Categories: Other

Penjelasan VRAM Vga Card serta Perbedaan DDR3 dan GDDR5 Pada Vga Card

Maksud Bit pada VRAM apa sih. Apa semakin besar semakin bagus ??

Maksud bit disini adalah ukuran data dari BUS (jalur) data antara Chip Memory VRAM dan Chip GPU, Diatas adalah Gambar Diagram dari sebuah Chip GPU. Dimana antara Chip GPU dengan VRAM terdapat Jalur (Bus), yang menghubungkan keduanya. ukuran bit, di dapat dari jumlah data per bita yang di transfer dari setiap jalur. setiap jalur memiliki 16 bit kapasitas per bita transfer. jadi secara teori, Chip GPU diatas menghasilkan 16 bit x8 = 128 bit. semakin besar tidak menjamin kinerja kencang. kencang atau tidak Vga Card tergantung kepada kinerja daripada Chip GPU yang ada dan kinerja VRAM itu sendiri.   

Related Post

Contohnya Saja. Geforce GTX 650 ti memiliki 128 bit bus.dibandingkan dengan GT 730 yang memiliki bus yang sama-sama 128 bit, GTX 650 ti memiliki kinerja lebih baik. karena memakai Chip GPU lebih mumpuni dan DDR5 memory yang GT 730 hanya memakai Chip GPU low-end dengan DDR3 VRAM saja. 

Masih binggung ??? Anggap saja bit disini adalah ukuran lebar sebuah selang. Sedang Chip GPU diibaratkan pompa air dan Chip Memory di ibaratkan dengan sebuah keran air. Selang A memiliki lebar 2 cm sedangkan, Selang A memiliki lebar 1 cm. Walau lebar selang A lebih lebar, tapi pompa air yang ada tenaganya kecil ditambah keran air yang ada berukuran kecil. Di satu sisi selang B memiliki pompa air dan keran yang besar dan bertenaga. Maka bisa ditebak mana yang lebih cepat mentransfer air.

Jadi jangan jadikan bit menjadi patokan. Pantau terus karena di akhir akan saya berikan tips mencari Vga Card yang baik.

This post was last modified on 09/10/2019 17:23

Page: 1 2 3 4 5 6

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...