Review Laptop Gaming ASUS ROG GL702ZC Ditenagai RYZEN 7 8 Core dan Grafis Radeon RX 580

3. BIOS & Tips

Q: Admin apakah bisa di OC laptopnya? 

A : Hal ini pasti menjadi pertanyaan dari beberapa kawan-kawan yang penasaran. Jawabanya adalah Tidak !!. walau menggunakan motherboard B350 yang sama dengan ada di desktop, begitupun menggunakan processor yang berbasis socket AM4 yang sama dengan ada di dekstop, namun BIOS lah yang berbicara, admin tidak menemukan opsi untuk merubah multiplier/bclk, hanya beberapa opsi biasa yang ada pada BIOS pada umumnya.  

Namun… admin belum sempat menggunakan RYZEN Master karena waktu yang diberikan cukup singkat, seandainya bisa pun, admin tidak rekomendasikan untuk OC CPU karena memakai pendingin yang standar laptop. 

Asus juga hadirkan 2 mode tampilan BIOS UEFI, yakni simple EZ Mode  yang memudahkan pengguna yang ingin tampilan BIOS yang simple sebagai default berguna bagi yang awam ingin gunakan BIOS untuk akses boot secara ringkas misalnya, serta advance yang bisa di akses dengan menekan tombol f7 untuk hadirkan opsi lebih. 

Tips Singkat

Berdasarkan test yang dilakukan oleh mimin menggunakan prime95. laptop gaming ini masih tetap dalam suhu yang aman dengan hadirkan clock boost hingga 3.1 Ghz dalam keadaan semua thread terpakai. 

Untuk mendapatkan clock stabil seperti diatas, Admin mentest laptop dalam keadaan power option diset kemode “High-Performance” ini dilakukan dan sebagai rekomendasi dari banyak antusias termasuk AMD, agar performa Ryzen full benar-benar keluar. karena seperti kita ketahui arsitektur “Zen” yang ada ini merupakan arsitektur efisien yang include puluhan fitur power saving yang kasat mata plus didukung oleh OS yang utamakan fitur efisiensi. andai anda set ke mode balanced, maka performa Ryzen sepenuhnya tidak keluar dan clock yang ada tidak akan full dan terbagi dengan baik antar aplikasi. jadi solusinya adalah set power high-performance.

Saran lainya adalah sudah AMD hadirkan berupa Ryzen balanced power-plan. anda cukup update driver chipset yang bisa diunduh dari website resmi AMD support.amd.com/en-us/download  maka akan otomatis terinstall powerplanya. powerplan ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan “balanced”, namun perbedaanya adalah waktu terbangun dari idle dan hidup dari “Core” dari yang terpakai lebih cepat dibandingkan “balanced” hadirkan performa yang mendekati daripada “high-performanced” dengan konsumsi daya yang mirip “balanced”. 

 

Tags: ASUS ROG GL702ZC laptop gaming Laptop Gaming ASUS ROG GL702ZC laptop gaming ROG pake processor AMD laptop gaming ROG Radeon laptop gaming rx 580 laptop gaming ryzen 7 rog

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.
  1. author

    Yoga5 months agoReply

    Ini benernya RAMnya berapa sih gan?
    di reviewer sebelah 24GB

    Tp ane beli cuman dpt 8GB
    Klo menurut agan buat main AC Origins perlu upgrade RAM ndak?
    soalnya recommended system 8GB, takutnya mpet2an …
    n klo upgrade katanya lepas fannya, takut kenapa2,

    • author

      Sutama Tamasu (Author)5 months agoReply

      Kalo yg diterima reviewer bervariasi tapi yakin gak ada yg ampe 24GB. ane ini dapet yg 8GB juga.

      Kalo ada dana bisa diupgrade. Masalah Upgrade serahin ke asus service center aja. Kwatir lepas garansi

      • author

        Yoga5 months agoReply

        oke makasih banget infonya gan (y)
        untung belum dibawa ke tukang servis biasa 😀

  2. author

    godmode newbie5 months agoReply

    kenapa ga sekalian crysis 3 aja om tama ?

    • author

      Sutama Tamasu (Author)5 months agoReply

      Crysis 3 lagi error mas gamenya. Maaf ya next mungkin bisa pake lagi

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.