Categories: News

Inilah Perbedaan Windows 32 bit dan Windows 64 bit

Selamat datang di sutamatamasu.com. kali ini, mimin akan memberikan sedikit informasi tentang Perbedaan windows 32 bit (x86) dan windows 64 bit (x64)

Windows adalah sebuah operasi system dari PC (personal computer) yang kita pakai saat ini. Entah berbentuk komputer destkop ataupun berbentuk laptop, windows adalah OS yang paling sering dipakai untuk segment tersebut. Untuk OS ini, terkadang orang sering mendapatkan masalah dimana sering salah mengartikan antara 32 bit dan 64 bit.

Secara bahasa orang awam. Operasi system yang sekarang kita pakai yaitu windows dan linux. Terdapat 2 versi yaitu versi 32 bit (kadang disebut x86) dan 64 bit (kadang disebut x64). Dari segi user interface dan fitur adalah sama. Jadi anda tidak akan kehilangan tampilan start menu di os 64 bit sebagai contoh.

Perbedaanya adalah pada penggunaan ram. Dimana untuk os 32 bit hanya support sampai ram 4GB saja. Sedangkan 64 bit support sampai 100 GB lebih ram dalam satu system. Jadi secara tidak langsung kita bisa sebutkan bahwa os berbasis 32 bit digunakan untuk komputer dengan spesifikasi low-end yang memiliki ram dibawah 4 GB. Sedangkan 64 bit untuk komputer high-end dengan ram diatas 4 GB.

Selain dari os. Untuk aplikasi yang kita pakai ini, terdapat 2 versi juga. Yaitu versi 32 bit (kadang disebut x86, IA 386 dsb) dan versi 64 bit (kadang disebut x86-64, AMD 64 dsb) perbedaanya adalah sama seperti os. Yaitu aplikasi 32 bit hanya bisa menggunakan memory ram sampai 4 GB saja. Sedangkan 64 bit bisa menggunakan ram diatas 4 GB. Selebihnya seperti tampilan dan fitur sama.

Untuk aplikasi 64 bit, hanya bisa di jalankan di OS 64 bit saja. Sedangkan aplikasi 32 bit bisa di jalankan di OS 64 bit begitupun OS 32 bit. Aplikasi yang beredar 100 % berbasiskan 32 bit. Hanya sekitar setengahnya saja yang terdapat versi 64 bit juga seperti contoh aplikasi VLC diatas.

 Q&A (Tanya dan Jawab) 

Q : Komputer saya memiliki ram 2 GB jadi saya harus pakai OS apa ??

A : OS windows/linux 32 bit adalah yang tepat.

Related Post

Q : loh kalau begitu, komputer saya gak bisa di instal os 64 bit.  Donk min ??

A : jawabanya adalah bisa. Namun tidak optimal karena, OS 64 bit lebih cocok untuk pengguna ram 4 GB keatas. Ibarat anda mengendarai mobil truck peti kemas. Namun dengan membawa 1 box kulkas dimana mobil pickup bisa melakukanya. Kurang lebih seperti itu.

Q : min saya dengar aplikasi 64 bit lebih mulus untuk digunakan daripada aplikasi 32 bit. Kalo gitu, walau ram 2 GB mending instal os windows 64 aja, biar komputer lebih cepat ??

A : ini salah kaprah yang sering terjadi. Memang benar aplikasi 64 bit lebih cepat daripada aplikasi 32 bit. Tapi itu akan optimal untuk ram diatas 4 GB dan aplikasi tertentu. Sebagai contoh game Battlefield 4. Terdapat 2 buah mode yaitu mode 32 bit dan 64 bit. Game ini termasuk game grafis tinggi yang membutuhkan ram sangat besar. Jadi saat pengguna windows 64 bit memilih opsi battlefield 64 bit, game berjalan lebih mulus. Karena support ram besar. Sedangkan versi 32 bit battlefield agak kurang mulus

hal diatas akan terjadi untuk PC diatas ram diatas 4 GB. Saat pengguna ram 2 GB dipaksa instal windows 64 dan memakai battlefield versi 64 bit. Maka akan tidak mulus. Karena ini game mewajibkan penggunaan diatas ram 4 GB. Karena grafis tingkat tinggi yang dipakai.

Q : jadi kalau begitu buat game, mending beli ram 4 GB keatas, pake windows 64 bit agar game berat bisa jalan mulus. Sedang buat komputer office atau yang ringan-ringan beli ram dibawah 4 GB gpp. Pakai windows 32 bit karena gak butuh ram gede. Begitu bukan min ??

A : yup kesimpulan anda adalah benar. Gaming atau perkerjaan berat macam grafis, 4 GB ram adalah wajib. Maka penggunaan windows 64 bit wajib juga harus serta diusahakan mencari aplikasi yang terdapat versi 64 bit. Sedang untuk kebutuhan ringan 32 bit cukup. Ram min 1 GB sudah cukup mumpuni.

Q : min browser firefox ane Cuma ada yang 32 bit saja kok. Kenapa gak ada versi 64 bitnya ya ??

A : 100 % aplikasi komputer di dunia ini berbasiskan 32 bit. Namun hanya beberapa yang memakai versi 64 bit saja (sekitar 50 %) dikarenakan hampir sebagian komputer dipakai di Office yang hanya memakai pekerjaan ringan (office dan grafis ringan) yang memakai ram rata-rata 2 GB. Hanya 4 dari 10 komputer yang memakai ram diatas 4 GB saja. Jadi itulah kenapa masih jarang ada. Rata-rata aplikasi yang ada biasanya aplikasi berat seperti game berat atau aplikasi grafis/multimedia tingkat tinggi.

Semoga membantu dan jelas membantu anda.

Note : harap bagi yang ingin copas. Harap sertakan sumber berupa backlink di blog anda…

This post was last modified on 23/10/2019 00:27

Sutama Tamasu

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

Disqus Comments Loading...