Review Singkat F-DROID App Store Android untuk Pecinta Open Source dan GNU

Saya akan hadirkan contoh salah satu aplikasi open source dari project GNU, yakni IceCat Browser. Aplikasi ini merupakan “fork” dari Mozilla Firefox. Perbedaan besarnya adalah menggantikan beberapa komponen propetary menjadi open-source serta lebih utamakan mendukung “Free” plugin. Tidak hanya itu yang paling utama adalah IceCat lebih minim Crash dan bug. Karena menggunakan Firefox ESR yang merupakan versi final dengan dukungan update dan maintenance yang panjang.

Tampilan yang ada tidaklah jauh berbeda dengan firefox yang ada saat ini. baik dalam hal menu maupun fitur-fitur yang ada.

Begitupun untuk saat mengakses situs ternama tidak ada masalah, karena menggunakan engine yang sama dengan firefox. tidak ada masalah akan hal tampilan halaman, karena menggunakan engine yang sama dengan yang ada di PC Desktop. 

Sekian review singkat dari saya. Semoga bermanfaat khususnya bagi para pecinta open source/freeware. Seperti kita ketahui, GNU/Linux sudah lama ingin hadir ke ranah mobile, sudah banyak project seperti Ubuntu mobile, KDE Mobile, Firefox OS, Tizen dsb yang sudah mencoba, namun tidak bisa menyaingi popularitas dari Android dan IOS.

Kelebihan :

  • Hadirkan aplikasi freeware/opensouce yang aman dan stabil.
  • Ringan dalam penggunaan.
  • Repository yang selalu diupdate.

Kekurangan :

  • Keterangan aplikasi tidak menggunakan gambar.

Bagi yang ingin mengetahui info lengkap tentang F-DROID bisa lihat F.A.Q langsung dari developernya disini : https://f-droid.org/wiki/page/Main_Page

Info lengkap tentang GNU Project bisa lihat disini :

https://www.gnu.org/gnu/gnu.html

Tags: aplikasi open source android appstore android toko aplikasi android toko aplikasi selain playstore

author
Author: 
Sutama Tamasu is known as Indonesian IT Blogger and Hardware enthusiast. Sutama is also PC lover, using PC since kid. Sutama was known as anime lover. Sutama Waifu is Nana Iida from Rail Wars anime. iida san is cheerful person. She treats other people equally and kindly.

ada pertanyaan tentang artikel ini ?? silahkan ajukan lewat komentar :)