Perkernalkan Proyek Laptop Open source “Novena” laptop khusus hacker yang bisa bongkar pasang

Jakarta : 6 april 2014

Laptop adalah salah satu perangkat yang sering kita pakai. Namun dibanding dengan PC, laptop memiliki kekurangan yaitu, kita tidak bisa upgrade komponen yang ada dengan bebas. Atau kasarnya laptop tidak bisa bongkar pasang oleh kita sendiri dengan bebas.

Namun, sepertinya hal tersebut tidak selamanya menjadi masalah untuk laptop. Karena salah satu Hacker berpengalaman bernama Andrew “Bunnie” Huang dan “Xobs”. Mencoba untuk membuat sebuah desain laptop terbaru yang bisa di bongkar pasang. Proyek laptop ini bernama Novena. Dia mendesain laptop ini karena dia merasa dan berharap keahliaan dia ini digunakan untuk orang banyak

“I’ve been a hacker of consumer electronics, I find myself typically designing products I don’t use. I decided I wanted to design something I wanted to use.”

(Note : banyak orang awam yang salah mengira hacker adalah penyebutan untuk orang yang meretas sebuah situs. Padahal pengartian hacker adalah luas. Hacker yang dimaksud disini adalah seseorang ahli Komponen dan Software yang sangat tahu tentang detail software dan komponen dan pengalaman dalam memodifikasinya)

novena_atwork

Sesuai dengan namanya. “open Source laptop” Novena ini memakai semua komponen baik software maupun hardware berbasis open source artinya kita bisa bebas memakainya, memodifikasinya dan menggunakanya. Untuk bagian Software Novena ini, memakai OS berbasis Linux memakai nama Covana linux. OS yang digunakan berbasis Devian dan memakai Lisensi GNU.  untuk source anda bisa melihat Codesourcenya Disini. Tidak hanya itu, untuk semua dokumen tentang komponen yang dipakai, PCB, komponen LVDS dsb terbuka untuk semua orang anda bisa mendownload/melihat informasinya Di sini. Laptop ini diperuntukan bagi seorang hacker atau seorang hardware antusias yang ingin memodifikasi laptop rancangan sendiri.

Fitur dan keunggulan 

 

novena-1089_project-body

Hampir sama dengan laptop lainya. Laptop ini sudah include dengan Motherboard, Batteray, SSD, Speaker dsb untuk processor yang dipakai memakai SOC berbasis ARM (Freescale quad-core ARM)

novena AIO

Laptop ini juga tersedia versi AIO (All in one PC) bedanya dengan yang laptop. Versi AIO tidak memuat batterai dan speaker dan SSD.

novana samping

Laptop ini memuat beberapa kemudahan untuk bagi seorang hacker agar bisa memodifikasi laptopnya dengan mudah. Mungkin setelah anda melihat gambar diatas, anda akan heran ada yang salah dengan layarnya. Yup. Memang laptop ini tidak ditunjukan untuk pengguna rumahan. permasalahan dalam membongkar pasang laptop dengan mudah adalah karena adanya mounting Keyboard bawaan. Jadi untuk default laptop diatas tidak di include dengan keyboard bawaan. (namun pengguna diberikan keyboard mekanik bluettoth dalam paket bawaan jikalau ingin memakainya seperti laptop biasa) untuk layar, secara default berada di depan dari penutup laptop. Yup karena tanpa keyboard. Laptop ini bisa ditutup dan dijadikan perangkat AIO/Home theter untuk perangkat rumah.

novana bezzel lepas

Untuk bagian bezel dari laptop ini, terbuat dari lempengan alumunium yang mudah di lepas. Jadinya anda bisa dengan mudah untuk membongkar PCB dengan mudah.

novena AIO

Dibagian Casing dalam, Terdapat sebuah lubang-lubang baut yang tampak berjajar dengan rapih. Yup dengan adanya lubang tersebut kita bisa mencostumized memakai Motherboard lain, memasang Speaker lainya ataupun memakai storage tambahan atau mungkin menambahkan Daugther board untuk fungsi tertentu juga bisa. Baut yang dipakai memakai lubang 2.5mm. Anda tidak perlu susah payah untuk membuka penutup laptop, hanya dengan dorongan sedikit laptop ini langsung terbuka automatis.  karena terdapat semacam Donkrak kecil yang memakai Bantuan udara untuk membuka laptop ini secara automatis.

(Klik page kedua untuk spesifikasi dan info lainya)

Tags: Laptop bisa bongkar pasang Open source teknologi 2014

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)