Penjelasan fitur Shared VRAM Otomatis di Ryzen APU

Menjawab Masalah VRAM RYZEN APU

Ryzen APU, seperti yang anda bisa liat menggunakan VRAM Shared otomatis ke 256 MB. sebagian pengguna awam pasti langsung panik dan mencoba mencari menu di BIOS untuk mengubahnya. 

Sayang sekali, di BIOS tidak ada menu tersebut…. Tapi tidak usah panik…..

Perkenalkan fitur Shared VRAM Otomatis di Ryzen APU

Sebelumnya pada laptop berbasis AMD APU, anda diharuskan untuk mengatur VRAM shared dengan ukuran besar. sebagai contoh di gambar diatas adalah 1 GB. sehingga akan langsung mengurangi Ram utama dan hanya menjadi 7 GB saja untuk digunakan di aplikasi harian (non gaming). karena sebagian digunakan untuk VRAM. methode ini efektif untuk game, namun sayangnya saat ada game yang meminta memory diatas VRAM Shared, maka anda terpaksa harus merubah manual melalui BIOS. sayangnya tidak semua vendor laptop memberikan opsi ini. 

Untuk itu, AMD hadirkan fitur baru berupa ” Shared VRAM otomatis” Pengguna akan diatur VRAM Shared yang memotong Ram utama sebesar 256 MB. dalam kasus diatas pengguna bisa memanfaatkan sebesar 7,8GB Free Space untuk aplikasi harian (Non-Gaming). sedangkan dalam bermain game.. kapasitas vram shared 256 MB akan ditambahkan “Memory Tambahan” dalam hal ini 644MB memotong ram utama. sehingga pengguna tetap mendapatkan 800 MB VRAM sesuai yang diminta game. saat anda mematikan game… memori tambahan 644MB akan dikembalikan kembali ke memory utama, saat anda buka game berbeda juga berapa memory tambahan akan disesuaikan pula dengan permintaan gamenya. 

Kelebihan dan Kekurangan Fitur ini

Kelebihan : methode ini adalah agar pengguna tidak perlu membeli Ram dengan ukuran besar, agar demi mendapatkan VRAM yang sesuai. mengingat akan ditambahkan otomatis saat game dibuka. pengguna juga tinggal main.

Dahulu, methode serupa juga dihadirkan oleh Ati Radeon dengan Hypermemory dan Nvida dengan TurboCache. perbedaanya ini dalam lingkup APU. 

Kekurangan : Dalam berbagai tes yang dilakukan website ternama (salah satunya  : http://hexatekno.com/2018/02/raven-ridge-scaling-frekuensi-alokasi-memori/3/), tidak ada penurunan akan performa atau masalah yang aneh-aneh dalam menggunakan metode ini, namun pengguna harus terlebih dahulu melihat setting game dan pastikan opsi yang berbunyi :

  • GPU Memory Restriction : Set ke Off.  
  • Ignore Suggested Limit : Set ke On. 

Atau sejenisnya sesuai dengan yang saya sebutkan, mengingat DirectX/OpenGL terdapat fitur, agar membatasi untuk menggunakan VRAM Dedicated (dalam hal ini 256MB) saja dan tidak menggunakan VRAM Shared tambahan otomatis yang sedang kita bahas. 

Tags: Penjelasan fitur Shared VRAM Otomatis Ryzen APU Shared Vram

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.