Review Acer Aspire 3 A315 Ryzen 3 Notebook Mainstream Ryzen Mobile dengan IGP Bertenaga

Uji Performa (Benchmark)

Kami melakukan pengujian dengan menggunakan beberapa skenario:

  1. Ram Single Channel, menggunakan daya Batterai, pengaturan daya high-Performance.
  2. Ram Single Channel, menggunakan daya Adapter, pengaturan daya high-performance.
  3. Ram Dual Channel, menggunakan daya Adapter, pengaturan daya
    high-Performance.

Dalam uji Cinebench R15 yang menggambarkan kondisi render 3D menggunakan CPU, kami menemukan peningkatan yang cukup signifikan pada penggunaan adapter dibandingkan batterai. Serta hadirkan performa yang tidak berubah baik dalam penggunaan Ram single vs dual channel.

Sedangkan dalam uji 3DMark suite baik dalam uji test Sky Diver dan Firestrike, tidak banyak perbedaan performa saat menggunakan batterai dan adapter. Namun hadirkan perbedaan performa yang cukup signifikan saat menggunakan Ram dual channel dibandingkan single channel menggambarkan Radeon Vega 3 membutuhkan Ram yang kencang untuk hadirkan performa lebih baik.

Dalam dalam uji performa 3DMark Suite yang sama namun dalam skenario Ice Strom dan Cloud Gate yang lebih banyak menggunakan beban CPU, peningkatan performa antara menggunakan batterai dengan adapter cukup signifikan, namun tidak banyak perubahan saat pergantian Ram dari single channel ke dual channel.

Sedangkan dalam uji performa simulasi grafis dalam game UNIGINE VALLEY hadirkan perbedaan yang tidak terlalu besar baik saat perbandingan penggunaan batterai dan adapter, namun dengan menggunakan Ram dual channel terdapat perbedaan performa yang cukup besar, hal ini dikarenakan IGP Radeon Vega 3 membutuhkan kecepatan Ram yang lebih baik.

Sedangkan untuk pengujian UNIGINE VALLEY yang hadirkan simulasi grafis yang sama, namun dengan latar pemandangan, hasilkan tidak adanya perbedaan performa saat menggunakan batterai ke adapter, namun terdapat perbedaan yang cukup besar saat menggunakan Ram dual channel dari single channel sebelumnya. Lagi simulasi grafis ini lebih banyak beban ke IGP yang dimana Radeon Vega 3 sangat suka akan Ram lebih kencang.

Admin juga lakukan pengujian aplikasi harian, Blender kami pilih untuk simulasikan penggunaan untuk aplikasi professional. Dalam ujicoba singkat blender, hasilkan waktu render lebih cepat saat menggunakan adapter dengan hasilkan waktu yang tidak jauh berbeda saat single vs dual channel.

Kami juga hadirkan hasil uji performa (benchmark) dalam game Rise of Tomb Raider, berdasarkan hasil test dengan kondisi scene berbeda tidak terdapat perubahan besar saat menggunakan batterai dan adapter, namun terdapat  peningkatan performa yang sangat signifikan saat menggunakan Ram dual channel dibandingkan single channel.

Dengan berbagai ujicoba yang admin sertakan, hasilkan kesimpulan Ryzen 3 2200U yang ada pada Acer Aspire 3 A315 hadirkan performa yang tetap handal walau dalam menggunakan batterai, sehingga cocok untuk dalam penggunaan diluar rumah, serta penggunaan Ram dual channel sangat admin rekomendasikan dikarenakan hadirkan performa yang meningkat jauh, khususnya untuk aplikasi atau game yang memanfaatkan IGP dari Radeon Vega 3.

Tags: laptop acer ryzen Review Acer Aspire 3 A315 review laptop ryzen 3 ryzen 3 2200u

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    ahmat s4 months agoReply

    mau tanya admin , kalo acer asphire 3 varian ryzen 5 tempat setting vram dimana ?

  2. author

    ahmat s4 months agoReply

    admin , itu driver masih pake versi lama ya? far cry 5 di bawah 30 , saya liat di yt ada yg 30 fps …

    • author

      Sutama Tamasu (Author)4 months agoReply

      Iya masih pakai yang versi lama, karena saya tes di awal rilis. Untuk driver baru udah ningkat lebih oke buat fc5

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.