jakarta : 3 April 2018

Halo, berjumpa lagi dengan admin… kali ini kami akan hadirkan penjelasan singkat tentang beberapa Settingan Game di Driver AMD Radeon Setting, khususnya pada bagian Tab “Gaming”. serta kami berikan value rekomendasi untuk agar anda bisa menggunakan fitur ini dengan semaksimal mungkin.

Dalam penjelasan admin gak ribet, admin kasih info maksud setting ini apa, settingan default apa,  dan settingan rekomendasi apa. oke admin mulai, namun sebelumnya…

Pastikan Game yang Anda Mainkan Ada Pada Tab “Gaming”

Pastikan game yang anda mainkan, semuanya ada pada tab “Gaming”, umumnya untuk game “original” yang dari Steam (atau store lainya) sudah langsung muncul. apabila belum ada, kamu bisa tambahkan dengan mengklik “Browse”

Kedepan, dibiasakan untuk jalankan game lewat sini.

Kamu bisa pilih file Executable (.EXE) yang biasa digunakan untuk memulai game pada gambar pertama adalah contohnya, setelah kamu menambahkan game, kamu harus biasakan untuk memulai game yang bisa dilihat contohnya di gambar kedua, melalui Radeon Setting agar settingan yang diterapkan nantinya berkerja dengan baik.

Penjelasan Setting yang ada pada Global Setting

Setting yang admin pakai pada Radeon RX 560

1. Anti Aliansing Mode 

– Default : Use Application Setting.

– Rekomendasi : Enhance Application Setting

Penjelasan : Anti- Aliansing berfungsi untuk mengurangi “Jagger” atau garis dari desain yang tidak halus yang biasa ada pada desain 3D dalam hal ini game. default value yang ada pada settingan adalah “Use Application Setting”, sesuai namanya tidak wajib merubah dari driver, karena game rata-rata sudah menyediakan opsi untuk merubah setting anti-aliansing baik dari mode MSAA ke FXAA, baik itu dalam mode x4, x16 dsb.

Namun, admin merekomendasikan untuk rubah ke “Enhance Application Setting” value ini akan membuat setting AA mengikuti setting game, tapi dia akan meningkatkan kualitas Dengan menambahkan fitur “Enhance Quality Anti-Aliansing” kepada game yang dimainkan, al hasil hasil AA jadi lebih bagus, tanpa mengurangi drop performa.   

2. Anti Aliansing Method

– Default : Multisampling.

– Rekomendasi : Adaptive Multisampling.

Penjelasan: Opsi ini lanjutan dari anti-aliansing mode, ada 3 opsi yakni Multisampling (MSAA), Adaptive Multisampling (Adaptive MSAA) dan Supersampling (SSAA). secara sederhana… untuk Multisampling adalah yang paling sering dipakai pada game. inilah kenapa dipakai ke default, Supersampling adalah metode yang meningkatkan kualitas anti-aliansing dalam grafis ke resolusi diatas daripada resolusi monitor. contoh game dengan SSAA akan hadirkan render ke resolusi 3840×2160, walau monitor yang digunakan adalah Full HD. opsi ini akan memberatkan beban grafis, admin tidak rekomendasikan untuk digunakan. 

Adaptive Multisampling hadir sebagai versi peningkatan daripada Multisampling dengan hanya merender object yang diperlukan untuk diberikan antialiansing saja, al hasil hadirkan peningkatan performa dengan kualitas yang lebih baik.

3. Morphological Filtering 

Default : OFF

– Rekomendasi : OFF

Penjelasan : Fitur ini adalah salah satu jenis AA yang bedanya adalah AA ini menggunakan teknik GPGPU (DirectCompute), sederhananya hadirkan performa lebih baik dengan gambar yang jauh lebih halus, namun ya itu saking halusnya kadang texture game jadi tidak terlihat. admin merekomendasikan untuk matikan fitur ini.

4. Anisotropic Filtering

Default : Use Application Setting

– Rekomendasi : Use Application Setting

Sumber (Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=HXH28yyeZ0I)

Penjelasan : Anisotropic Filtering (AF) hadirkan peningkatan kualitas texture pada game, tentu semakin besar nilai value yang ada, maka akan semakin bagus hasilnya.

Tetapi, admin lebih rekomendasi untuk matikan fungsi Anisotropic Filtering pada kondisi default (“Use Application Setting”).  dikarenakan pada game yang dimainkan jaman now, sudah terdapat opsi tersebut pada game setting. kamu bisa aktifkan sendiri disana. ingat, AF bisa hadirkan beban yang cukup besar kepada vga card.. pastikan mencobanya ke yang paling rendah dulu.

5. Texture Filtering Quality

– Default : Standart

– Rekomendasi : Standart

Penjelasan: Texture Filtering adalah nama lain dari Tesselation, fitur ini hadir semenjak DirectX 10.1 ada, hadirkan peningkatan di sisi texture sehingga lebih jelas dan tidak flat.

Namun, sama seperti AF, Admin rekomendasikan untuk menggunakan setting yang ada pada game, mengingat sebagian besar game sudah hadirkan setting “Tesselation” sendiri, jadi admin rekomendasikan menggunakan setting default yakni “Standart”

Setelah admin hadirkan penjelasan Part 1, anda bisa membaca part kedua di link berikut: https://www.sutamatamasu.com/part-2-penjelasan-singkat-tentang-beberapa-settingan-game-di-driver-amd-radeon-setting/

 

 

Tags: AF amd apu amd radeon anti aliansing Settingan Game di Driver AMD Tesselation

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. (Part 2) Penjelasan Singkat Tentang Beberapa Settingan Game di Driver AMD Radeon Setting - Blog Komputer dan Teknologi3 months agoReply

    […] Morphological filtering, AF Mode dan Texture filtering) pada bab 1 yang bisa anda lihat pada: https://www.sutamatamasu.com/part-1-penjelasan-singkat-tentang-beberapa-settingan-game-di-driver-amd… Sekarang, admin akan bahas pembahasan selanjutnya, sama seperti sebelumnya admin akan membuatnya […]

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.