Categories: Other

Penjelasan VRAM Vga Card serta Perbedaan DDR3 dan GDDR5 Pada Vga Card

VGA Card A pake RAM 1 GB DDR5 VGA Card B pake RAM 2 GB DDR5 apakah saya wajib beli yang 2 GB ??

Tergantung kebutuhan yang anda gunakan. Secara teori, Semakin besar, Resolusi dari Layar Monitor yang digunakan akan mengkonsumsi VRAM yang semakin besar pula. Untuk penggunaan Non-Gaming tidak terlalu ada perbedaan. Perbedaan besar baru terjadi disaat Game.Salah satu situs terkemuka pernah mentest perbedaan dari VGA Card low-end anda bisa melihatnya dengan mengklik DISINI

Terlihat hanya ada perbedaan sedikit saja.

Related Post

Yang jadi masalah disini adalah saya sering menjumpai orang yang membeli Vga Low-end namun dengan VRAM 2 GB. Padahal dia bukan menggunakan layar Full HD. Seandainya pakai pun tidak terlalu pengaruh besar. Jadi untuk biar tidak terjadi keliru, saya buatkan sebuah rekomendasi simple berdasarkan kelas dan resolusi yang dipakai.

 Berikut adalah Standart VRAM recomended :

  • Resolusi SD/HD (1024×768, 1366×768 Pixel) : VGA Low-end 1 GB VRAM
  • Resolusi Full HD (1900×1200 Pixel) : VGA Mid-High end 2 GB VRAM
  • Resolusi 2K (2000×1500 Pixel) : VGA High-end 3 GB VRAM
  • Resolusi 4K/AMD Eyefinity/Nvidia Surrond (4000×2000 Pixel atau lebih besar) : VGA Enthusiast 4-8 GB VRAM

Keterangan : Standart diatas bukan standart resmi. Tapi menurut pengalaman saya, aturan diatas sudah menjadi aturan tidak resmi di internet. Jikalau mau main Game Full HD harus wajib pakai VGA Mid-end. Perbedaan antara low-Mid dan High ada pada harga. Untuk low-end berada di harga 1-2 Jutaan rupiah. Mid-end berada di harga 2-3 jutaan rupiah. Sedangkan untuk High-end berada di kisaran 5-6 jutaan. Tidak lupa ada kelas khusus bernama enthusiast. Kelas ini ibarat ferari dengan harga VGA Card kelas atas. GTX Titan adalah salah satunya. 

This post was last modified on 09/10/2019 17:23

Page: 1 2 3 4 5 6

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...