Processor Server AMD Epyc Dirilis Pengganti Opteron Berbasis 32 Core Arsitektur Zen

Amerika Serikat : 17 Mei 2017

AMD sebagai perusahaan fabless semiconductor ternama mengumumkan Processor Server AMD Epyc Dirilis Pengganti Opteron Berbasis 32 Core Arsitektur Zen.

AMD sebagaimana kita ketahui cukup lama “absent” di pangsa pasar server, ini dikarenakan AMD tidak merilis arsitektur baru apapun di 5 tahun belakangan ini untuk pangsa pasar tersebut, membuat Intel memonopoli pasar server x86 selama hampir 5 tahun. Dengan dirilisnya AMD “Zen” arsitektur terbaru dari AMD yang menggantikan arsitektur “Bulldozer” sebelumnya, AMD sepertinya ingin bangkit kembali dan sebelumnya mengumumkan Processor dengan codename “Naples” untuk pangsa pasar server.

Sekarang ini berkenaan dengan AMD Financial Days, diberitakan AMD “Naples” telah mendapatkan nama yakni bernama “AMD Epyc” agak unik memang namun inilah nama yang akan menggantikan “AMD Opteron” sebelumnya sama hanya “AMD RYZEN” untuk pangsa pasar dekstop yang menggantikan “AMD FX”. Walau pribadi tidak suka dengan nama ini namun anda bisa lihat video AMD dibawah ini tentang info singkat philosopy “AMD Epyc” ini. 

Hadir dalam 32 Core 64 Thread dalam 1 Socket Support 8 Channel per Processor

AMD Epyc hadir dalam 32 Core 64 Thread dengan fitur SMT, serta hadir dengan 8 Channel DDR4 dan DDR3DS.  Berdasarkan penampakan yang ditunjukan oleh AMD melalui TIRIAS terihat Processor ini menggunakan socket berbasis LGA layaknya server AMD sebelumnya. Uniknya berbasiskan dua buah DIE layaknya Opteron 6300 dahulu ada kemungkinan Processor ini merupakan gabungan 2 DIE seperti itu, apalagi dengan fakta bahwa AMD sudah memiliki bus berkecepatan tinggi Infinity Fabric untuk hal tersebut bisa saja terjadi.

1 Socket AMD Epyc lebih baik dibandingkan server 4soket (4S) tahun 2008 lalu

AMD menyebutkan dengan menggunakan AMD Epyc perusahaan bisa mendapatkan kemampuan layaknya server high-end 4socket (4S) yang diluncurkan ditahun 2008 berbasiskan 4 Core dengan AMD Epyc dengan hanya 1 Socket saja. tidak hanya itu dengan teknologi SMT setiap Core bisa mengolah 2 thread sekaligus membut perusahaan mendapatkan kemampuan layaknya 64 Core dalam 1 socket Processor.

Mengincar Pangsa Pasar Dual Socket Minimalkan I/O

AMD Epyc hadir dengan dukungan Dua Socket dalam satu rack server. Hadirkan dukungan hingga 4 TB DDR4 RAM  16 Memory Channel tidak hanya itu, Processor AMD Epyc merupakan Proccessor berbasis SoC (System on Chip) yang menjadikan berbagai macam I/O menjadi 1 Processor . membuat komponen yang berada di motherboard menjadi lebih minim.

AMD hadirkan perbandingan dengan kompetitor. Terlihat AMD Epyc hadirkan jumlah Core/Thread lebih banyak, jumlah I/O lebih banyak serta dukungan Ram lebih banyak hingga 4 TB untuk 2 Socket.  Jumlah I/O ini cukup penting bagi pasar server karena menentukan jumlah komponen apa yang dipasang misal untuk storage satu buah SoC Epyc mendukung 32 SATA memungkinkan perusahaan memasang hingga 32 Hardisk untuk kebutuhan opersional jumlah storage lebih banyak sangat penting contoh untuk keperluan big data.

Penampakan Motherboard

klik untuk perbesar

Gambar diatas adalah contoh penampakan daripada motherboard dari AMD Epyc ini terlihat jumlah slot memory yang melimpah ditambah jumlah I/O yang melimpah adalah keunggulan utama dari Processor AMD Epyc ini dikarenakan Processor ini berbasis SoC.

Mendukung Microsoft’s Project Olympus untuk Server Cloud Kinerja Tinggi

Microsoft beberapa waktu yang lalu mengumumkan Microsoft’s Project Olympus sebuah project Open Cloud hardware ini menargetkan hadirkan sebuah server yang mampu hadirkan kinerja tinggi dan pas untuk segment Cloud dan Processor AMD Epyc sudah siap untuk hal tersebut, info lengkap bisa tuju ke  

Kombinasi Pas dengan Radeon Instinct untuk Pangsa Server dan Supercomputer

Tidak hanya server biasa, untuk HPC dan Supercomputer, dengan adanya Radeon Instinct serta Processor AMD Epyc, AMD berharap bisa bersaing dengan lebih baik disegment HPC seperti AI, Machine Learning dsb mengingat AMD sudah cukup tertinggal jauh dibandingkan kompetitor (Intel dengan Xeon Phi dan IBM + Nvidia dengan Power9 dan Tesla) apa yang dihadirkan oleh AMD merupakan langkah yang cukup baik.

Sayang belum ada info untuk harga Processor dan motherboardnya, ditunggu 🙂

Sumber : AMD 

Tags: Processor AMD Opteron Zen Processor server untuk AMD Zen processor zen untuk server

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)