Penjelasan Tentang Apa itu TDP (Thermal Design Power) yang Ada di Processor dan Vga Card

Halo, kali ini mimin akan berikan sedikit penjelasan tentang Apa itu TDP (Thermal Design Power) yang Ada di Processor dan Vga Card.

amd a10 6800k

Berjumpa lagi dengan admin disini. kali ini, saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan istilah TDP alias Thermal Design Power. mungkin sebagian dari anda yang sering mengunjungi situs belanja online saat sering melihat katalog belanja online. kadang toko mancantumkan TDP disitu seperti ini :

Penjelasan Tentang Apa itu TDP (Thermal Design Power) yang Ada di Processor dan Vga Card 2Intel Core i3 ini Hadir dengan TDP 65W

Penjelasan Tentang Apa itu TDP (Thermal Design Power) yang Ada di Processor dan Vga Card

AMD A10 sudah include Radeon R7 grafis ini Hadir dengan TDP 95W

Pasti, anda akan langsung menjudge. bahwa processor diatas mengkonsumsi daya 65w atau 95w betul bukan ?? memang saya tidak mensalahkan anda, karena “watt” disini sudah menjadi satuan konsumsi daya yang umum. seperti saat membeli lampu rumah, anda melihat lampu ini berapa “watt” untuk membantu irit tagihan listrik. akan tetapi, untuk TDP tidak bisa menjadikan patokan. karena TDP tidak menggambarkan daya yang di konsumsi oleh processor.

Dalam bahasa yang semudah mungkin, sesuai namanya Thermal Design Power adalah sebuah “Hitungan” yang mengukur panas yang di keluarkan oleh Processor. dengan adanya TDP ini, bukan berarti menandakan Processor A lebih panas daripada B. tapi, bisa membantu dalam memilih mana pendingin yang tepat untuk Processor anda. kenapa harus memakai satuan watt ??

Watt

ini kembali ke hukum fisika. dimana 1 Joule Per Detik = 1 Watt dimana Joule yang merupakan SI (Standart Internasional) untuk energi dalam hal ini merujuk kepada panas yang di hasilkan processor. jadi apabila ada Processor dengan TDP 95w berarti, Processor tersebut menghasilkan panas sebesar 95 Joule per detik.

Penjelasan Tentang Apa itu TDP (Thermal Design Power) yang Ada di Processor dan Vga Card chip vga card processor

Dari atas kebawah (AMD A/E Series Low Power Jaguar), (AMD Kaveri Laptop), (AMD Kaveri Desktop), (GPU “Tahiti” HD 7970 Ghz/R9 280x).

Hal yang sama juga terjadi dengan Vga Card. dimana di dalam vga card ada Chip Grafis bernama “GPU/Graphics Processing Unit”. Chip GPU yang ada di vga card memiliki TDP dengan rentang dari 20-250W. ya anda tidak salah dengar. kenapa bisa besar ?? ini dikarenakan “Chip GPU” sendiri yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan Processor. contoh anda bisa lihat diatas ini. Chip GPU “Tahiti” yang ada di vga card Radeon HD 7970/R9 280x ini memiliki ukuran lebih besar. karena memang Chip Grafis memiliki jumlah “otak inti” jauh lebih banyak. sampai dengan ratusan unit yang dipakai untuk grafis. karena mengolah grafis sendiri butuh chip yang besar.

Kik page kedua untuk mengetahui Bagaimana Caranya Memilih Pendingin yang Tepat Berdasarkan TDP

Tags: apa itu TDP cara ukur konsumsi daya PC cara ukur konsumsi daya processor penjelasan tentang TDP processor

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.