Tips & Trick

Review OMID Soft SSD Booster: Optimalkan Performa SSD Anda Dengan Mudah

SSD merupakan salah satu komponen hardware yakni jenis storage yang mulai naik daun saat ini, hampir semua PC desktop maupun laptop sudah mengadopsi penggunaan SSD setidaknya untuk tempat instalasi operasi sistem. Seperti yang sudah dibahas artikel sebelumnya SSD hadirkan kelebihan dibandingkan hardisk yakni performa baca tulis lebih cepat, daya tahan penggunaan lebih lama dan hening karena tidak adanya komponen bergerak.

Walaupun begitu SSD punya beberapa kekurangan yakni adanya lifespan berupa TBW (Estimating Terabytes Written) jadi komponen NAND yang ada di SSD yang digunakan untuk simpan data ada umurnya yang sudah diprediksi oleh vendor SSD hadir dalam ukuran satuan TB semakin banyak data ditulis di NAND tersebut semakin berkurang TBW. Kabar baiknya TBW rata-rata SSD saat ini tidak kecil rata-rata memiliki ukuran TB setara dengan pemakaian PC rumahan selama 3 tahun (inilah kenapa garansi SSD rata-rata 3 tahun).

Pastinya walaupun SSD anda punya TBW besar anda pasti ingin punya SSD tahan lama tanpa ada masalah? Sudah ada beberapa software yang mencoba “optimalkan” umur SSD salah satunya  OMID Soft SSD Booster yang akan kita bahas anda dibawah ini.

OMID Soft SSD Booster: Optimalkan Performa SSD Anda Dengan Mudah

(Gambar 1) Hadirkan Tampilan Sederhana, Terdapat 2 Warna Dimana Apabila Warna Merah Muncul Menandakan Harus Digeser Menjadi Hijau Alias Yang Direkomendasikan.

Related Post

Link unduh: http://www.omidsoft.com/download.html atau https://www.majorgeeks.com/files/details/ssd_booster.html
Developer: OMID.
Status: Freeware, Portable. 

Seperti yang admin jelaskan diawal artikel segala aktivitas menulis di SSD akan berpengaruh ke TBW dari SSD yang anda gunakan, selain berasal dari aktivitas sehari-hari anda misal browsing, gaming dsb, terkadang terdapat aktivitas diluar dari aktivitas yang kita lakukan sehari-hari yang ikut menggunakan aktivitas baca tulis secara massive di latar belakang, OMID Soft SSD Booster hadir untuk mempermudah anda dengan menampilkan list apa saja fitur yang mengganggu TBW tersebut, apakah fitur tersebut aktif atau tidaknya serta cara matikan fitur tersebut.

(Gambar 2) Admin Matikan Proses “Prefetch Superfetch” Dari Awalnya On (Merah) Menjadi Off (Hijau), Menandakan Matikan Proses lah Yang Direkomendasikan.

Cara pakainya cukup mudah anda hanya perlu “klik” pada fitur yang tampil dengan warna merah untuk mengubah status yang tampil warna merah menjadi hijau. Dengan adanya aplikasi ini anda tidak perlu mencari tau apa saja fitur dari Windows yang mempengaruhi usia TBW dari SSD, mencari menu untuk aktifkan/non-aktifkan fitur tersebut dan kabar baiknya aplikasi ini bersifat portable alias tidak perlu diinstall.

Semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin mengutip harap sertakan sumber.

Disqus Comments Loading...