Categories: Other

Penjelasan VRAM Vga Card serta Perbedaan DDR3 dan GDDR5 Pada Vga Card

Apa Perbedaan VRAM DDR3 dan GDDR5 ??

RAM DDR3 yang ada pada VGA Card adalah Ram yang sama digunakan untuk Processor PC. RAM ini memiliki Clock Memory 800-1600 Mhz. Awalnya VGA Card memiliki RAM yang sama digunakan oleh Processor dan memakai Generasi RAM yang sama. Seperti saat Processor memakai Generasi DDR (dibaca DDR Generasi pertama) maka VGA Card memakai DDR juga. Begitupun dengan DDR2 VGA Card memakai Memory yang sama.

Related Post

Namun, Di sekitaran tahun 2008 Chip GPU mengalami peningkatan besar-besaran yang dimana, Membuat Chip GPU Jauh lebih kencang dibandingkan dengan Processor. Sebagai bukti ada di tabel diatas ini. Processor Terkencang saat ini yaitu Intel Core I7 Extreme series hanya memiliki sekiranya setengah jumlah Transistor dibandingkan dengan Chip VGA AMD Radeon. Transistor adalah ibarat “Otot” dari sebuah Chip. Semakin banyak akan semakin baik. Dikarenakan memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Maka dibuatlah sebuah standart Memory VRAM baru bernama GDDR (Graphics Double Data Rate). GDDR sendiri, memiliki kapasitas lebih besar, serta bandwith lebih besar. sekarang sudah memasuki generasi GDDR generasi kelima.

Mengingat memiliki kapasitas dan bandwith lebih besar, ukuran fisik pun berbeda.

Jadi, GDDR5 Sejatinya bukan sebuah RAM DDR Generasi kelima (DDR5). Melainkan sebuah Memory berbasis DDR biasa yang di modifikasi, Agar bisa berjalan kencang. Semula untuk DDR3 hanya bisa sampai 1800 Mhz untuk GDDR5 bisa mencapai Up to 6 GHZ. Al hasil Chip GPU besar pun ikut masuk. GDDR5 digunakan di hampir semua VGA Card High-end dengan harga 1 jutaan keatas. Memory DDR3 masih digunakan untuk VGA Low-end saja. Apabila anda menemukan VGA Low-end yang memakai DDR3 dan Satunya GDDR5 namun satu seri. Silahkan pilih yang GDDR5 karena memory yang dipakai lebih kencang. otomatis performa juga lebih kencang perbedaan mencapai 40 % kurang lebih.

This post was last modified on 09/10/2019 17:23

Page: 1 2 3 4 5 6

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...