Review ASUS X550IU Notebook Gaming Radeon RX 460 Pertama Hadir dengan Tampilan Sederhana

Jakarta : 29 Januari 2017

Halo, berjumpa lagi dengan mimin sekarang ini, akan mimin hadirkan  Review ASUS X550IU Notebook Gaming RX 460 Pertama Hadir dengan Tampilan Sederhana.

Sering kali kita sering menjumpai orang yang lebih memilih Notebook untuk kegiatan harian termasuk untuk bermain game entah karena alasan sibuk banyak aktivitas atau terkendala ruang yang sempit dibandingkan PC Desktop. namun untuk sebuah perangkat komputer jinjing, Notebook umumnya memiliki spesifikasi yang seadanya yang hanya cocok untuk kegiatan harian dan masih belum mumpuni untuk kegiatan bermain game, untuk segment gaming terdapat sebuah segment “Laptop Gaming” yang sayangnya umumnya harus ditebus dengan harga 10 Jutaan keatas yang hanya sedikit orang yang memiliki budget sebesar itu.

Veronica Erwin, Country Product Manager for Notebook ASUS Indonesia menjelaskan segment Notebook ASUS X550IU kepada media

Untuk itu ASUS berkerjasama dengan AMD hadirkan ASUS X550IU sebuah Notebook hadir dengan tampilan sederhana layaknya sebuah Notebook pada umumnya, namun hadir dengan kartu grafis Radeon RX 460 yang memiliki spesifikasi yang sama dengan yang ada di desktop, biasanya kartu grafis tersebut hanya disematkan di Laptop Gaming dengan harga 10 Jutaan keatas, namun ASUS membanderol Notebook ini dengan harga Rp 9.499.000,- dibawah harga dari seri “Laptop Gaming” yang lain, sehingga menobatkan ASUS X550IU sebagai Notebook Gaming ASUS Entry Level pertama dengan Processor AMD saat ini.

Processor

ASUS X550IU ditenagai oleh Processor AMD APU 7th Gen FX 9830P hadirkan 12 Compute Unit yang terdiri dari Quad Core CPU dan 8 Core Grafis, di APU generasi ketujuh ini juga telah dilengkapi dengan teknologi HSA. Dalam bahasa sederhananya 8 Core grafis yang ada di Processor bawaan APU ini tidak hanya untuk gaming saja, tapi bisa digunakan untuk kebutuhan non gaming mulai dari multimedia bahkan sofware Office sekalipun, nanti akan saya hadirkan test nya.

Untuk RAM yang terpakai, berbeda dengan AMD FX 9800P yang memiliki TDP 15W yang hanya support Memory Clock DDR4 1866 untuk FX 9830P telah mendukung RAM DDR4 Dual Channel 2133 Mhz, namun sayangnya untuk RAM bawaan versi retail hanya berbasis Single Channel saja (8GB). versi yang mimin pakai sendiri sudah diupgrade dengan 16GB DDR4 RAM dengan Clock 2133 Mhz, anda bisa menambahkan Ram yang ada dengan 1 buah slot yang disediakan 🙂

Fitur-fitur Utama : 

  • Quad Core “Excavator 2.0” 3 Ghz Core Clock (up to 3.7 Ghz Turbo Core Clock) 
  • 28nm SHP
  • DDR4 2400 Mhz Dual Channel 
  • 35W TDP

GRAFIS

ASUS X550IU menggunakan kartu grafis Radeon R7 Graphics sebagai “Primary” dengan 8 Compute Unit (setara 512 Stream Processor), dengan arsitektur GCN Generasi ketiga.

Note: Memory Clock yang ada, mimin OC sedikit agar menyesuaikan untuk test komparasi dengan desktop

Serta kartu grafis diskrit berbasis Radeon RX 460 sebagai secondary. Tidak ada embel-embel “M” disini yang menandakan kartu grafis yang dipakai adalah seri yang sama dengan “Desktop”, namun dengan beberapa optimalisasi agar tetap efisien untuk berjalan di perangkat mobile.

Menggunakan 14 Compute Unit (setara 896 Stream Processor) dengan arsitektur GCN generasi ke empat yang hadir dengan fabrikasi 14nm FinFET terbaru yang lebih efisien. Dikarenakan beda generasi dengan kartu grafis IGP, Notebook ASUS X550IU tidak mendukung Dual Graphics. Namun dengan teknologi AMD Enduro, kedua kartu grafis akan tetap aktif namun untuk kebutuhan berbeda, dimana untuk kebutuhan ringan seperti menonton video atau browsing IGP (Radeon R7) yang digunakan dan saat bermain game Radeon RX 460 yang akan digunakan.  

Dikarenakan digunakan pada Notebook, walau memiliki spesifikasi yang sama, terdapat pembatasan dalam hal TDP yang di set ke sekitar 57W dan thermal limit yang diset ke 75c tujuan agar kartu grafis tetap efisien ini hal yg lumrah mengingat pendingin Notebook tidak seperti PC yang terbatas.

Fitur AMD Radeon R7 Graphics (APU) : 

  • HSA Acceleration 
  • OpenCL 2.0 
  • AMD HD Media Accelerator (New!! 4K HEVC dan 1080p VP9 Playback Support).
  • Support up to Full HD resolution VP9/VP8 Encode dan 4K resolution HEVC/H.264 Encode dan Decode via APU.
  • Support API : Open GL 4,5 DirectX 12, Vulkan dan Mantle API.

Fitur Radeon RX 460 : 

  • OpenCL 2.0 
  • AMD HD Media Accelerator (New!! 4K HEVC dan VP9 Playback support).
  • Support API : Open GL 4,5 DirectX 12, Vulkan dan Mantle API.
  • 14nm FinFET LPP

Setelah puas melihat info singkat, mari kita tengok ke penjelasan lebih dalam :

  1. Pendahuluan
  2. Tampilan Prodak + Bedah Singkat
  3. Benchmark Sintetis
  4. Penjelasan AMD Enduro/Switchable Graphics
  5. Performa Bermain Game
  6. Penjelasan Fitur AMD HSA Acceleration  
  7. Test Video 4K HEVC
  8. Kesimpulan

Klik halaman selanjutnya untuk melihat info tentang tampilan prodak 🙂

Tags: Notebook Gaming Notebook Gaming Radeon RX 460 Review ASUS X550IU

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Hafidhu Nalendra3 weeks agoReply

    Waaaw sepuluh juta…. Nunggu adsense setahun dulu mungkin baru kebeli… Hehe nice info nih mas…

    • author

      Sutama Tamasu (Author)3 weeks agoReply

      Wah blogger juga nih. Semoga sukses adsense nya mas. Thx dah berkunjung 🙂

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)