Radeon di Computex 2018: Radeon Instinct 7nm Vega Refresh, RX Vega 56 Nano dan TV FreeSync Untuk Konsol

Radeon di Computex 2018: Radeon Instinct 7nm Vega Refresh, RX Vega 56 Nano dan TV FreeSync Untuk Konsol

RTG (Radeon Technology Group) sebagai divisi grafis AMD, tampil sebagai mewakili Radeon dalam presentasi AMD di Computex 2018, dibuka dengan slide yang sebutkan “Radeon Vega is Everywhere” yang hadirkan komitment RTG bahwa Vega akan terus menjadi andalan RTG di sektor manapun baik itu laptop, PC, Workstation termasuk MAC didalamnya hingga datacenter.  di Computex 2018 ini AMD akan umumkan perkembangan tentang prodak berbasiskan arsitektur grafis Radeon Vega.

RTG sebutkan perkembangan pangsa pasar hardware masih terus berkembang dari tahun ke tahun (walau pasar kartu grafis diterpa masalah langka dan mahal akibat miner), RTG disebutkan berkomitment untuk tetap hadirkan dukungan ke gamers. 

RTG juga umumkan kehadiran Radeon RX Vega 56 Nano yang merupakan versi mini, menurut beberapa sumber tidak ada perubahan dalam hal Compute Unit maupun Clock dari kartu grafis ini, melainkan terdapat pengurangan TDP hingga 165W, pengurangan TDP ini dihasilkan dengan cara hadirkan Clock yang tidak konstant (naik-turun) layaknya Radeon R9 Fury Nano sebelumnya yang menjadikan performanya tidak sama dengan RX Vega 56 versi standar, namun akan diatas daripada Radeon RX 580. 

Setelah itu AMD tampilkan kehadiran layar televisi dengan AMD FreeSync Everywhere yang dioptimalkan untuk perangkat konsol Xbox One X dan PS4. AMD hadirkan demo Forza Horizon pada layar televisi dengan teknologi AMD FreeSync, info selengkapnya akan list tv yang mendukung silahkan tuju ke: https://www.sutamatamasu.com/pr-teknologi-radeon-freesync-membawa-pengalaman-gaming-mulus-ke-televisi-layar-lebar-memperkenalkan-teknologi-freesync-untuk-televisi-televisi-qled-samsung-tebaru/

Radeon Instinct Next-Gen dengan Vega Refresh 7nm untuk AI Dukungan RoCM dan ProRender yang Lebih Matang

Presentasi Pertama David Wang, Sebagai Nahkoda Baru RTG Menggantikan Raja Koduri

Raja Koduri telah meninggalkan RTG untuk melaksanakan perkerjaan membangun grafis di Intel, David Wang yang merupakan mantan engineer AMD dibagian grafis yang turut serta merancang arsitektur awal GCN, tampil untuk menampilkan update terbaru dalam hal arsitektur dari RTG. yang pertama adalah kehadiran Radeon Instinct terbaru merupakan kartu grafis khusus untuk AI dan Machine Learning Accelerator yang digunakan di server dan superkomputer yang menggunakan Vega “Refresh” serta fabrikasi 7nm.

Disebut Vega Refresh, dikarenakan akan hadirkan beberapa fitur unggulan seperti High-Speed Interconnect yang memungkinkan penggunaan akselerasi multi-GPU layaknya crossfireX namun dengan Infinity Fabric, Hadirkan hardware virtualisasi yang bisa gunakan kartu grafis ini untuk beberapa client dalam 1 kartu grafis serta akan mendukung beberapa intruksi khusus terbaru yang akan meningkatkan performa Deep Learning serta hadir dengan 32GB HBM2 Memory

Wang menyebutkan fabrikasi 7nm yang akan menggunakan dari vendor Global Foundries, hadirkan GPU yang lebih cepat, lebih hemat daya dan lebih kecil ukuran transistornya. disebutkan fabrikasi 7nm akan digunakan untuk beragam prodak dan investasi jangka panjang. 

Investasi jangka panjang yang dimaksud adalah fabrikasi 7nm akan digunakan hingga tahun 2020, dimana fabrikasi 7nm akan digunakan pada Vega “Refresh” pada akhir tahun ini, digunakan untuk grafis NAVI pada tahun 2019 nanti, serta arsitektur Next-Gen yang tanpa nama akan menggunakan fabrikasi 7nm+, suffix “+” disini sama seperti 12nm dari 14nm. hanya hadirkan update untuk performa dan efisiensi saja, bukan ke DIE Shrink seperti dari 14nm ke 7nm. 

Walau tertinggal dalam dibidang AI dan Machine learing, Wang tetap optimis dibidang ini dengan mengembangkan dukungan perangkat lunak mereka yakni RoCM yang berisikan ratusan tools, framework dan library yang memungkinkan developer untuk menggunakan dalam mengembangkan aplikasi dibidang AI dan Machine Learning dengan Radeon Instinct, dimana disebutkan RoCM telah mendukung open framework terkemuka seperti TensorFlow dari Google hingga Caffe. 

Sedangkan untuk dibidang Workstation, Wang menyebutkan dukungan Open Source dari aplikasi dan tools pembantu yakni Radeon Pro Render, hadirkan dukungan lebih matang kini telah terintregrasi pada MAXON Cinema 4D dan hadir sebagai Plug-In untuk berbagai aplikasi 3D. Radeon Pro Render mendukung secara optimal pada kartu grafis profesional Radeon Pro, Radeon RX,  dan Grafis Radeon Vega di AMD Ryzen APU. 

Walau presentasinya lebih fokuskan ke AI dan Machine Learning, Wang hadirkan demo untuk GPU Radeon Vega “Refresh” 7nm untuk kebutuhan workstation pada aplikasi MAXON 3D dengan Radeon Pro Render terintregrasi. 

Dalam demo live yang dibantu oleh desainer, menyebutkan bahwa grafis terbaru dengan Radeon Vega “Refresh” ini hadirkan responsif yang cepat dan 32GB HBM2 sangat membantu dalam edit secara Live, serta Radeon Pro Render mendapatkan pujian, berkat hadirkan fitur “Ray Tracing” melalui GPU dengan lancar dan baik, ini bisa dilihat dari refleksi kaca yang terlihat dengan jelas. 

Presentasi beralih ke Dr Lisa Su, CEO AMD dimana Chip GPU Vega “Refresh” 7nm yang akan digunakan pada Radeon Instinct Next-Gen nantinya sedang dalam tahap sampling kepada beta tester dan akan launching perdana pada 2H 2018. 

Kabar Baiknya, Lusa Su tidak segan-segan untuk menampilkan prototype dari Chip GPU Vega “Refresh” 7nm ini, dimana secara kasat mata, chip GPU (yang berada ditengah), hadir dengan ukuran lebih kecil sepertinya dampak penggunaan fabrikasi 7nm sangat berasa disini, ditambah chip HBM sekarang menggunakan 4 chip dengan total 32GB HBM2. 

Apa yang diumumkan oleh AMD untuk Grafis hanya satu dari beberapa hal yang diumumkan saat computex 2018. 

Tags: radeon 7nm Radeon Instinct 7nm Vega Refresh. vega 7nm radeon next-gen

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    nurdianti5 months agoReply

    Jangan lupa kunjungi website kami http://www.atmaluhur.ac.id/

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.