Permudahkan Install OS Lain Linux Kernel 4.16 Hadirkan Virtual Box Guest Additional

Linux Foundation, Umumkan untuk Permudahkan Install OS Lain Linux Kernel 4.16 Hadirkan Virtual Box Guest Additional

Jakarta : 18 Januari 2018

OS GNU/Linux yang kita gunakan sehari-hari, sebagai contoh Ubuntu, sejatinya terdiri dari 2 bagian yakni Linux kernel yang mengurusi komunikasi antara OS dengan hardware dan GNU yang merupakan Operasi sistem itu sendiri yang berisikan aplikasi yang kita lihat dan rasakan saat ini. kombinasi keduanya menghasilkan OS bernama GNU/Linux. 

Sumber : Linuxinsider

Untuk install OS ini terkadang ada beberapa user yang install 2 distro sekaligus, ada 2 cara cara pertama adalah install langsung dan cara kedua menggunakan perangkat lunak virtualisasi seperti Virtual Box. untuk virtual box ini terasa lebih mudah, pengguna tinggal klik beberapa step saja, maka distro baru sudah bisa di install dengan baik. 

SUmber : Docs Kali

Namun, cara menggunakan virtual box ini agak membuat ribet karena diharuskan menginstall Virtual Box Guest Additional per Distro yang kita gunakan, perangkat lunak tambahan ini, berisikan berbagai macam driver dan fitur tambahan untuk diaplikasikan ke Guest OS yang kita install, sehingga distro yang kita install hadirkan performa lebih baik dan interaksi lebih baik layaknya memakai metode Dual Boot. Namun, fitur ini memiliki kelemahan dimana setelah selesai install kita diwajibkan untuk reboot yang memakan waktu, 

Linux Kernel 4.16 Hadirkan Virtual Box Guest Additional

Namun, kedepanya kita tidak perlu kerepotan lagi akan hal tersebut, Redhat melalui developernya hadirkan tambahan dukungan Virtual Box Guest Additional  kedalam Kernel Linux 4.16 yang saat ini masih dalam status pengembangan, sehingga saat nanti OS yang kita gunakan sudah gunakan kernel ini, kita tidak perlu repot-repot install kembali, kita tinggal instal distro seperti biasa di Virtual Box dan langsung mendapatkan full performa berkat driver yang otomatis ke install dan beberapa fitur lainya akan diaktifkan juga. 

Salah satu fitur juga diaktifkan adalah Shared Folder, jadinya kita bisa dengan mudah transfer file antara OS yang kita gunakan dengan Guest OS yang kita pakai dengan copas melalui folder khusus, sehingga tidak perlu repot-repot mencolok media tambahan seperti flashdisk.

Fitur ini akan sangat bermanfaat sekali, khususnya untuk yang doyan ganti-ganti distro, tidak perlu repot Dual Boot, cukup install virtual box sudah dapat pengalaman yang lebih baik. 

Tags: Virtual Box Guest Additional

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)