Review HP 14 – bw002AX Notebook AMD A9 Lebih Kencang dengan Vga Diskrit Tambahan

Jakarta : 20 Desember 2017 

Akhir tahun menjelang natal paling cocok untuk berikan hadiah laptop/notebook, mimin hadirkan Review HP 14 – bw002AX Notebook AMD A9 Lebih Kencang dengan Vga Diskrit Tambahan.

 

Mimin kedatangan salah satu notebook dari HP untuk segmentasi menengah kebawah, yakni  Review HP 14 – bw002AX, notebook ini ditenagai oleh processor AMD A9 2017 terbaru A9 9420.

Hadirkan hingga 50% performa CPU lebih baik dibandingkan pendahulunya

Saya menyebutkan angka “2017” karena seri APU ini merupakan versi “Refresh” AMD APU generasi ketujuh yang hadirkan Clock lebih besar dari A9 yang ada sebelumnya A9 9400. Masih sama-sama ditenagai dengan Dual Core “Excavator” dengan kecepatan Boost Clock hingga 3.6 Ghz yang cukup handal untuk kebutuhan office, multimedia dan game ringan. 

Untuk urusan grafis, APU A9 9420 secara default hadirkan grafis terintregrasi Radeon R5 yang hanya cukup untuk kebutuhan ringan seperti multimedia saja, namun kabar baiknya HP juga menyediakan grafis diskrit Radeon 520 dengan VRAM sebesar 2GB DDR3. dengan menggunakan chip dari keluarga Crystal Series dengan 5 Compute Unit (320 Shader Processor) dengan GPU clock hingga 1030 MHz. cukup untuk menambah “performa” baik gaming maupun komputasi sehari-hari. 

Spesifikasi dan Varian  

HP menyediakan 2 varian dengan warna yang berbeda. mimin mendapatkan barang dalam warna Gold. kabar baiknya terdapat include Windows 10 origimal yang sudah di bundling di notebook ini. sangat berguna bagi pengguna sekolah/kantor yang menginginkan notebook langsung pakai. selain itu terdapat juga kapasitas hardisk 1TB yang cukup lapang. 

Sedikit kesalahan dalam nama kartu grafis diskrit di software GPU-Z yang seharusnya Radeon 520

Terdapat sedikit kesalahan dalam penggunaan seri Radeon 520 menjadi “Radeon R7” series, ini bukan masalah karena memang chip grafis “Mars” yang dipakai, juga digunakan pada grafis diskrit notebook lain seperti R5 M430, R7 M440 dsb. ini tidak masalah karena game akan berjalan secara normal. 

Komposisi : 

1. Pendahuluan

2. Hand-ons & Unboxing 

3. Benchmark Sintetis 

4. Test  Game  

5. HEVC Test & Kesimpulan 

Tags: gta 5 amd radeon HP 14 – bw002AX. Notebook AMD A9 notebook amd notebook amd a9 notebook amd a9 gta v

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Boby Gilang Ashari4 months agoReply

    Wakkaka, laptop HP jaman Now ternyata Cooling sistemnya sudah improve ya dari jaman Old

    G4 berantakan binasa, kudu bersihin sebulan sekali

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)