Perbedaan Dedicated Memory, Shared Memory dan System Video Memory Pada Vga Card

Memory VRAM yang ada di Vga anda kecil? mimin akan jelaskan Perbedaan Dedicated Memory, Shared Memory dan System Video Memory Pada Vga Card.

Intel HD dan Intel GMA implementasi grafis intregrasi dari Intel.

AMD APU dengan grafis Radeon terintregrasi adalah implementasi grafis intregrasi dari AMD.

Dengan harga komponen yang naik dan turun tidak menentu, terkadang beberapa orang memilih solusi menggunakan kartu grafis intregrasi yang dimana hadir sebagai “Satu paket” dengan pembelian Processor/motherboard. awalnya hadir dengan performa seadanya. namun lambat laun mulai setara bahkan mengalahkan performa salah satu kartu grafis add-ons. 

RYZEN APU With Radeon Vega adalah salah satu yg hadir dengan grafis intregrasi terkencang.

Salah satunya adalah RYZEN APU yang belum lama ini dirilis (Baca : https://www.sutamatamasu.com/info-processor-amd-ryzen-apu-kombinasi-zen-dan-radeon-vega-untuk-laptop-tipis/ ) hadir dengan grafis terintregarsi yang cukup kencang, mendatang akan hadir di platform desktop. menjadi pilihan menarik dengan grafis terintregrasi kencang, apalagi mengingat harga kartu grafis dan komponen lainya sedang dalam kondisi yang naik tinggi. solusi macam ini menjadi pilihan tepat. 

Tapi IGP/Grafis Intregrasi Memory VRAM nya kan Kecil Min? 

Terlihat dalam test Unigine Heaven dibagian GPU Model terlihat VRAM dari grafis Radeon Vega 8 terdeteksi 256 MB

Anda betul sekali, anda akan menjumpai kondisi bermain game/penggunaan aplikasi seperti diatas ini, terlihat aplikasi Radeon Vega 8 yang merupakan IGP dari RYZEN APU, hanya memakai 256 MB saja. lalu coba saya tanya balik kepada anda. kok bisa 256 MB menjalankan test unigine Heaven yang begitu berat? 

Tidak Perlu Kwatir akan Masalah VRAM karena sudah ada metode

“Shared Memory” untuk Hal Tersebut 

Karena tidak ada pinjaman laptop RYZEN APU sekarang ini, Mimin mengambil contoh IGP Intel HD

Mimin mengambil contoh penggunaan laptop Intel HD diatas, Anda bisa mengakses menu diatas, dengan cara klik kanan pada desktop >>  Screen Resolution >> Advance Setting anda lihat berapa kapasitas total VRAM yang anda gunakan. sebagai contoh laptop Intel HD dari processor Intel Celeron diatas.

IGP Intel HD ini hanya memiliki total memory sebesar 1,8 GB dengan rincian sebagai berikut : 

  • Dedicated Memory : 192 MB jumlah ini akan tetap dan memotong (partisi) dari ukuran Memory Ram utama komputer anda.
  • System Video Memory : 0 dikarenakan  tidak ada memory tambahan khusus untuk pengolahan multimedia. jaman sekarang sudah tidak ada vga semacam ini.
  • Shared System Video Memory : 1,6 GB merupakan total dari jumlah VRAM “Shared” yang merupakan VRAM “Cadangan” yang siap dipakai, diambil dari Memory Ram komputer, namun tidak di partisi. hanya di “Booking” untuk sewaktu-waktu dipakai. 

 

Diagram 1,1 prinsip pembagian memory Ram untuk IGP

Sebagai contoh, mimin buatkan diagram sederhana bagaimana prinsip pembagian Memory Ram dari komputer anda saat menggunakan grafis terintregrasi.anda bisa lihat, VRAM 512MB adalah VRAM yang dipotong/partisi untuk VRAM, sehingga system (OS Windows) hanya memakai Ram sebesar 7.5 GB saja. tentu 512MB VRAM tidak cukup untuk bermain game, jadi Windows “membooking” 3,5 GB yang siap dipakai untuk sewaktu-waktu dibutuhkan untuk bermain game, tentu 3,5 GB ini tidak menjadi Ram tetap dan tidak akan mempartisi dari Memory Ram utama.

Min, Apakah Vga Card Add-ons/Diskrit Juga Sama Seperti Begitu? 

Graphics properties dari RX 460 2GB GDDR5

Jawabanya adalah Kurang Lebih SAMA !!! Admin mentest menggunakan kartu grafis Radeon RX 460 dengan VRAM 2GB GDDR5. bisa dilihat walau terdapat VRAM sebesar 2GB, namun Windows tetap menyediakan shared memory sebesar 3,8 GB (bervariasi bergantung jumlah VRAM). sama prinsipnya jumlah Shared VRAM nya berasal dari Memory Ram yang “dibooking” jadi tidak di partisi/dipotong untuk digunakan di kartu grafis. Shared Memory yang digunakan hanya digunakan untuk bermain game saja disaat Memory VRAM berupa 2GB GDDR5 disini sudah penuh.

 

DIagram 1.2 tentang cara pembagian memory ram untuk kartu grafis diskrit

Admin juga buatkan diagram sederhana, dimana bisa anda lihat antara vga card add/ons atau diskrit terdapat “Pointer” yang menghubungkanya dengan memory yang sudah di shared oleh Windows, sehingga saat VRAM yang ada di Vga Card add/ons atau diskrit penuh, maka akan menggunakan “memory shared” tersebut. 

Test Bermain Game 

1. Test Menggunakan IGP Intel HD Celeron (Haswell)

Game PES seperti yang anda bisa lihat, mendeteksi VRAM dedikasi sebesar 192 MB dengan shared sebesar 1.6 GB.Mari kita test berapa penggunaanya. 

Pada Test diatas, bisa anda putar dan lihat sendiri, game PES bisa menggunakan jumlah VRAM diatas VRAM dedikasi secara otomatis, tanpa ada kendala dan game berhasil dijalankan dengan baik. 

Test kedua, saya menggunakan game balap jadul, namun tetap hadirkan grafis yang mantab  dan cukup ringan untuk bisa dijalan di grafis Intel HD.

Anda bisa lihat melalui video diatas. hasilnya, VRAM yang yang digunakan otomatis menggunakan “Shared” memory seperti yang saya jelaskan sebelumnya. 

 

2. Test Menggunakan Vga Card Add-ons/Diskrit

Contoh Setting untuk Mematikan GPU Restriction

Setting Memory Rectricsion di GTA 5

Untuk vga card, memiliki kebijakan sama dengan yang ada pada vga intregrasi. perbedaanya adalah untuk kartu grafis, beberapa game menyediakan opsi “GPU Memory Restriction/GPU Memory Limit” yang akan menghambat VRAM GDDR5 untuk mengakses “Shared Memory” yang ada pada Memory Ram utama PC. Jadi wajib di “Off” agar bisa kepakai fitur tersebut. 

Admin menggunakan game GTA 5 yang menjadi parameter untuk test, game ini saat kondisi High, membutuhkan VRAM diatas 2 GB yang terlimit dengan kartu grafis Radeon RX 460, sehingga butuh “Shared Memory” tambahan. untuk bagi yang penasaran apakah akan berpengaruh ke performa. anda bisa lihat sendiri tidak ada masalah. 

Klik untuk perbesar

Untuk kartu grafis sendiri, kita tidak bisa menggunakan aplikasi overlay macam afterburner. kita hanya bisa melihat penggunaan aplikasi terpisah seperti HW Info anda bisa lihat, penggunaan “Memory Dynamic/Shared”  meningkat saat “Memory Dedicated” penuh. 

Memory Shared “Masa Depan” dengan HBCC 

Pertanyaan. VRAM kan bisa “shared” dengan Memory Ram, kalau dengan media penyimpanan lain kayak SSD bisa gak min? Jawabanya adalah bisa. AMD salah satu yang mengembangkan hal ini. fitur ini bukanlah yang pertama, namun sekarang menjadi yang permulaan yang baik. AMD hadirkan kartu grafis Radeon Pro SSG. kartu grafis ini terdiri dari : 

  • Chip GPU “Vega 10”
  • 16 GB HBM2 (Disebut sebagai “High Bandwith Cache”).
  • 2 TB Onboard Samsung Pro NVME SSD (Disebut sebagai “SSG NVME”)   

Secara sederhana, jikalau penjelasan sebelumnya “Shared Memory” berasal dari RAM, maka AMD hadirkan “Shared Memory” lain yang berasal dari SSD NVMe. sehingga HBM disini berfungsi seolah-olah sebagai sebuah “Cache” Besar, makanya disebut sebagai “Hgih-Bandwith Cache” karena vga card tersebut masih bisa mengakses hingga 2TB SSD untuk pemrosesan data. 

Sumber Livedoor http://news.livedoor.com/article/detail/13410088/

Sumber Livedoor http://news.livedoor.com/article/detail/13410088/

AMD sudah buktikan dengan adanya fitur ini, di aplikasi yang support hadirkan edit Workload video resolusi 8K dengan lancar, serta lebih minim CPU dan GPU Load dibandingkan dengan tanpa fitur HBCC. mengingat kombinasi “Cache” kecepatan tinggi HBM dan ukuran memory lapang dari SSD berperan penuh disini.

Processor hybrid Intel dan Radeon RX Vega M dengan HBM2

Namun, fitur tersebut masihlah dalam pengembangan. fitur tersebut diaplikasikan pada beberapa prodak berbasis Vega dan HBM. namun, masih minim aplikasi yang support. hanya Adobe CC terbaru dan Game FarCry 5 yang dikonfimrasi dukung fitur ini sekarang. kita belum bisa melihat potensi penuh di kartu grafis yang ada sekarang

Tags: memory vga 128 mb memory vram apu memory vram intel hd memory vram pada vga Shared Memory

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Ahmad3 weeks agoReply

    Penjelasan tentang Shared Memory dan Dedicated Memory sangat lengkap, padat dan jelas serta mudah untuk saya pahami, dan tentunya sangat bermanfaat bagi saya.
    Terimakasih.

    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
    http://www.ahmadsi2b.blogspot.com

    dan kunjungi pula
    http://www.atmaluhur.ac.id

  2. author

    Daffa5 months agoReply

    Gan saya ada lenovo ip320 amd a9+r5. Dedicated memory nya cman 128mb, shared nya 1807mb, total nya 1935mb. Jadi vga saya jenis nya dedicated/integrated gan??

    • author

      Sutama Tamasu (Author)5 months agoReply

      Jenisnya integrated gan. VRAM nya motong dari Ram sistem 128MB default. Nanti kalau game akan pakai memory shared sebesar 1807 otomatis sesuai game yg dimainin.

      Thx

  3. author

    MFNR6 months agoReply

    min, mau nnya. ane make laptop lenovo g40 make amd a8 grafik ny r5. ram 4gb share 2gb buat grafik. kalo semisal ane up ram nambah 8gb, jd total 12gb buat ram. buat share memory grafik gmn tuh?? otomatis dr system yg membagi kah?? ato bisa kita atur sendiri?? tolong di jawab min. kalo dah di jwb, thx min ^^

    • author

      Sutama Tamasu (Author)6 months agoReply

      Halo gan kalo Upgrade ke 8GB sistem bakal atur sendiri kok buat nambah VRAM nya. Agan tinggal main aja.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.