Categories: Other

Penjelasan VRAM Vga Card serta Perbedaan DDR3 dan GDDR5 Pada Vga Card

VRAM Masa depan Sambutlah HBM2 dan GDDR5X

JEDEC mungkin sebagian orang kurang mengetahuinya. namun faktanya organisasi ini cukup penting dalam teknologi saat ini. karena menjadi tolak ukur standart dari segala macam jenis memory baik itu NAND atau Ram entah itu untuk platfrom server, workstation atau mobile pun. JEDEC yang berisikan puluhan perwakilan perusahaan teknologi ini, telah mengumumkan. Vga Card generasi selanjutnya akan memakai VRAM berbasiskan High Memory Bandwith Generasi Kedua (HBM2) serta GDDR5X

High Memory Bandwith Generasi Kedua (HBM2)

HBM adalah jenis memory berbasis DRAM baru yang hadir sebagai alternative dari DDR/GDDR (yang ada di vga card). HBM secara fisik memiliki ukuran lebih kecil dibanding DDR/GDDR. karena, HBM memakai konsep 3D Stack Memory.yakni, menumpuk komponen NAND yang menyimpan data, menjadi 1 buah chip. ibarat kue lapis. HBM memiliki kapasitas lebih besar, bandwith lebih besar serta tentu lebih hemat daya.

Radeon R9 Nano adalah contoh vga card berbasis HBM generasi pertama

komparasi HBM dan GDDR5. HBM menyatu dengan board dari chip grafis (GPU). membuat lebih efisien

Radeon R9 Fury series adalah vga card pertama yang memakai teknologi HBM. hasilnya anda bisa lihat berupa vga card Radeon R9 Nano vga kelas high-end dengan VRAM 4 GB namun, memiliki ukuran mini layaknya vga mini-itx. ini berkat penggunaan HBM yang efisien. soal performa, diatas Vga Card AMD Radeon R9 290x  GDDR5 kelas high-end saat itu. JEDEC mengumumkan kehadiran HBM2 dengan bandwith lebih besar serta ukuran VRAM per vga up to 32 GB

 GDDR5X : Improve 2x Bandwith dari GDDR5 

Related Post

JEDEC juga mengumumkan kehadiran dari GDDR5X hadir dengan improve bandwith, serta improve kapasitas memory up to 16 GB. tidak seperti HBM2 yang kemungkinan besar, insya Allah hanya dipakai di vga kelas atas. GDDR5X insya allah akan hadir untuk vga kelas menengah kebawah.

Berikut komparasi dari VRAM yang ada sekarang ini :

Sekian dari saya. tulisan diatas sudah saya coba jelaskan se singkat-singkatnya dan dengan bahasa yang mudah di mengerti. apabila ada yang tidak paham. silahkan tanya lewat komentar.

Tambahan info  :

HBM2 : 

GDDR5X :

Bagi Blogger yang mau copas artikel ini, Silahkan. Namun wajib menyertakan sumber berupa backlink. Terima kasih.

Sumber : Informasi Pribadi, Google Images

This post was last modified on 09/10/2019 17:23

Page: 1 2 3 4 5 6

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...