Qualcomm Rilis Snapdragon 850 SoC Khusus Laptop dan Tablet PC Windows 10 on ARM

Qualcomm Rilis Snapdragon 850 SoC Khusus Laptop dan Tablet PC Windows 10 on ARM

Qualcomm bersama dengan Microsoft pada awal tahun yang lalu telah merilis platfrom Windows 10 on ARM, hadirkan operasi sistem Windows 10 on ARM yang merupakan OS Windows 10 khusus untuk perangkat laptop 2 in 1 dan tablet PC dengan SoC berbasis ARM64. Qualcomm merupakan produsen chipset SoC pertama yang hadirkan Snapdragon 835 sebagai SoC reference untuk laptop 2 in 1 serta tablet PC dengan Windows 10 on ARM, merupakan SoC yang sama dengan yang digunakan oleh smartphone, banyak pengamat kritisi akan kurang bersaingnya performa dibandingkan processor x86 Intel/AMD pada segment yang sama.

Qualcomm Rilis SoC Snapdragon 850 Khusus untuk Tablet 2 in 1 dan Laptop Windows 10 on ARM 

 

Qualcomm tetap tidak menyerah untuk laptop 2 in 1 dan tablet PC dengan merilis Snapdragon 850 yang diciptakan khusus untuk Windows 10 on ARM, janjikan hingga peningkatan performa bermain game hingga 30%, Gigabit LTE modem terintregrasi, dukungan AI Engine berbasis DSP yang bisa digunakan untuk kedepan, hadirkan performa hingga 3x lebih baik dibandingkan CPU.  serta hadirkan daya tahan batterai hingga 25 jam pemakaian standar. 

Dalam spesifikasi diatas kertas, hadirkan spesifikasi yang kurang lebih sama dengan Snapdragon 845, dibangun menggunakan fabrikasi 10nm dari Samsung, hasilkan fabrikasi termaju untuk saat ini, serta untuk CPU nya menggunakan Octa Core Kyro 385 CPU, dimana dibagi menjadi Quad Core “Gold” dengan Clock hingga 2.8 Ghz serta Quad Core “Silver” untuk penggunaan hemat daya hadirkan 1.8 Ghz. kedua CPU , didukung teknologi ARM Dynamic IQ, ini akan berkerja selaras sesuai workload pengguna.

Serta untuk GPU yang digunakan menggunakan Adreno 630 dengan hadirkan performa bermain game hingga 30% lebih baik dibandingkan Snapdragon 835 sebelumnya. 

Mendukung  Qualcomm® Snapdragon™ X20 LTE Modem, hadirkan performa Gigabit LTE dengan kecepatan hingga 1.2 Gbps, dengan efisien karena sudah terintregrasi dengan SoC.

Microsoft Hadirkan Visual 2017 dengan Dukungan ARM64 

Sebelumnya, Windows 10 on ARM dikritisi karena hanya hadirkan dukungan aplikasi Windows 32 bit saja melalui emulator, Microsoft berkerja keras untuk selesaikan hal ini dengan hadirkan dukungan compiler untuk arsitektur ARM64 (yang digunakan CPU Kyro), untuk mendukung aplikasi native yang berkerja dengan performa penuh, developer hanya perlu merecompile ulang berbarengan dengan versi IA32/AMD64 miliknya. 

Sumber: Qualcomm 

Tags: fitur windows 10 terbaru Laptop dan Tablet PC Windows 10 on ARM processor snapdragon terbaru snapdragon 850 windows 10 on arm

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.