Perbedaan memory RAM DDR, DDR2, DDR3,DDR4 pada komputer PC dan Laptop

Jenis

Dalam penyebutanya terdapat 2 penyebutan memory sesuai jenis perangkat yang di usung. untuk laptop dinamakan SO-DIMM sedangkan PC dinamakan DIMM. untuk PC biasanya jarang terjadi penyebutan DIMM. dimana langsung ke varial memory contoh ddr3 1600 misalnya. namun untuk Laptop penyebutan SO-DIMM biasanya wajib agar membedakan dengan destkop. ukuran dari memory ram untuk laptop juga lebih kecil. nanti akan kita bahas di halaman berikutnya.

DDR Gen pertama

ddr 1 memory

Type memory ini dipakai di spesifikasi yang agak jadul sekitar tahun 2000an sampai sekitar 2005 jaman-jaman dimana generasi processor intel pentium dan AMD athlon xp berjaya. Untuk ukuran sendiri, memiliki ukuran memory sekitar 256 MB-512 MB per keping.

DDR2 Gen kedua

ddr 2

DDR2 Gen kedua mulai akrab ke tangan konsumer di tahun 2005-2008 dimana saat itu processor jenis Intel Core 2 series dan AMD phenom mulai berjaya menghiasi PC. Di memory type ini memiliki ukuran per keping mulai dari 1-2 GB per keping. Di memory type ddr ini, mulai dikenal istilah overclocking ram dan beberapa ram untuk OC sudah ada yang memakai heatspeader tersendiri.

DDR3 GEN KETIGA

wpid-tam-murah-4gn-v-gen.jpg.jpeg

DDR generasi ketiga ini, hadir di sekitaran tahun 2009. Diawali dari lahirnya processor intel core i series dan juga kehadiran processor AMD APU dan FX setelahnya. Membuat memory jenis ini bisa dibilang yang paling sering dipakai/mainstream. Di memory jenis ini, terdapat beberapa update. Seperti update ukuran per keping meningkat dari 2 GB saja menjadi 8 GB per keping serta terdapat improve dalam hal memory clock dan bus secara drastis sekali sampai hampir 5-10 x dari DDR2 memory.

Ditambah lagi, di DDR3 ini terdapat kategori terbaru bernama DDR3L dimana dibandingkan DDR3 biasa, DDR3L memakai voltase lebih rendah (1.3v vs 1.5v) memory jenis DDR3L ini dipakai di laptop tipis yang butuh memory ram yang rendah suhu.

DDR4 GEN KEEMPAT

Computex-2014-Corsair-Dominator-Platinum-and-Value-Select-DDR4-Memory-445331-4

DDR generasi ke empat ini adalah memory ram yang baru saja dirilis di tahun ini dibulan september. Memory DDR4 ini dibandingkan dengan memory ddr3, menawarkan kinerja memory clock, memory bus yang lebih tinggi namun menggunakan fabrikasi dan voltase lebih rendah. Membuat memory RAM ini tetap rendah suhu, walau memiliki kinerja tinggi.

Untuk DDR4 ini sendiri, belum dirilis secara mainstream ke pasaran saat tulisan ini dirilis. Melainkan hanya untuk pengguna processor berbasis Intel intel core i Extreme generasi kelima (Haswell E). Core i Extreme series, ini berbeda dengan Core i series biasa yang kita pakai sehari-hari. Kinerja yang dihadirkan lebih kencang, lebih banyak core dan support memory DDR4 dan berharga lebih tinggi, Info lengkap anda bisa check disini

Untuk mainstream insya Allah akan hadir paling cepat akhir tahun 2015. Dimana intel dikabarkan akan menghadirkanya di processor broadwell serta AMD menghadirkanya di APU carrizo. Kedua processor tersebut support DDR3 dan DDR4 sekaligus menurut rumor, entah nanti motherboardnya memakai 2 buah slot ram atau apa kita belum mengetahuinya.

kLik page ketiga untuk melihat cara membedakan antar memory, harga dsb.

Tags: beda memory ram ddr 3 dan ddr4 beda memory ram ddr2 dan ddr3 info tentang ram PC laptop komputer

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.