Review Singkat F-DROID App Store Android untuk Pecinta Open Source dan GNU

Jakarta : 29 Juni 2017

Kali ini mimin akan Review Singkat F-DROID APP Store Android untuk Pecinta Open Source dan GNU.

Android adalah operasi sistem untuk pengguna smartphone yang terkenal saat ini, Android dibangun dengan basis kernel Linux. Namun, berbeda dengan distribusi Linux yang ada di PC/Server, Android memakai versi nya sendiri. Tidak hanya itu, untuk aplikasi yang digunakan serta repository aka apps store nya. Android memakai ciptaan dan rancangan google sendiri, sebut saja play store untuk repository.. Google Apps untuk aplikasinya dan dengan UI rancangan sendiri.

Secara garis besar, operasi sistem GNU/Linux dibagi menjadi 2 bagian yakni Linux Kernel dan GNU. keduanya dikemas menjadi satu seperti Linux Ubuntu atau distro yg kita pakai sekarang

Namun, Tidak seperti Android, Linux yang ada di PC/Server yang menggunakan berbagai aplikasi dari project GNU. Inilah kenapa Linux yang ada di PC/Server sering disebut sebagai Linux/GNU. Contoh aplikasi dari project ini adalah Gnome Project (salah satu contoh adalah GTK+, GNOME DE, GNOME Games, GNOME Apps dll). Selain GNU terdapat juga project lain yang turut serta salah satunya adalah KDE serta banyak lagi project lainya yang sebagian besar memiliki satu semangat yakni hadirkan Free (Free as Freedom alias free sebagai kebebasan) dalam membuat aplikasi dengan  berbasis Open Source (terbuka).

F-DROID hadir sebagai solusi untuk para penggemar open source, yang ingin merasakan rasa “Open Source” layaknya PC dengan GNU/Linux di smartphone Android. Berbentuk sebagai sebuah repository aka apps store layaknya Google Play Store, namun berisikan banyak project GNU atau project open source lainya. Kamu bisa mendapatkan beberapa kelebihan diantaranya :

  • Hadir dengan ratusan aplikasi Android pilihan dengan gratis/free*. Berbasiskan lisensi GPL 3.0, Apache 2.0 dan MIT.
  • Aplikasi yang ada di filter terlebih dahulu oleh F-Droid.
  • Lebih minim adware atau virus, tidak ada iklan di aplikasi.
  • Mendukung proyek open source untuk smartphone.  
  • (*Note : free as freedom, not free as free beer, bebas mendownload namun developer menyediakan opsi donasi untuk kembangkan aplikasi agar lebih baik lagi).

Tata Cara Pemakaian

Untuk menggunakanya,  kamu perlu menguduh client dari F-DROID, aplikasi client ini tidak ada di playstore, karena Google melarang kehadiran store di dalam playstore. kamu bisa mendaptkan langsung disini : https://f-droid.org/FDroid.apk

Setelah itu kamu install seperti layaknya install aplikasi biasa, setelah selesai dan buka pertama kali. Biasanya aplikasi akan mengupdate repository secara otomatis. Mimin rekomendasikan untuk update repository setiap minimal sebulan sekali agar list aplikasi yang ada terupdate.

setelah selesai, anda akan dibawa ke halaman utama. seperti diataslah tampilan awal dari aplikasi F-DROID.   Anda akan disuguhi banyak aplikasi terbaru. Tersedia info dari versi aplikasi serta lisensi yang digunakan.

Saya akan mengambil contoh aplikasi browser yakni GNU IceCat Mobile, merupakan versi opensource dari dari Mozilla Firefox. Terlihat info sekilas tentang project ini, versi, kapasitas dan juga lagi-lagi lisensi (ini wajar dalam dunia open source, lisensi sangat diperhatikan).

Seperti diatas, tampilan saat mengunduh aplikasi. Layaknya Playstore biasa. Terdapat proses berapa persen sedang berjalan.

Saya ulangi kembali, direkomendasikan untuk rajin untuk mengupdate repository minimal seminggu sekali. anda bisa update dengan menuju ke menu “update repository” selain update, anda juga bisa memilih repository lainya yang berisikan kumpulan apps lainya selain dari repository bawaan F-DROID.

Klik page kedua untuk contoh aplikasi GNU “IceCat Mobile Browser”

Tags: aplikasi open source android appstore android toko aplikasi android toko aplikasi selain playstore

author
Author: 

Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)