Review Notebook Acer E5 553G Hadirkan AMD A10 9600P dan Radeon R8 M445DX untuk Multimedia dan Gaming

Jakarta : 5 Oktober 2016

Halo, sudah alama admin tidak hadirkan review. Kali ini admin akan hadirkan Review Notebook Acer E5 553G Hadirkan AMD A10 9600P dan Radeon R8 M445DX untuk Multimedia dan Gaming.

Acer E5 553G sebagaimana kita ketahui, telah diluncurkan beberapa bulan yang lalu. Anda bisa baca peluncuranya disini :
https://www.sutamatamasu.com/simak-peluncuran-acer-aspire-e5-553g-laptop-amd-apu-dengan-ddr4-pertama-di-indonesia/

Hadir sebagai Notebook dengan Processor AMD APU Generasi Ke Enam dengan codename “Bristol Ridge” pertama di Indonesia, serta tidak hanya itu. Hadir juga sebagai Notebook AMD pertama dengan DDR4 serta Notebook dengan port USB 3.1 dan Slot M.2 untuk SSD pertama di harga dibawah 10 Jutaan rupiah. Membuat menjadi nilai lebih.

laptop-jadi-kecil

Kali ini, mimin kedatangan Notebook Acer E5 553G. hadir dengan versi Processor AMD Quad Core A10 9600P up to 3 Ghz serta grafis Radeon R8 M445DX 2GB. Dengan spesifikasi lengkap sebagai berikut.

spesifikasi-acer-aspire-e5-553g

Walaupun bukan seri tertinggi dari Acer E5 553G yang memakai AMD FX. Namun, Notebook ini cukup menarik dengan harga sekitar 6 Jutaan. Menyasar kalangan mahasia atau pekerja yang menginginkan Notebook yang mumpuni tidak hanya untuk perkerjaan saja. namun, untuk kegiatan hiburan seperti menonton video dan bermain game.

Hadirkan Processor AMD APU Generasi Ke Tujuh A10 9600P Quad Core

Untuk Processor sendiri, Acer Aspire E5 553G hadir dengan memakai Processor AMD A10 9600P yang termasuk kedalam keluarga Processor AMD APU Bristol Ridge. Hadir dengan Quad Core CPU dengan Base clock 2.4 Ghz yang hadir dengan Turbo Core up to 3.3 GHz. Sedangkan untuk sisi grafis terintregrasi (GPU) yang ada, hadir dengan grafis Radeon R5 dengan 6 Compute Unit (384 Shader). Dengan clock 720 Mhz.  APU ini hadir dengan support Memory DDR4 pertama AMD yang hadir di Notebook. Yang bisa hadirkan clock sebesar 2133 Mhz secara default. Bantu tingkatkan kinerja grafis yang ada di APU.

Untuk penjelasan lebih lengkap. Dalam sektor CPU sendiri, APU Bristol Ridge hadir dengan Quad Core arsitektur “Excavator” hadir dengan peningkatan performance/watt. Ini berkat peningkatan yang dilakukan AMD salah satunya adalah kehadiran L1 Cache yang besar. Serta, Clock yang tinggi di APU terbaru ini. membuat APU ini hadir dengan peningkatan kinerja up to 40% performa lebih baik daripada Notebook 2 tahun lalu yang berbasiskan APU Kaveri dengan arsitektur CPU “Streamroller”

a10-9600p

Soal grafis internal, APU Generasi Ketujuh “Bristol Ridge” ini hadir dengan grafis GCN Generasi Ketiga. Sama dengan “Excavator”. Fokus dari GCN generasi ketiga adalah peningkatan performa/watt. Support DirectX 12 penuh  (dengan Feature Level 12.0)  tidak lupa, AMD hadirkan fitur HSA yang secara sederhana, memberikan improvisasi performa dengan memanfaatkan komponen grafis internal di aplikasi yang support. 

hevc-banner

Serta, AMD juga hadirkan improvisasi besar-besaran di sektor multimedia dengan di upgrade nya komponen AMD Media Accelerator (UVD dan VCE) ke versi baru. Kini support decoding  video dengan format berbasis HEVC(H.265) dan VP9 sampai dengan resolusi 4K. 

AMD APU A10 9600P Hadirkan Performa Quad Core Hemat Daya ke Ranah Mainstream

Seri Processor Masih Salah, Yang benar adalah AMD A10 9600P. namun untuk spesifikasi lainya benar.

Processor yang dipakai adalah AMD A10 9600P generasi ketujuh hadir dengan up to 3Ghz Quad Core “Excavator” terbaru dengan improvisasi performa dibandingkan Processor pendahulunya generasi ke enam. serta improve performa/watt dibanding Processor generasi ke empat AMD Kaveri. Processor ini hanya memakai TDP 15watt saja yang sekarang menjadi standar Processor hemat daya/rendah suhu.

Secara default, Acer E5 553G. Hadirkan memory Ram DDR4 Dual Channel (2x2GB) dengan memakai Clock DDR4 2133 Mhz. untuk urusan grafis internal sendiri, memakai Radeon R5 yang dikarenakan sekarang support DDR4. anda tidak perlu cemas akan mencari Ram dengan clock tinggi yang ada pada Processor AMD APU sebelumnya. mengingat grafis internal yang ada di APU sekarang sudah lebih baik dalam hal performa dibandingkan sebelumnya. 

Radeon R8 M445DX Dual Graphics 2GB VRAM Siap Menemani untuk Gaming

Tidak hanya andalkan grafis internal Radeon R5 saja. AMD juga hadirkan kartu grafis diskrit Radeon R7 M440 dengan VRAM sebesar 2GB DDR3. Yang apabila kita satukan antara Grafis Intregrasi Radeon R5 + Radeon R7 M440 = Hasilkan Radeon R8 M445 DX. Dengan kombinasi Dual Graphics ini, hadirkan peningkatan kinerja bermain game sampai dengan 40% lebih baik dibanding memakai grafis internal saja.

 Spek Tetap Kinerja Lebih Baik  namun Harus Turun Kasta

amd-market-segment1

Semenjak AMD A10 generasi ke enam ini. AMD A10 9600p yang ada, mengalami penurunan sedikit kasta. Sebelumnya hadir sebagai flagship di APU Generasi kedua (Trinity/Richland) hadir dengan Quad Core CPU dan 6 Compute Unit GPU hadir di Notebook dengan harga 8 Jutaan, semenjak AMD memperkenalkan FX di APU Generasi ke empat (Kaveri). A10 harus turun kasta dengan spek sama (4 Core CPU + 6 Core GPU) hadir di spesifikasi 5-6 Juta. sekarang di APU generasi ketujuh hadir dengan spek yang sama juga. Namun turun kasta ke kategori menengah mengingat posisi sebelumnya di isi oleh AMD A12.

processor-amd-vs-intel-2016

Dalam hal kompetisi. AMD A10 bersama dengan AMD A9 (belum masuk ke indonesia). Akan bersaing dengan Intel Core i3 Skylake dan Broadwell di range yang sama. Hadirkan Memory DDR4 dengan TDP sama-sama 15watt membuat Processor ini bersaing ketat. Namun, AMD klaim hadirkan grafis terintregrasi yang lebih unggul. Seperti APU sebelumnya.

Setelah membaca sedikit penjelasan tentang arsitektur Processor dan kartu grafis. silahkan akan lanjut ke penjelasan selanjutnya :

  1. Pendahuluan
  2. Unboxing + Penampakan Notebook
  3. Benchmark Sintetis
  4. Benchmark Game + Video Game Play (Bonus)
  5. Multimedia Test (HEVC dan 4K Video)
  6. Kesimpulan

Tags: Acer Aspire E5-553G AMD A10 Notebook AMD 6 juta Notebook AMD A10 gaming performa gaming AMD A10

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)