Review Flashdisk USB 3.0 32 GB Kingston DataTraveler Ultimate 3.0 G3 , Casing Besi

Test Kinerja Harian

Selain melalui test benchmark, saya juga menggunakan test yang menggambarkan keadaaan langsung yang biasa terjadi pada pengguna flashdisk pada umumnya.

Berikut testnya :

USB 2.0 Test

real test usb 2.0 1

 

Real Test Copy-Paste, Semakin kecil <= semakin baik

file benchmark

Untuk test ini, saya menggunakan test real dengan mengcopas sample file yang sudah saya siapkan. Untuk test copas gambar, saya memakai kumpulan gambar dengan total ukuran 85,5 MB. Untuk test copas video saya memakai kumpulan video dengan total ukuran 3,63 GB. Untuk film saya memakai film Full HD dengan ukuran 929 MB yang saya sudah jadikan file arsip (.zip)

real test usb 2.0 2

 

Test Open Zip, Semakin kecil <= semakin baikĀ 

 

Saya memakai film yang saya copas tadi dan saya buka langsung melalui aplikasi 7-zip yang saya pakai. Test ini mengambarkan, terkadang ada keadaan dimana orang langsung membuka file .zip/.rar tanpa mengextraknya terlebih dahulu. Untuk test ini, sepertinya Ultimate G3 harus mengakui keunggulan walau itu hanya tipis sekali.

real test usb 2.0 3

Kecepatan Saat Copy-Paste, semakin besar => semakin baik

Saat kecepatan real test, terlihat Ultimate G3 unggul telak dari flashdisk pembanding

USB 3.0 Test

real test usb 3.0 1

 

Real Test Copy-Paste, Semakin kecil <= Semakin baik

real test usb 3.0 2

Test Open Zip, Semakin kecil <= semakin baik

Dalam test Copas terlihat Ultimate G3 unggul telak sekali lagi, namun untuk test Open Zip terlihat Kingston Data Traveler unggul tipis. Hal ini dikarenakan dalam test ini, kinerja system terutama processor berpengaruh. Karena di test menggunakan 1 system yang sama. Jadi perbedaan yang ada sangat tipis seperti ini.

 

real test usb 3.0 3

Kecepatan transfer saat Copy-Paste, Semakin besar => semakin baik

Mungkin terlihat fiktif, namun seperti itulah faktanya. Kecepatan up to 700 MB/S di dapatkan saat copas film. Memang untuk copy paste 1 file besar, lebih cepat dibanding copy paste file banyak dengan ukuran yang sama. Karena saat mengcopas file banyak dalam 1 waktu, terdapat jeda antar file yang karena ini dalam keadaan banyak, akan berdampak ke waktu serta kecepatan transfer data. Terlihat untuk Kingston DataTraveler tidak menunjukan powernya di port USB 3.0

Tags: Flashdisk kencang usb 3.0 flashdisk kingston data traveler ultimate flashdisk kingston terbaru perbandingan flashdisk usb 3.0

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.