Review Acer Aspire 3 A315 Ryzen 3 Notebook Mainstream Ryzen Mobile dengan IGP Bertenaga

Review Acer Aspire 3 A315 Ryzen 3 Notebook Mainstream Ryzen Mobile dengan IGP Bertenaga

Acer adalah salah satu brand yang hadirkan laptop ultrathin Ryzen Mobile APU pertama ke pasar Indonesia, admin berkesempatan untuk hadirkan review beberapa waktu lalu yang anda bisa baca artikelnya di: https://www.sutamatamasu.com/review-acer-swift-3-laptop-ultrathin-amd-perdana-dengan-ryzen-7-2700u-apu/.

Acer Swift 3 hadirkan antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat terbukti dengan antusiasme yang dihadirkan saat review admin pertama kali dahulu,  kali ini Acer merilis varian notebook mainstream untuk Ryzen Mobile APU dengan harga yang lebih terjangkau yakni Acer Aspire 3 A315.

Tersedia dalam 2 varian Ryzen 5 2500U dan Ryzen 3 2200U, Admin menerima versi Ryzen 3 2200U

AMD Ryzen 3 Mobile APU menggunakan arsitektur CPU “Zen” yang sama digunakan oleh processor Ryzen lainya, hadir dengan 2 Core 4 Thread dengan Clock hingga 3,4 Ghz dengan didukung L3 Cache sebesar 4MB, hadirkan nuansa baru laptop yang lebih bertenaga untuk sementasi menengah kebawah. Dengan TDP 15W (untuk total SoC, termasuk IGP Radeon Vega 3), menjadikan processor ini hemat daya dan efisien. 

Menggunakan grafis terintregrasi (IGP) Radeon Vega 3 menggunakan arsitektur Vega terbaru yang hadirkan peningkatan di sisi IPC dan juga GPU Clock yang lebih tinggi, mencapai 1000 Mhz hasilkan performa lebih tinggi, dengan performa setara kartu grafis diskrit.  Terdapat VRAM sebesar 1GB yang cukup untuk digunakan bermain game dan aktivitas sehari-hari.

Beberapa Aplikasi yang Mendukung AMD APP (Klik untuk perbesar)

Radeon Vega 3 hadir dengan fitur terkini, diantaranya mendukung game DirectX 12 dan Vulkan API, mendukung teknologi GPGPU AMD APP yang digunakan di beragam aplikasi mulai dari Adobe CC, Ms Office, LibreOffice, Browser hingga aplikasi 3D Blender, AMD juga hadirkan teknologi Radeon Multimedia Accelerator yang memungkinkan untuk nikmati konten video hingga resolusi 4K dan mendukung teknologi HEVC terbaru dengan mulus dan memiliki daya tahan batterai lebih lama.

*NB: Laptop yang diterima oleh admin sudah terinstall 8GB DDR4 Dual Channel (2x4GB), untuk versi retail hanya memakai 4GB saja, admin sarankan anda untuk upgrade, di pengujian akan admin jelaskan perbedaan performa antara penggunaan Ram single vs dual channel.

Setelah hadirkan info singkat mengenai notebook ini, mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Daftar Isi:

  1. Perkenalan Singkat.
  2. Closer Look.
  3. Uji Performa (Benchmark).
  4. Uji Performa (Game).
  5. Daya tahan batterai dan Storage
  6. Kesimpulan.

Klik halaman selanjutnya untuk melihat tampilan lebih dekat dari notebook Acer Aspire 3.

Tags: laptop acer ryzen Review Acer Aspire 3 A315 review laptop ryzen 3 ryzen 3 2200u

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    ahmat s2 months agoReply

    mau tanya admin , kalo acer asphire 3 varian ryzen 5 tempat setting vram dimana ?

  2. author

    ahmat s2 months agoReply

    admin , itu driver masih pake versi lama ya? far cry 5 di bawah 30 , saya liat di yt ada yg 30 fps …

    • author

      Sutama Tamasu (Author)2 months agoReply

      Iya masih pakai yang versi lama, karena saya tes di awal rilis. Untuk driver baru udah ningkat lebih oke buat fc5

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.