Pemerintah Jepang memerintahkan penghapusan situs download anime dan manga gratis di internet

Jepang : 31 April 2014

Pemerintah Jepang memerintahkan penghapusan situs download anime dan manga gratis di internet

Animanga adalah merupakan hiburan sehari-hari dari kehidupan banyak pemuda di indonesia dan di dunia. Dengan keunggulan cerita yang unik, asyik dan juga jalan cerita yang tidak terlalu panjang seperti Drama korea dan juga telenovela, membuat Anime menjadi hiburan sendiri bagi anak muda. Makin kesini penggemar anime menjadi semakin banyak. Namun sayangnya itu tidak ditunjang dengan keuntungan finansial. Mengingat sebagian anime dan manga ini di sebarkan ke internet dengan metode bajakan. Membuat banyak studio dan perusahaan dibalik animanga tidak mendapatkan uang dari hasil animanga buatanya tersebut.

Nanana-says-404-Not-Found-in-A2E

Nah kabarnya menurut media jepang NHK. Kabarnya pihak pemerintah jepang mulai tanggal 1 agustus 2014. Berkerjasama dengan 15 perusahaan publisher dari animanga akan melakukan “penghapusan” besar-besaran terhadap site animanga yang beredar tidak tanggung-tanggung mencapai 580 site. Hal ini dikarenakan karena hasil dari pembajakan tersebut, membuat kerugian sebesar 560 billion yen (atau sekitar 6 triliun rupiah/ US$ 5.5 billion) yang di derita pemerintah jepang dan publisher/studio animanga.

Metode penghapusan disini adalah pemerintah jepang pertama akan mengirimkan beberapa surat kepada pihak dari situs ybs dalam hal ini adalah penyedia hosting dan domain untuk menghapus/membanned content dari situs ybs yang mengandung konten animanga ilegal. Jadi tidak seperti Blokir biasanya yang hanya memblokir IP dari pengguna dari mengunjungi situs tersebut, kali ini memang benar data di situs tersebut di hapus.

Hal ini ternyata memang benar adanya. Situs Gogoanime.com sebagai situs terkenal streaming anime dan manga tidak bisa di akses. Dengan muncul 404 file not found yang berarti isi dari data website tersebut tidak ada di databese server yang memungkinkan di hapus oleh penyedia hosting dari situs ybs.

Setelah saya browsing. Ternyata saya menemukan beberapa situs yang di duga akan di hapus sitenya (apabila memang pure download site download anime) atau di hapus konteknya (apabila situs bukan pure download animanga namun berisikan konten ilegal) (klik untuk perbesar)

 daftar situs anime blok


Saya pribadi sangat menyesalkan hal tersebut. Dan sangat menentang. Memang pihak jepang akan menyediakan situs jual beli asli dengan harga beberapa yen saja. Namun yang saya sesalkan adalah ekpansi jepang ke luar negeri sangat payah sekali dalam hal hiburan animanga ini. Tidak seperti korea yang dimana pihak pemerintahnya turun tangan memberikan dana segar untuk ekpansi ke luar negeri. Al hasil kita bisa lihat banyak tayangan drama korea baik di televisi atau berbentuk fisik berupa DVD yang original yang sangat mudah di temui dikarenakan support dari perusahaan korea yang sangat mau berinvestasi di luar korea. Sedangkan Animanga. Kita bisa lihat sangat jarang sekali di temukan penjual Fisik berupa DVD dari anime disini. Hanya bisa di hitung dengan jari. Manga alhamdulillah tidak seburuk anime. Disini kita bisa dengan mudah menemukanya di toko buku. Namun apakah kita hanya bisa membaca buku abu-abu saja ??

Tambah miris lagi adalah ketika ada salah satu investor yang mau menanamkan modal ke indonesia untuk membawa hiburan jepang ke indonesia. Namun bukan berkerjasama dengan para animator/desain grafis dalam negeri. Mereka malah membuat Fake kamen rider yang terlihat sangat tidak ada originalitasnya. Yang studio dalam negeri bisa buat tayangan yang sama. Padahal animasi indonesia sangat minim sekali yang buatan dalam negeri, terutama animasi 2D.

Sebagai penggemar animanga. Saya pribadi memohon maaf dan mengakui bahwa saya pemakai barang bajakan. Namun saya harap pemerintah jepang setidaknya memperhatikan kami. Bagi anda yang mengetahui berita ini, saya harap anda tidak panik. Berikut beberapa step yang saya sarankan untuk penggemar animanga :

Step 1 : Bersabar…. walaupun banyak situs yang di blokir kita doakan semoga mereka bisa bangkit seperti layaknya kasus SOPA dulu. Dimana walau di hapus masih banyak yang bisa buat site kembali.

Step 2 : Seandainya mereka masih melakukan hal tersebut terus menerus namun memperbanyak toko retail penjualan animanga. Maka sebisanya kita usahakan agar memberi yang original. Namun kalau kalau masih sama,  Maka kita bisa bangung komunitas forum dimana kita bisa melakukan penukaran animanga secara underground. Insya Allah saya siap bantu kalau hal itu terjadi.

Saya berharap hal yang terbaik dari animanga ini. Semoga kita masih bisa menonton anime dan membaca yang kita sayangi dengan nyaman di masa depan.

Sumber : NHK, Chruncyroll

Tags: pemerintah jepang memblokir anime situs download anime dan manga gratis Situs download anime terbaru situs download manga terbaru tidak bisa download anime

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)