Review Casing Hardisk Enclosure Orico 2.5 Inch USB 3.1 Type C, Tinggal Pasang Nikmat

Review Casing Hardisk Enclosure Orico 2.5 Inch USB 3.1 Type C, Tinggal Pasang Nikmat

Pada akhir ini beredar salah satu fenomena yang ada di masyarakat yakni turunya harga SSD. Berbagai type SSD mulai dari SSD berjenis SATA maupun M.2 turun harga. Hal ini dikarenakan adanya proses peralihan dari SSD berjenis NAND standar ke 3D NAND. moment ini jarang ada kenapa gak dimanfaatkan untuk membuat SSD ataupun Hardisk External yang harganya juga sedang murah-murahnya?

Inilah yang akan kami bahas di kesempatan hari ini untuk review Casing Hardisk Enclosure Orico 2.5 Inch USB 3.1 Type C dengan seri 2189C3  ini memiliki keunggulan utama plug and play tidak butuh driver khusus. selain itu telah menggunakan koneksi USB 3.1 Type C yang secara teori mampu menghasilkan transfer speed sebesar 10 Gb/s diatas dari koneksi SATA 3. Namun itu kembali lagi kepada faktor lain seperti kontroller yang ada di SSD/HDD, faktor dukungan chipset motherboard dsb. 

Paket Penjualan

Pengguna akan mendapatkan kabel koneksi USB Type A to USB Type C. dua buah spon yang digunakan untuk pelindung hardisk/ssd serta manual dan buku garansi. Pastikan saat membeli anda langsung registrasi secara online karena akan mendapatkan 2 tahun garansi dari garansi normal 1 tahun. 

Saat dibuka anda tidak butuh baut tertentu untuk memasang hardisk/ssd cukup tusuk saja  langsung nikmat.

Seperti inilah contoh saat pemasangan. Oh iya busa nya pastikan sudah terpasang di bagian penutupnya agar menjaga dari getaran saat sedang digunakan.

Testbed Pengujian

Sayangnya di lab admin hanya terdapat SSD Patriot TORQX dengan koneksi SATA II saja, (Lagi koneksinya hanya SATA II). mengingat untuk SSD SATA III sedang digunakan untuk hal lain.

Sedangkan untuk hardisk admin menggunakan hardisk Seagate 1TB 2.5 Inch dengan 128 MB Cache. Saat digunakan agan seolah-olah merasa seperti punya hardisk internal saja. Crystal disk pun membaca langsung seri hardisknya.

Uji Performa

Pengujian dilakukan oleh 2 sistem :

  1. laptop Lenovo G40 dengan Intel Celeron 2957U dengan motherboard Intel PCH untuk pengujian via USB.
  2. PC AMD A10 5800K dengan motherboard Asrock A68HD+.untuk pengujian SATA.

Hasil SSD menggunakan USB 3.0 : Harap di ingat SSD yang dipakai ini basisnya SATA II sehingga performa yang dihadirkan hanya seperti ini. kecepatan seperti ini pun sudah melebihi flashdisk biasa. 

Hasil SSD menggunakan USB 2.0 : Perbedaan jauh saat dicolok ke USB 2.0 jadi pastikan agan mencolok hardisk enclosure ke konektor USB 3.0 (Kalo bingung biasanya yang warna biru konektornya).

Hasil HDD menggunakan USB 3.0 : Tentu pastilah kecepatan hardisk tidak secepat SSD diatas akan tetapi kecepatan ini standar layaknya hardisk 2.5 inch lain pada umumnya.

Hasil Hardisk USB 2.0 : lagi-lagi kecepatan yang dihadirkan berbeda jauh. Sekali lagi pastikan anda mencolok ke konektor USB 3.0 (kalo bingung biasanya berwarna biru lubang anunya, portnya maksudnya 🙂 )

Hasil Hardisk SATA III : Pada saat digunakan menggunakan konektor SATA III hardisk internal menunjukan performa Seq write dan read yang tidak jauh berbeda akan tetapi terdapat peningkatan performa lainya. Hal ini wajar adanya mengingat optimalisasi chipset di motherboard lebih baik dibandingkan chipset bawaan di HDD enclosure Oriconya akan tetapi kita bisa dapet performa mendekati kan udah manteb banget gan. 

BISA DiPAKAI BUAT HP JUGA, Lewat USB OTG Tapi… 

Casing hardisk enclosure Orico ini juga bisa dipakai di smartphone gan. Gimana caranya ??

  1. Pertama butuh smartphone yang dukung fitur USB OTG.
  2. Kalo punya smartphone pake konektor USB C ya tinggal colok nikmat.
  3. Smartphone masih pake konektor Micro USB kaya admin? Beli converternya.

ini adalah contoh converter USB Type A to Micro USB jadinya Casing Hardisk Enclosure Orico dicolok kesitu dulu baru colok ke hape.

Pengujian yang Admin Lakukan Via Youtube 🙂 

Maksimal Kapasitas 2TB, Tapi……..

Casing hardisk enclosure ini memiliki kapasitas maksimal 2TB…… tapi bohong. Hal ini bukan berarti hardisk casing ini gak bisa dipasang HDD diatas 2TB tapi karena format MBR yang digunakan di komputer lama cuma mendukung sekitaran 2TB. Agan kudu format HDD agan ke format GPT agar bisa jadi diatas 2TB akan tetapi sangsinya hardisk eksternal agan gak bisa dibaca di OS Windows 7 dan OS lawas lain. Bagi agan yang minat pakai diatas 2TB tenang udah ada di buku petunjuknya buat merubah ke format GPT.

Jangan Asal Cabut, Di Reject Dulu

Inget ini bukan FLASHDISK!! jangan asal cabut-cabiut aja. Kenapa bisa begitu, karena umumnya format hardisk agan itu NTFS dan format ini beda sama yang dipakai di flashdisk yakni FAT32 yang bisa nusuk dan cabut konektor USB secara bebas. Kalo di hardisk enclosure ini agan kudu di reject dulu lewat toolbar dulu contohnya kaya diatas. 

Beli Dimana ? Harga Berapa ? 

Agan bisa mendapatkan produk ini di berbagai outlet Orico atau toko komputer terdekat atau agan juga bisa mendapatkanya melalui official store Orico di Toped Linknya disini : https://www.tokopedia.com/orico/etalase/hdd-docking Tentu termasuk converter USB nya juga udah disediakan oleh Orico.  ssstttt murah kok yang jelas. 

Oke sekian review dari saya. Bagi yang ingin copas harap sertakan sumber ya 🙂

Tags: cara buat hardisk internal jadi eksternal Casing Hardisk casing hardisk enclosure USB 3.0 casing hardisk orico casing hardisk USB 3.1 Hardisk Enclosure Orico

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.