Review Acer Aspire 3 A315 Ryzen 3 Notebook Mainstream Ryzen Mobile dengan IGP Bertenaga

Closer Look

Secara kasat mata, Acer Aspire 3 A315 hadir dengan bentuk yang mirip dengan Swift 3, mengingat secara bentuk Acer Aspire 3 A315 hadir dengan ketipisan 0.98 Inch, cukup tipis untuk notebook. Namun, belum disebut sebagai ultrathin karena agak sedikit lebar pada bagian bawah dan ditambah memakai material plastik untuk menekan biaya. Berbeda dengan Ultrathin saudaranya Acer Swift yang memakai alumunium dan rangka baja.

Keyboard Acer Aspire 3 menggunakan tipe full island dengan numpad sendiri. Admin merasakan lumayan nyaman. Walau sayang sekali bagian tombol powernya agak berdekatan dengan delete. Untuk touchpad berukuran lebar cukup responsif tidak ada lag.

Terdapat sticker yang meyebutkan spesifikasi dan ftur singkat, sayangnya ada sedikit kesalahan cetak pada sticker, dimana untuk grafisnya tertulis Radeon Vega 6 Mobile Graphics. Padahal seharusnya Radeon Vega 3 Mobile Graphics. Admin sudah melaporkan hal ini ke pihak Acer, untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut.

Tampilan atas notebook ini menggunakan corak bergaris yng tidak licin, sedangkan bagian bawah hadirkan ventilasi yang luas.

Pada bagian bawah kanan, Acer menyediakan slot ekpansi untuk Ram, anda jadi bisa mengganti Ram yang dipakai secara mandiri, tanpa harus ke service center mandiri.

Sedangkan pada bagian bawah kiri, Acer juga sediakan slot untuk mengganti hardisk SATA 3, mungkin anda ada yang bertanya, dimana slot M.2 nya?  Berdasarkan admin selidiki, slot M.2 terdapat di tengah board, jadi anda harus membongkar dan mengganti slot M.2 di service center resmi.

Acer Aspire 3 A315 menggunakan ventilasi exhaust dibagian belakang, jadi anda tidak akan merasakan panas saat mengetik lama-lama dan bermain game. Karena bagian yang hasilkan panas, terletak dibagian belakang notebook.

Dengan bentuk yang hampir menyerupai kakaknya Swift 3, Acer Aspire 3 tidak menyertakan DVD Drive, sehingga hasilkan bentuk laptop yang tipis kurang dari 1 inch.  Untuk bagian kanan terdapat 2 USB 2.0, audio jack 3.5 mm dan port adapter.

Tampiilan samping kiri, terdapat port USB 3.0, HDMI, Gigabit Ethernet (RJ 45), Card reader dan kensignton lock.

Setelah puas melihat tampilan singkatnya, mari kita lihat di halaman selanjutnya uji performa (Benchmark).

Tags: laptop acer ryzen Review Acer Aspire 3 A315 review laptop ryzen 3 ryzen 3 2200u

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    ahmat s2 months agoReply

    mau tanya admin , kalo acer asphire 3 varian ryzen 5 tempat setting vram dimana ?

  2. author

    ahmat s2 months agoReply

    admin , itu driver masih pake versi lama ya? far cry 5 di bawah 30 , saya liat di yt ada yg 30 fps …

    • author

      Sutama Tamasu (Author)2 months agoReply

      Iya masih pakai yang versi lama, karena saya tes di awal rilis. Untuk driver baru udah ningkat lebih oke buat fc5

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.