Penjelasan Tentang Apa Itu GPU (Graphics Processing Unit) yang ada di PC Desktop dan Laptop

Jakarta : 27 Februari 2016

Halo, berjumpa kembali. kali ini mimin ingin memberikan sedikit Penjelasan Tentang Apa Itu GPU (Graphics Processing Unit) yang ada di PC Desktop dan Laptop

minyak-urut-gpu-600x500

GPU mungkin anda sering melihat di berbagai artikel di internet. terutama yang merujuk kepada spesifikasi. baik itu PC, Laptop maupun perangkat Mobile (Smartphone/Tablet). GPU disini bukanlah singkatan dari Gosok, Pijat Urut… melainkan dari Graphics Processing Unit. Saya disini akan menjelaskan secara singkat tentang pengertian dari GPU ini.

GeForce_256

di kartu grafis diskrit GeForce_256 inilah, istilah GPU di perkenalkan pertama kali

GPU sesuai dengan namanya yang dalam bahasa indonesia, berarti Unit Pengolah Grafis. yakni sebuah komponen khusus, berupa sebuah “unit” yang bertugas mengolah segala hal yang mengarah ke grafis. baik itu berbentuk Game, Multimedia (Video), Gambar 3D/2D, Animasi 2D/3D dsb.

Graphics3D_Hardware

GPU diciptakan untuk sebagai pasangan dari CPU (Central Processing Unit) yang tidak lain adalah Processor PC/Laptop anda. tujuan awalnya diciptakan untuk display saja. namun, lama kelamaan berkembang. sehingga bisa mengolah beberapa perkerjaaan. sehingga membuat CPU/Processor menjadi lebih ringan bebanya.  GPU ini, secara kategori dibagi menjadi 3 bagian. yakni :

Nvidia Merilis Vga Terbaru 2015 Geforce GTX 980 Ti dengan 6GB VRAM Seharga $650 DirectX 12 Ready 3

Jajaran AMD Radeon Fury Fury X Fury NANO

1. Kartu Grafis Diskrit : biasa disebut vga card, vga external dsb. untuk kategori ini, mungkin tidak asing lagi untuk kita. hadir sebagai aksesoris tambahan yang di tancapkan ke slot PCIe yang ada di motherboard PC kamu, untuk agar gaming/multimedia lebih baik. kartu grafis diskrit ini, secara garis besar, memiliki 2 komponen inti. yakni Chipset GPU serta Video Memory (VRAM). Chip GPU di kartu grafis diskrit seperti yang dijelaskan, hadir sebagai “unit” yang mengolah berbagai hal tentang grafis.

sebagai contoh gambar diatas, anda bisa lihat adalah bagian dalam kartu grafis Radeon R9 290x. disitu, terlihat Chip GPU “Codename : Hawaii XT” yang hadir bersamaan dengan chipset VRAM yang mengelilinginya. ya, GPU, sama seperti Processor. yakni, membutuhkan “Memory Buffer” khusus, yang disebut umumnya sebagai VRAM (video memory). untuk info tentang VRAM seperti apa bedanya DDR3 dan GDDR5 silahkan tuju, ke artikel saya yang lain. 

Radeon R9 300 dan Radeon R9 Fury Series Secara Diam-Diam Mendapatkan Price Cut  1

Contoh jajaran vga Radeon R9 300

Untuk produsen dari Chipset GPU ini, sekarang ini. tinggal tersisa dari 2 produsen aktif. yakni Radeon Technology Group. Divisi dari AMD dengan brand “AMD Radeon” kedua adalah Nvidia Technology Inc dengan brand “Nvidia Geforce”. kedua produsen ini, tidak membuat prodak kartu grafis jadi, melainkan menyerahkan kepada produsen pihak ketiga. sebut saja Asus, HIS, MSI, PowerColor, Zotac, Digital Alliance, EVGA, Gigabyte dsb.

Klik page kedua untuk penjelasan tentang GPU add-ons yang biasa ada di laptop.

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.