Processor Hemat Daya Keluarga Pentium Silver Dirilis Kini Mendukung 4K 60FPS 10 bit Video

Jakarta : 15 Desember 2017

Intel merilis Processor Hemat Daya Keluarga Pentium Silver Dirilis Kini Mendukung 4K 60FPS 10 bit Video.

Pentium mungkin bagi sebagian orang, idientik dengan Processor dengan harga terjangkau yang diperuntukan untuk perkantoran.. ini adalah hal yang benar, karena semenjak berganti dengan Core i series, Intel tempatkan keluarga Processor Pentium ke ranah Processor murah.

Namun perlahan tapi pasti, Intel tingkatkan kinerja dan kualitas Processor Pentium. Dimana, Intel tetap hadirkan fitur unggulan yang juga ada di Processor Core i series, seperti Intel HD Graphics dengan dukungan fitur baru seperti DX 12 dan Vulkan yang sama ada di Core i series, fitur Clear HD Technology dan dukungan keamanan AES yg mempercepat proses enkripsi seperti membuat password, bitlocker dsb.

Perkenalkan Pentium Silver

Namun, pengguna bahkan penjual sering salah mengartikan. Dikarenakan sering salah membedakan mana Pentium dengan yang memakai arsitektur yang sama dengan Core i series serta Pentium yang berbasis low-power yang merupakan upgrade dari lini Atom series.

Untuk itulah Intel hadirkan perubahan brand. Dimana untuk Pentium yang memakai arsitektur Core i menggunakan brand “Pentium Gold” sedangkan untuk Pentium yang merupakan turunan Atom, akan menggunakan brand “Pentium Silver”.

Info lengkap ada disini :

 

Perkenalkan Pentium Silver Gemini Lake Mendukung 4K 10bit

Intel hadirkan Pentium Silver Gemini Lake terbaru, hadirkan beberapa peningkatan seperti :

  • Performa : Peningkatan total hingga 58-68% lebih cepat dari Pentium “turunan Atom” generasi pertama “Bay Trail” di benchmark SYSMARK 2014
  • CPU : Quad Core Hemat Daya menggunakan arsitektur Goldmont Plus dengan 4MB L2 Cache dan Clock lebih tinggi.
  • iGP : Rebrand menjadi Intel UHD dengan dukungan Multimedia hingga 4K 60 FPS 10bit HEVC dan VP9.
  • Memory : Mendukung Dual Channel LPDDR3/DDR3 dan DDR3/DDR4 hingga 2400 Mhz
  • I/O : Mendukung 2 SSD/HDD SATA 3, PCIe M.2 SSD, eMMC 5.1 dan USB Type C.
  • Wireless : Intel rekomendasikan modul Wireless-AC 9560 Dengan dukungan hingga 1.73 GBps

Intel menargetkan processor ini untuk hadir kedalam Mini-PC yang hadirkan HTTPC yang tangguh untuk memutar konten video hingga 4K 10 bit sekalipun dan mendukung format HEVC dan VP9 yang kelak akan digunakan oleh website streaming ternama seperti Youtube dan Netflix.

Sumber : Intel, Anandtech

Tags: mini httpc pentium 4K video pentium silver processor hemat daya

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)