Review ASUS X550IU Notebook Gaming Radeon RX 460 Pertama Hadir dengan Tampilan Sederhana

 Dilengkapi Fitur HSA 

Dengan adanya HSA, komponen grafis (GPU) menjadi terpakai lebih baik dibandingkan solusi Processor  non HSA

Setiap AMD APU terbaru (mulai dari seri Kaveri hingga Bristol Ridge sekarang ini) sudah mendukung fitur yang bernama HSA (Heterogeneous System Architecture) secara singkatnya, dengan adanya fitur ini aplikasi sehari-hari (non gaming) bisa memanfaatkan kemampuan grafis internal agar hadirkan performa yang lebih baik dan lebih hemat batterai. mirip seperti fungsi GPGPU lainya yakni OpenCL, CUDA, QuickSync dsb. namun HSA lebih efisien karena bisa memanfaatkan chip GPU dengan baik dibanding solusi GPGPU tradisional anda bisa lihat gambar diatas untuk info singkatnya. 

Test Singkat HSA Acceleration

Mimin ingatkan kembali, HSA hanya berjalan jika aplikasi menggunakan grafis intregrasi. jadi jangan lupa untuk merubah pengaturan PowerPlay ke “PowerSaving”.

Test pertama mimin menggunakan aplikasi LibreOffice, aplikasi open source ini adalah salah satu aplikasi yang support dengan fitur GPGPU OpenCL serta HSA. nah mimin sudah mentestnya menggunakan Ground Water Daily Test terlihat saat dalam mode HSA lah, kalkulasi spreadsheet menjadi jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan diskrit (menggunakan AMD APP) bahkan CPU sekalipun.

Selain hadirkan membuat kinerja grafis internal menjadi lebih effisien dan kencang untuk aplikasi harian dengan adanya HSA dan di dukung oleh GPGPU OpenCL, membuat diaplikasi yang disupport bisa memanfaatkan akselerasi grafis yang ada di HSA dan diduetkan dengan grafis diskrit, al hasil anda akan mendapatkan performa tambahan.

Ini terlihat dari hasil benchmark LuxMark 3.0 yang mimin gunakan untuk mentest benchmark HSA ini, renderer yang ada bisa mendeteksi sampai 3 buah komponen rendere device yakni CPU, GPU dan IGP (HSA) anda bisa memilih mau semuanya dijadikan untuk render, ataukah CPU/GPU saja. 

Mimin rasa sudah jelas tentang bagaimana fitur HSA ini mempengaruhi dalam kegiatan harian, berikut adalah beberapa aplikasi yang sudah mendukung fitur HSA : 

  • Keluarga Adobe CC Terbaru
  • Corel Video Studio Terbaru
  • Corel AfterShot Terbaru
  • HandBrake
  • LibreOffice
  • IrfanView
  • FFMpeg (digunakan dibanyak aplikasi player seperti VLC, MPC-HC, Pot Player dsb dan aplikasi video converter)
  • VReveal 
  • Cyberlink Video Editor 
  • WinZip
  • Dan makin bertambah lagi 

Klik halaman selanjutnya untuk test video 4K HEVC 

Tags: Notebook Gaming Notebook Gaming Radeon RX 460 Review ASUS X550IU

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Hafidhu Nalendra3 weeks agoReply

    Waaaw sepuluh juta…. Nunggu adsense setahun dulu mungkin baru kebeli… Hehe nice info nih mas…

    • author

      Sutama Tamasu (Author)3 weeks agoReply

      Wah blogger juga nih. Semoga sukses adsense nya mas. Thx dah berkunjung 🙂

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)